Home > Lain-Lain > Hadiah Promo Undian > Pembatalan Promo Tokopedia Secara Sepihak

Pembatalan Promo Tokopedia Secara Sepihak


663 dilihat

Case Closed, Tokopedia sudah melakukan penyelesaian atas permasalahn dibawah melalui penggantian cashback dengan email komunikasi terakhir 21 Mei 2019.

Tanggal 17 Mei 2019, Saya melakukan transaksi pembelian di Tokopedia dengan menggunakan promo kupon THR Lebaran dibawah : Website Promo di Tokopedia – Bagi Bagi Berkah Cashback

Maka saya melakukan 1x checkout atas 2 item dengan Kupon THR Lebaran Tokopediadengan total pembelian sebesar Rp 5,268,729. Masing-masing invoice yaitu INV/20190517/XIX/V/315611169 dan INV/20190517/XIX/V/315611170

Per tanggal 18 Mei 2019, Saya mendapatkan notifikasi atas pembatalan cashback secara sepihak oleh Tokopedia dengan Judul Email : Pembatalan Cashback [Promo HCK-THR5A-tkpd|-500000#Coupon:cashback up to 500k#0]

Pada tanggal 19 Mei 2019, saya bertanya ke Customer Service Tokopedia melalui pusat bantuan aplikasi Tokopedia.
Saya mendapatkan jawaban dari Tim Tokopedia dengan nomor tiket #13202612. Jawaban dari CS tidak memberikan solusi atas permasalahan saya dan merugikan saya sebagai konsumen :
• Tokopedia membatalkan secara sepihak promo yang beredar di website dengan alasan adanya pelanggaran yang saya lakukan.
• Saya Lampirkan pernyataan CS Tokopedia : “Menjawab pertanyaan Bapak, Coby sampaikan bahwa pembatalan cashback tersebut dikarenakan transaksi Bapak terindikasi melanggar syarat serta ketentuan promo Tokopedia ya dimana detailnya tidak bisa diinfokan karena bersifat internal serta merupakan validasi sistem Tokopedia.”
• Namun, Pihak dari Tokopedia tidak dapat menjelaskan pelanggaran yang saya lakukan. Bahkan, saya sampai menanyakan bukti apa yang perlu saya sampaikan untuk membuktikan bahwa saya tidak melakukan pelanggaran tersebut.
• Tim CS berulang lebih dari 2x memberi tahu saya melakukan pelanggaran dan menuliskan untuk “Kedepannya kami sarankan untuk tidak melakukan pelanggaran syarat dan ketentuan yang berlaku pada Tokopedia agar Bapak mendapatkan cashback dari promo yang ada di Tokopedia.

Kesimpulan :
Sistem Pengaduan Konsumen yang dipunyai oleh Tokopedia sangat mendikriminasi Konsumen tanpa adanya pembuktian terbalik oleh konsumen Tokopedia dengan sesukanya melakukan pembatalan atas promo. Hal ini merugikan saya sebagai konsumen, karena yang awalnya budgetnya sesuai menjadikan saya perlu menarik kembali dari uang dompet saya. Kalau dari awal bisa dibatalkan sepihak tanpa adanya proses verifikasi dari Tokopedia, saya ga usah beli dari Tokopedia dan saya ga perlu beli di tanggal 17 mei 2019. Saya masih bisa mencari produk yang lain di waktu yang lebih fleksibel.
Pengaduan Konsumen di Tokopedia malah membuat saya Emosi dan saya berpkir untuk tidak transaksi di Tokopedia dalam waktu yang dekat. Kalau saya tidak menghiraukan Promo, lebih baik saya transaksi di marketplace online lainnya yang pengaduan konsumennya lebih baik.







Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps