Home > Lain-Lain > Penipuan > Hatihati Asuransi Proteksi Tokopedia Ada Pasalnya tapi tersembunyi

Hatihati Asuransi Proteksi Tokopedia Ada Pasalnya tapi tersembunyi


463 dilihat

Awal mula saya beli camera merk Fujifilm jenis X-T10 bulan januari awal 2020 ditokopedia, ane cantumin dibawah pembeliannya. Ane ga teliti disini karena ternyata ini bukan garansi Fuji Indonesia (FFID) tapi garansi nonresmi alias distributor/toko. Waktu beli itu saya kebetulan centang asuransi proteksi karena disarankan Tokopedia katanya buat jaga2 ya ane positif ja biar aman ane bayarlah ga gede si cuma 45ribu ditanggung "ALL RISK" siapa yg ga mau yekan emoticon-Wowcantik.

Spoiler for My Purchase:



Spoiler for Keuntungan Asuransi Tokopedia:



Spoiler for Polis Ane yang katanya ALL RISK:



Toko emang udah ga bener si dari awal, karena ane awam tetang camera mirorless waktu itu jadi ane ga teliti, barang yg ane terima warna silver sementara boxnya tulisanya Black, lalu ane buka accesories kelengkapan ternyata strapnya ga ada pelapis kulitnya, setau ane abis liat video unboxing di Yusuf semua camera fuji itu strapnya ada lapis kulitnya buat mengalasin body camera dan ring untuk masang strapnya biar ga baret2 bodynya. Ane ga curiga awalnya dan merasa aman aja, lalu seiring waktu ane belajar banyak ttg ni camera mulai edit2 gambar (ane edit pake file RAW). Satu waktu ane iseng poto nya mau ane crop ternyata ada bintik putih di poto ane, kirain emang hasil potonya ternyata kaga, ane cek poto2 ane yang lama2 sejak awal ni camera ternyata sama ada bintik putih, ane mulai ga nyaman ni edit2 karna mau crop jadi susah karena titiknya agak ke tengah kalau misal pinggir masih ok lah. Ane positif thinking aja mungkin karna kotor lalu ane beli lah blower buat niup2 kali ada abu di sensor (tp aneh juga si, ga pernah dibuka dr baru lsg tempel lensa dan ga pernah diapa apain masa ada debu) setelah dibersiin masih ada itu bintik , saya cari tau ternyata kalau debu itu spotnya item bukan putih sama jamur juga demikian, lalu ane beli lensa prime kali aja lensanya yg rusak ternyata setelah pake lensa prime makin jelas tuh bintik gausah di crop kadang keliatanemoticon-thumbdown.

Spoiler for Poto Awal2 Hanya 1 Bintikan:


Spoiler for Poto Bintikan:



Kira2 bulan 6 kemaren ane pake camnya kaya biasa, lalu ga tau kenapa tombol Play buat liat hasil poto ga bisa dipencet, ternyata udah tenggelam jadi ane cari tau lagi ternyata emang penyakit X-T10 itu disitu dan banyak forum yg bilang itu normal dan tinggal service kalau garansi biasanya diganti gratis. Saya claim lah ke toko nya garansinya ternyata belit2 gan saya disuruh bayar buat tombol 200ribu ane iyain aja tp ane minta benerin sensornya yang bintik itu, singkat cerita belit2 pake banget dah tokonya ngaku ga ada bintik sampe cape ane ngasih bukti gambar ama video tapi tokonya malah ga mau benerin, ane tanya FFID mau ga benerin ternyata ditolak gan barang ga resmi katanya, yaudah ane minta cam ane di balikin aja dan ternyata tokonya mau benerin tuh tombolnya dan gratis yaudah gpp ane iyain aja. 
Setelah dibenerin dan barang saya terima ternyata...... sensornya makin ancur gan, sekaranng bintik putih ada rame kalau saya liat detai ada 7 sekarang dan ada 2 yang berubah warna ga putih lagi tapi biru dan nyebar ke semua area sekarang plus bintik item mungkin karena debu waktu dibuka, ane yakin pasti ini ada sentuh pihak toko sensornya cuma dia kaga ngaku masa dari 1 lsg jadi 9 (yang ane lingkarin digambar itu semuanya bintik, mungkin ga keliatan karena kena kompress dr sini pas upload gambar), belum thumb gripnya jg jadi copot2, harus pake hati2 kadang masuk tas pas ngeluarin thumb grip ilang dan harus nyari2 dulu, parah dah pokonyaemoticon-Shutup.

Lalu ane claim lah ke asuransi (pertahanan terahir ni daripada males make cameranya kaya gini) karena nyusahin gan masa saya harus cari bintik tiap edit kebayang ga kalau potonya ada ratusan, buang waktu banget. Setelah sekian hari (kira2 mau 2 minggu lah) dan ditolak gan, syedih ane, katanya itu ada pasalnya yang ane ga pernah ditunjukin kalau dari penjelasan mereka katanya design flaw dari pabrik, gila itu dibilang kesalahan desain dr pabrik ama mereka, udah jelas itu rusak abis diganti tombol dan sekarang kena sensor. Sampai sekarang belum ada lanjutannya ni tp surat tolak udah keluar, alasannya itu, padahal asuransinya ALL RISK lo yg artinya semua kerusakan ditanggungemoticon-EEK!, wah parah jg si gini.

Spoiler for Penolakan Asuransi:


Bukti2 percakapan dengan toko yang bersangkutan ada semua padahal ane sertakan, kerusakan ada semua ane sertakan tapi ya gitu deh asuransinya, sekali lagi gan hati2 ama yang garansi distributor untuk kamera fujifilm ya soalnya FFID menolak memperbaiki produk non resmi, ini toko padahal ngakunya toko gede di jakarta tp pelayananya gitu, ama liat asuransi ane ga saranin si pake walau ga seberapa tapi misal beli alat camera kaya lensa, flash, misal 5 biji pake semua ya lumayan jg gan. Kalau mau liat percakapan dengan tokonya ane sertain di sini

Sekali lg buat agan dan aganwati Hati-hati ama asuransi nya dan garansinya!!!

*Update : ane baru dapet email ternyata emang ada pasalnya tapi ga disertakan waktu ane terima polis di tokopedia, dan sudah ane baca ternyata "All Risk" disini pakai syarat pengecualian yang banyak jd buat agan2 yang mau pakai asuransi bisa liat dulu syarat pengecualiannya biar ga salah paham, ane bisa kasih pasalnya PM aja nanti bisa ane kirim, Dan ane kena di pengecualian ini yaitu Kesalahan Pengerjaan dimana camera ane yang dibenerin tombol tapi yang rusak sensornya ga tau gmn tokonya benerin nya intinya yang kena malah sensor dan itu ga diitung asuransi, so hati2 ya mau pakai asuransi sekali lagi, ini ane buat biar pada tau aja.



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps