Home > Finansial > Asuransi > Susahnya menghindari asuransi di tokopedia

Susahnya menghindari asuransi di tokopedia


152 dilihat

Saya orang memang kurang teliti.

Nah sering kali ada checkboxes asuransi. Asuransi di indo itu berbahaya. Premi tidak sebanding dengan manfaat.

Kalau tidak hati hati baca kontrak untuk manfaat seharga 50 ribu uang bisa hilang 50 juta lebih. Dan banyak hal penting seperti biaya sengaja disembunyikan. Dan di indo itu legal

Jadi ya tentu saya tidak mau beli. Tapi sering kali di tokopedia asuransi di centang otomatis. Itu saya selalu berusaha untuk tidak centang tetapi kadang lupa.

Sesudah saya lebih familiar, ternyata ada asuransi pengiriman seharga 200 ribu yang centangnya wajib. Asuransi pengiriman.

Akhirnya saya mau beli projector 

https://www.tokopedia.com/centralimp...whid%3D7356006

Wajib asuransi 200 ribu.

Nah karena asuransinya wajib gw merasa terpaksa transaksi diluar tokopedia.

Kita deal COD

Sesudah deal gw lagi sibuk banget dapet tilpon dari penjual kalo barang nggak ada. 

Ya gw pikir cari dari penjual lain saja.

Tau tau dapet tilpon lagi kalo barang ada.

Waktu itu gw udah mulai curiga. Ini barang cacat dikembalikan pembeli lain kemudian ditawarin ke gw.

Tapi gw pikir kan gw tinggal periksa barang.

Barang dateng gw periksa. Tapi komputer yang buat dipasang ke projector belum ada karena motherboard yang gw pesen selalu dicancel ama penjual karena barang habis.

Jadi gw check sekilas nyala. Gw bayar.

Orang yang masang komputer ternyata emaknya sakit. Sekitar seminggu kemudian gw tau kalo bagian atas gambar tidak focus.

Penjual ya bantu kenalin orang yang bisa membetulkan tetapi ternyata tidak ada garansi. Garansinya musti kirim barang balik ke Cina 3 juta itu juga distributor ditanya nggak jawab jawab.

Intinya barang 34 juta cacat.

Dan gw eneg.

Terus gw tanya tokopedia. Ini kenapa asuransi wajib. Ternyata Tokopedia menganjurkan asuransi tapi itu keputusan penjual. Gw seharusnya bisa menghindari asuransi dengan cari penjual lain.

Sesudah gw review percakapan gw dengan penjual ada keanehan. Jadi penjual claim kalo barang sudah di test. di tempat lain dia claim kalau barang masih segel. Kan nggak mungkin dua duanya betul.

Ya kalo dipikir pikir membeli diluar tokopedia memang tidak aman. Tapi ya gimana? Asuransi wajib. Apa ada toko lain yang asuransi tidak wajib? Shopee?

Menghindari asuransi juga susah sekali karena kita baru tahu ada asuransi wajib kalau sudah mau bayar.

Gw juga pengen tau secara hukum ada nggak sih yang gw bisa tempuh. Ya gw memang check kurang teliti waktu COD. Tapi di Indo apa ada hukum perlindungan konsumen gitu kalo beli barang cacat?



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps