Home > Informasi > Penyiaran > MNC Play Mengupgrade Paket Tanpa Meminta Persetujuan Pelanggan

MNC Play Mengupgrade Paket Tanpa Meminta Persetujuan Pelanggan


24 dilihat

Saya adalah pelanggan Mncplay dengan nomor pelanggan 1000402XXX. Sebelum Desember 2019 saya menggunakan paket MNC Play 10Mbps.

Selama ini saya tidak mengalami kendala dari layanan MNC play dan selalu membayar tepat waktu. Namun, pada Desember 2019 paket saya di upgrade secara sepihak oleh MNC Play tanpa meminta persetujuan saya sebagai pelanggannya.

Saya baru menyadarinya pada November 2020 setelah memeriksa sejumlah tagihan yang menurut saya abnormal.

Selama Desember 2019 sampai dengan November 2020 saya selalu membayar tagihan tepat waktu tetapi sayangnya tidak memeriksa secara detail tagihan pada statement yang saya terima setiap bulan.

Pada 11 November 2020 pukul 11.14 WIB , saya menghubungi Customer Service MNC Play dengan nama Jenny Iskandar untuk meminta penjelasan.
Berdasarkan penjelasan pihak customer service, upgrade paket tersebut dilakukan secara otomatis kepada ribuan pelanggan pada Desember 2019 sebagai tanda apresiasi dengan informasi blast email pada 5 Desember 2019.

Saya keberatan dengan kebijakan MNC Play karena saya tidak pernah setuju untuk upgrade paket tersebut. Lucunya, saya dianggap menyetujui upgrade paket sepihak ini karena saya tidak memberikan tanggapan apapun terkait email pada 5 Desember 2020. Karena itu, dengan otomatis jumlah tagihan juga naik.

Sesuai dengan informasi dari pihak MNC Play, jika saat itu saya tidak setuju seharusnya saya menghubungi customer service untuk meminta pembatalan. Ini adalah praktek bisnis yang menurut saya tidak beretika dan tidak mempunyai itikad yang baik terhadap pelanggan setianya.

Bukankah seharusnya meminta persetujuan terlebih dahulu kepada customer untuk upgrade paket tersebut dan bukan menaikan terlebih dahulu secara sepihak. Jika ada pelanggan yang protes baru kenaikan tersebut dibatalkan.

Bukankah seharusnya MNC Play melayani pelanggan ini malah meminta pelanggan menghubungi kalau tidak setuju.

Saya heran dengan kebijakan yang telah dilakukan oleh perusahaan sebesar MNC Play dimana sudah mempunyai basis pelanggan yang banyak.

Karena saya tidak pernah menyetujui kenaikan upgrade sepihak tesebut saya meminta pengembalian paket seperti sedia kala dan refund atas kelebihan pembayaran selama ini.

Setelah berdebat cukup lama saya hanya disetujui penurunan paket tetapi refund tidak diterima karena saya baru menyatakan keberatannya pada November 2020.

Menurut saya ini bukan program untuk mengapresiasi pelanggan tapi malah program menyusahkan pelanggan dan membuat keuntungan sepihak.

Kenaikan harganya memang tidak begitu besar, tetapi penerimaan atas tindakan tidak beretika ini yang menyakitkan pelanggan.

Untuk kedepannya saya akan berhati-hati memeriksa statement bulanan yang dikirimkan kembali karena dikhawatirkan ada upgrade paket lagi yang tidak saya setujui tapi sudah langsung dikenakan biaya dan mulai berpikir untuk melihat-lihat jasa competitor lainnya. (SUC)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
admin@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps