Astra Honda Motor & Wahana Artha
Home > Pabrik & Produksi > Kendaraan Bermotor > Kecewa Kualitas Vario 125 dan Kualitas Perbaikan AHASS

Kecewa Kualitas Vario 125 dan Kualitas Perbaikan AHASS


14521 dilihat

Saya Widodo, pemilik motor vario CBS non ISS dengan no polisi B 3537 SNE, mengeluhkan tentang buruknya kualitas motor saya yang baru dibeli bulan April 2014 dan tidak berkualitasnya perbaikan di beberapa bengkel AHASS Honda di Jakarta.

Kronologisnya adalah sebagai berikut : Akhir minggu ke 1 Juli 2014 saya merasa kondisi komstir saya condong ke kiri dan tidak nyaman, untuk itu saya memutuskan ke bengkel AHASS untuk memperbaikinya dengan urutan Tgl 12 Juli 2014 - AHASS 1555 (Jl. Raya Ragunan No.10, Ps. Minggu)

- Keluhan komstir saya ditangani dengan membuka bagian belakang plat nomor dan menggetok pengunci komstir ke kanan.

- Dilakukan seting injeksi menggunakan alat seperti alat gesek kartu pembayaran (EDC). Ini karena saya menggunakan kupon service gratis ke 2 (4000 km) Jadi sekalian.

- Komstir hanya normal 2-3 hari, kembali condong ke kiri.

- Gas justru berat dan boros BBM, karena putaran menjadi besar tanggal 16 Juli 2014 - AHASS Pramuka (Sebelum Hotel Central, Jl. Pramuka Jakarta Pusat)

- Kembali keluhan komstir ditangani dengan diketok bagian pengencang dibelakang cover plat nomor depan.

- Gas dikecilkan dengan memutar sesuatu dibawah jok.

- Komstir hanya bertahan normal 2-3 hari lagi - Gas kecil tapi tetap boros BBM Tgl 26 Juli – AHASS 1696 Impressa Motor (Jl. Raya Ps. Minggu, Pancoran)

- Saya meminta komstir diganti, membeyar Rp. 125.000,- termasuk biaya pasang. - Dilakukan seting gas dengan alat yang sama di AHASS 1555.

- Dilakukan pembersihan CVT (dibuka).

- Setelah pulang kondisi komstir tidak condong ke satu arah, tapi bagian depan menjadi kehilangan suspensi, mental2 jika melewati jalan yang sedikit tidak rata apalagi polisi tidur Walaupun kecepatan rendah.

- Gas tetap berat, justru muncul getaran mengganggu ketika berbelok. Tanggal 2 Agustus – AHASS 001 (Jl. Dewi Sartika No. 225, Jakarta Timur).

- Saya minta komstir yang membuat motor mental2 diperbaiki.

- Minta setingan gas direset - Komstir berkurang mental2 nya, tapi kembali condong ke kiri.

- Gas tetap berat, sudah sedikit tidak boros Sebelum saya datang ke AHASS 001, saya komplain by email sekitar tanggal 20 Juli 2014. Dibalas tanggal 22 Juli 2014, tapi hanya permohonan maaf dan janji follow up. Tanggal 12 Agustus 2014 saya kembali email lebih detil. Tanggal 14 Agustus 2014.

- Saya ditelpon customer care Wahana Artha untuk follow up dengan Mas Prasdita.

- Saya diminta datang ke AHASS 1696 Impressa mengecek komstir dengan pak Min (Ka. Mekanik)

- Saya tidak bersedia, karena penggantian komstir dilakukan Pak. Min, saya meragukan skill Pak. Min, Minta diarahkan ke bengkel lain Tanggal 29 Agustus 2014.

- Saya diminta datang ke bengkel AHASS Wari Jatinegara (Samping RS. Mitra International, Kp. Melayu).

- Tanggal 29 Agustus 2014 Siang saya datang ke AHASS Wari, bertemu Pak. Erfan - Dilakukan penggantian komstir lagi (gratis), tapi gas tidak di cek.

- Komstir tetap condong ke satu arah (sekarang ke kanan), saya kembali komplainn ke Mas. Prasdita Tanggal. 30 Agustus 2014 Tgl 09 September 2014.

- Saya baru mendapat kepastian perbaikan kembali sekitar 1 minggu lebih sejak Tgl 30 Agustus 2014 Tgl 12 September 2014.

- Tgl 11 September 2014 malam, saya mengalami kondisi membahayakan di jalan, komstir mengunci ke kiri saat berjalan, tidak bisa diluruskan, Kondisi jalan sedang ramai di daerah Tebet. Saya memutuskan menitipkan motor di rumah orang tua, dan pulang kerumah dengan istri menggunakan Taksi.

- Tgl 12 September 2014, Mas Prasdita datang dengan Mekanik Pal. Arifin untuk memperbaiki motor saya di Wahana Artha, minta waktu seminggu perbaikan.

- 3 keluhan utama saya sampaikan, Komstir tidak lurus, gas berat dan bergetar - Analisa Pak. Arifin ada masalah di Komstir, Throttle Body (Mungkin diganti), dan CVT (mungkin diganti).

- Saya dipinjamkan Honda Beat sebagai kendaraan pengganti Tgl 23 September 2014.

- Motor dikembalikan, perbaikan yang dilakukan dinyatakan Penggantian Komstir lagi, Seting ulang Throtle Body (Tidak jadi diganti), Mengganti Pully Assy dan Roller Assy punya Vario 110 (dikatakan lebih baik).

- Saya gunakan setengah hari, Komstir normal, Getaran kembali muncul terutama ketika berbelok, dan saya merasa rpm terlalu besar, seperti ada sesuatu di bagian CVT mengganjal sehingga ditarikan awal tidak halus.

- Saya langsung sms Mas Prasdita malam harinya Tgl 26 September 2014.

- Saya diminta datang kembali ke AHASS Wari Jatinegara untuk dilakukan pengecekan - Pak Arifin dan Mas Prasdita hadir.

- Keluhan tentang rpm/ putaran mesin yang terlalu besar dibilang tidak relevan karena rpm sudah standar Vario 125 - Untuk mengatasi getaran dicoba ganti kembali keseluruhan bagian CVT baru, dari motor Honda Vario 125 baru di AHASS Wari Jatinegara.

- Getaran saat berbelok hilang, komstir normal, tapi saya tetap merasa putaran mesin terlalu besar dan menjadi boros BBM kembali Saat ini motor ini sudah kembali dari bengkel terakhir 2 minggu, kondisinya kembali tidak normal.

- Komstir kembali mengunci, kondisi pemakaian normal Ps. Minggu – SCBD – MT. Haryono setiap hari, tidak pernah dibawa bepergian jauh.

- Putaran mesin besar, hanya ringan saat tarikan awal.

- Saat masuk 50 km keatas ada sesuatu menghambat gas, seperti bunyi menderu di mesin - Tarikan setelah 50 km keatas berat, saya sudah mengganti oli seminggu setelah perbaikan motor terakhir, BBM yang saya gunakan selalu RON 92, sesekali 95.

- Saya sudah sms ke Mas. Prasdita kembali tgl 04 Oktober 2014 tapi tidak ada tanggapan Keluhan dan pernyataan saya atas serangkaian perbaikan motor selama 2,5 bulan tersebut adalah:

1. Kecewa dengan kualitas komstir Honda Vario 125, saya sadar penggantian pertama karena mungkin kesalahan pemakaian saya, saya tidak keberatan untuk membayar. Tetapi setelah dilakukan perbaikan komstir selanjutnya, Komstir tidak bertahan lama meski pemakaian sudah hati hati.

2. Seperti tidak ada standar SOP perbaikan untuk komstir dan gas, Kemungkinan komstir ke 3 dan ke 4 rusak kembali karena ada salah pemasangan, karena saat ditarik bengkel seminggu dinyatakan Pak. Arifin baut pengunci komstir saya aus karena sering digetok sehingga mengunci.

3. Saya menghargai sekali upaya pelayanan yang diberikan Mas Prasdita dan Pak Arifin dari Wahana Artha Gunung Sahari.

4. Saya mohon kondisi mesin saya diperbaiki, karena boros BBM, mungkin ada kerusakan di throttle body , seharusnya diganti kalau seting ulang tidak berhasil.

5. Selama motor saya diobservasi di Wahana Artha seminggu, apakah tidak ada standar perbaikan menyeluruh yang bisa mengembalikan motor saya mendekati kondisi awal atau kondisi standar Vario 125, karena request saya sejak gas berat adalah mengembalikan ke kondisi standar.

6. Sejak melakukan pembelian, saya hanya merasakan nyaman menggunakan motor ini 2,5 bulan karena sisanya saya hanya bolak balik ke bengel.

7. Saya sudah melakukan perbaikan selama 2,5 bulan sejak pertengahan Juli s.d Akhir September 2014 dan memakan waktu serta tenaga, tetapi motor tetap rusak dan sudah pernah dalam kondisi membahayakan keselamatan saya dan istri.

8. Jika kondisi motor saya juga tidak bisa dikembalikan mendekati standar Vario 125, saya meminta Honda bertanggung Jawab mengganti dengan unit baru. Terima kasih.



Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps