Lazada Indonesia
Home > Perdagangan > Toko Online > Lazada Menghapus Order yang Sudah Saya Bayar

Lazada Menghapus Order yang Sudah Saya Bayar


16429 dilihat

Pada tanggal 26 Januari 2016 saya melakukan order/pesanan dengan nomor 362693689 dan 345328989, lalu melakukan pembayaran melalui Virtual Account BCA pada hari yang sama di jam 19.36 WIB. Setelah beberapa hari menunggu, pada tanggal 29 Januari 2016 kedua order saya tersebut "menghilang" dari daftar pesanan.

Setelah menanyakan via Livechat di web Lazada, ternyata memang order tersebut deleted by system karena gagal dilakukan verifikasi dan meminta saya untuk mengirimkan bukti pembayaran.

Setelah saya kirimkan bukti pembayaran, sore harinya (masih di tanggal 26), ada email dari support Lazada yang secara sepihak menyatakan dana saya akan dikembalikan tanpa menanyakan persetujuan saya terlebih dahulu dan dengan syarat apabila pembayaran saya telah ditemukan.

Tentunya dengan birokasi mengisi form terlebih dahulu. Case kedua, saya juga melakukan order 321317789 pada tanggal 28 Januari 2016 dan langsung saya lakukan pembayaran saat itu juga melalui Virtual Acccount BCA. Order inipun akhirnya "menghilang".

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan:

1. Lazada tidak memegang komitmen yang dipampang di web Lazada bagian FAQ Pembayaran (http://www.lazada.co.id/helpcenter/payment/#answer-faq-Virtual-Account-ans) yang menyatakan bahwa pembayaran melalui virtual account tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Jadi tidak ada alasan, jika pihak Lazada missed the payment. Hal yang terjadi malah sebaliknya, merepotkan dan juga merugikan konsumen karena barang yang di order sudah habis atau harga berubah. Ini akibat yang ditanggung konsumen, karena kelalaian Lazada sendiri. Saran saya, sebaiknya menghilangkan statement yang cenderung menyesatkan seperti itu.

2. Jika memang verifikasi gagal, kenapa tidak dilakukan konfirmasi atau informasikan ke konsumen? ini malah seenaknya mendelete orderan konsumen yang sudah jelas-jelas melakukan pembayaran.

3. Bukti-bukti transfer sudah saya kirimkan, namun sampai saat ini tanggal 2 Februari, saya belum mendapatkan info apakah ketiga dana orderan tersebut telah ditemukan. Bagaimana kinerja Lazada? Katanya tidak perlu konfirmasi pembayaran. Tapi malah tidak bisa menemukan pembayaran yang sudah dikirimkan bukti-buktinya? Sungguh sangat ironis.

4. Jika memang dana sudah ditemukan, saran saya sebaiknya pihak Lazada ada pilihan untuk menjalankan order yang terdelete tersebut atau mengganti dengan order baru. Jadi jangan seenaknya melakukan pengembalian dana. Karena sebagian orang, mereka hanya ingin barang orderannya diterima dengan keadaan baik.

Tolong tanggapan pihak Lazada untuk ke-4 point di atas, demi kebaikan Lazada sendiri. Dan pastinya, saya menunggu penyelesaian masalah saya ini. Terima kasih.



Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps