Home > Informasi > Telekomunikasi > Sulitnya Korban Penyalahgunaan NIK Menutup nomor Tri yang Terdaftar

Sulitnya Korban Penyalahgunaan NIK Menutup nomor Tri yang Terdaftar


601 dilihat



Baru-baru ini saya menyadari kalau NIK KTP saya disalahgunakan oleh pihak counter yang jual perdana kartu 3 (Tri) waktu saya beli kartu perdana pada tahun 2017. Waktu itu saya registrasi kartu menggunakan NIK saja dan hanya bisa melalui toko counter penjual nomor.

Berawal dari saya mau menambah kartu Tri saya baru-baru ini, ternyata tidak bisa karena NIK saya sudah terdaftar untuk limit tiga kartu. Saya cek di 4444 untuk nomor registrasi atas NIK dan muncul ada dua nomor yang tidak pernah saya miliki sebelumnya.

Saya sudah menghubungi customer care Tri dan sempat juga ke TriStore menutup nomor yang memang tidak saya pegang yang terdaftar atas NIK saya, tapi jawaban di customer care dan TriStore selalu info tidak bisa ditutup nomornya karena pemegang nomornya bukan saya, saya dianggap bukan pemilik kartunya, sedangkan nomornya terdaftar atas NIK saya.

Secara legal pemilik nomor yang sah adalah saya dan saya seharusnya berhak untuk menutup nomor itu, bagaimana jika nomor itu disalahgunakan untuk tindakan penipuan atau tindak kriminal.

Saya yakin waktu pengkinian registrasi dengan NIK dan KK, dua nomor yang terdaftar atas NIK saya tanpa izin, tidak didaftarkan ulang dengan Nomor KK, tapi kartunya bisa aktif sampai sekarang, sedangkan aturan pemerintah dalam persyaratan registrasi ulang nomor kartu prabayar harus menggunakan NIK dan nomor KK (Ketetapan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia No 3 Tahun 2018) di mana jika tidak, nomornya akan dinonaktifkan, tapi kenyataannya sepertinya dari pihak Tri mengindahkan ini.

Jika hal ini dibiarkan, banyak customer dengan penyalahgunaan NIK yang terdaftar di provider Tri dan pada saat kita mau meluruskan untuk menutup nomor HP yang tidak jelas terdaftar atas NIK kita tidak bisa dengan alasan yang tidak masuk akal.

Mohon ada dari pihak Tri bisa menanggapi dan menyelesaikan masalah ini, mungkin dari pihak PIMPINAN Customer Care, karena saya sudah capek ke bagian Front Officer baik di Customer Care dan TriStore tidak bisa menyelesaikan masalah.






Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps