Fedex
Home > Transportasi & Fasilitas Umum > Pos, Freight & Jasa Kurir > Biaya Extra Charge Tidak Jelas dari Fedex

Biaya Extra Charge Tidak Jelas dari Fedex


851 dilihat

Pada tanggal 13 Agustus 2012, saya mendapatkan kiriman dari USA. Berikut adalah tracking no 899447198855 dengan alamat tujuan Bukit Golf Cibubur Riverside. Nilai dari paket tersebut adalah USD150. Yang membuat saya heran, saya dikenakan biaya Rp 817 ribu untuk biaya pengambilannya. Saya cukup kaget karena saya sudah sering mendapatkan kiriman barang dari luar negeri, dengan nilai $150 seharusnya tdk sebesar itu karena saya pun sedikit mengerti perhitungan bea masuk, kira-kira dikisaran Rp 100 - 300 ribu. Karena saya penasaran kemudian saya telepon customer care Fedex menanyakan rincian biaya tsb, disebutkan bahwa rincian biaya tersebut meliputi, +-300rb skian bea masuk, dan Rp 400 ribu sekian untuk biaya broker pihak ke 3 (saya lupa jumlah tepatnya).

Saya kaget dengan biaya broker pihak ke 3, biaya macem apa lagi itu, saya sudah sangat sering medapatkan kiriman dr luar negeri mulai dari jasa lokas pos, hingga expedisi premium hanya mengenakan biaya bea masuk cukai saja, dan itu saya anggap wajar. Yang saya kecawakan saat telepon CS, nilai barang diatas $100 saya wajib dikenakan biaya broker yang saya sendiri terkena skitar Rp 400 ribu sekian? Broker pihak ke 3 untuk apa? Pelicin pengurusan Bea Masuk? Harusnya sudah tanggung jawab Fedex untuk mengantarkan barang dr US ke Indonesia, biaya kepengurusan bea cukai oleh broker pihak ke 3 kenapa dibebankan kepada penerima?

Sebagai pengalaman, saya sudah sering mendapatkan kiriman dr berbagai negara bahkan senilai ribuan dollar menggunakan expedisi premium lain (sebagai perbandingan tidak ada biaya tidak jelas) dan kenyataannya tidak ada biaya macam-macam, hanya bea masuk. Sebagai contoh coba bagaimana para pembaca bisa bayangkan kalau import diatas $1000, berapa juta kalian harus bayar ke Fedex diluar biaya bea masuk?

Mohon maaf saya kritis, karena saya kecewa dengan biaya tidak jelas pihak ke 3 dan lagi-lagi, disaat terima barang pun tidak ada kejelasan rincian nota tagihan, hanya tertulis total saja sebesar Rp 817 ribu, tidak ada rincian Bea Masuk, PPN, PPH. Selama bertahun-tahun, saya baru kali ini mendapatkan kiriman dari luar negeri yang terkena biaya Bea Masuk, namun tanpa ada rincian yang jelas. Sebagai ekspedisi yang besar, sudah seharusnya memberikan rincian yang jelas, bertanggung jawab mengurus pengiriman paket kepada pemiliknya dengan tidak membebankan biaya pihak ke 3 kepada penerima.

Freddy Ferdian Jaya
Kp Kamurang 002/006 Ds Puspanegara Citeureup
Bogor 16810




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps