'Arisan Lebaran' Prudential



Home > Finansial > Asuransi > 'Arisan Lebaran' Prudential

303 dilihat


Jakarta - Saya merasa sudah dibohongi oleh Prudential melalui produk asuransi dan investasinya. Pada bulan September 2007 saya memutuskan untuk ikut asuransi Prudential yang sudah termasuk juga investasi. Kemudian saya menyetorkan sejumlah uang sekaligus ke rekening Prudential.

Uang saya itu kemudian dibelikan unit asuransi setelah dipotong 10 juta dan biaya lainnya 3 juta. Saya diberitahu bahwa untuk 2 tahun pertama saya dipotong 10 juta tiap tahunnya plus biaya 3j uta. Setelah itu tidak ada biaya tambahan lagi.

Ada beberapa hal yang membuat saya merasa dibohongi oleh Prudential dan saya yakin customer lain pun juga pasti tidak memperhatikannya.

Pertama, saya berpikir bahwa uang yang dipotong tersebut adalah biaya asuransi saya untuk 10 tahun (besarnya 20 juta gitu loh, 10 juta tahun pertama dan 10 juta lagi tahun kedua plus 3 juta biaya administrasi).

Tetapi, ternyata bahwa uang sebesar itu adalah untuk biaya komisi sales (luar biasa besarnya, pantas saja semua berlomba-lomba jadi sales asuransi Prudential), biaya provisi, akuisisi, dan lain-lain. Untuk biaya asuransi saya ternyata uang saya tetap dipotong tiap-tiap bulannya.

Kita tidak pernah tahu biaya itu kalau harga unit yang kita beli naik terus dan mencukupi untuk biaya tersebut. Tetapi, apabila harganya tidak naik atau malah turun otomatis uang kita dipotong lagi.

Saya baru mengetahui hal ini karena kebetulan sekarang harga unitnya turun drastis. Padahal apabila saya mengikuti asuransi yang biasa saja dengan uang segitu saya sudah bisa mendapatkan fasilitas kesehatan yang benar-benar wah.

Kedua, pada waktu pertama kali masuk asuransi saya diberikan ilustrasi manfaat berupa tabel perkembangan investasi kita menurut beberapa tingkat bunga. Salesnya berkata bahwa investasinya pasti menguntungkan karena kalau pun tingkat bunganya paling rendah pun (12%) kita masih bisa untung.

Dengan didukung tim pengelola keuangan yang sudah sangat berpengalaman dikatakan pula bahwa serendah-rendahnya tingkat bunga, untuk 1 tahun pertama pun ada keuntungan yang lebih besar dibandingkan kita memasukkannya ke deposito. Tetapi, ternyata bukannya mendapat untung. Uang saya malah berkurang jauh (tahun pertama, September 2008 uang saya berkurang 23 juta).

Waktu saya tanyakan kepada salesnya dia mengatakan ini kan investasi jangka panjang. Saya harus menunggu. Bahkan tanpa rasa bersalah dia bilang saat ini saat yang tepat untuk top up (menambah setoran).

Padahal di dalam tabel ilustasi untuk bunga yang paling rendah pun tahun pertama saya masih mendapat keuntungan sekitar 5-10 juta. Benar-benar 'arisan lebaran'. Bukannya dapat untung malahan uang pokoknya pun hilang.

Ketiga. yang paling menyakitkan saya adalah saya berpikir untuk menarik semua uang saya yang ada di prudential tetapi harga unit yang sekarang sangat rendah. Di satu sisi, kalau saya menarik uang saya sekarang saya rugi banyak. Di sisi lain, prudential tanpa pertimbangan apa-apa tetap harus memotong 10 juta lagi untuk tahun kedua.

Tanpa rasa bersalah Prudential mengirimkan saya formulir untuk saya tandatangani bahwa uang saya akan dipotong lagi 10juta untuk tahun kedua. Kalau saya tidak membayar 10 juta itu dalam jangka waktu 1 bulan otomatis polis saya dinyatakan tidak berlaku dan uang pertanggungan tidak akan dibayar.

Hati-hati dengan janji-janji muluk yang ditawarkan oleh Prudential melalui sales-salesnya. Saya yakin pelanggan Prudential yang lain juga banyak yang tidak tahu tentang hal ini. Mereka cuma disodorkan tabel. Oh, nanti uangnya di tahun ke berapa jadi beberapa ratus juta atau berapa miliar.

Selain itu saya juga dapati bahwa biaya asuransi Prudential jauh lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi lain. Kita tidak pernah memperhatikan hal itu karena yang disodorkan ke customer cuma ya investasinya pasti menguntungkan. Uangnya jadi berapa gitu.

Saya tahu bahwa investasi bisa untung bisa rugi. Tapi, mana nama besar Prudential yang katanya menjamin kepuasan pelanggan. Mendapat customer satisfaction award lagi. Katanya tim investasi berpengalaman tapi tidak bisa mendatangkan keuntungan malahan minus (minusnya banyak banget lagi).

Kalau tahu begini mending uangnya saya simpan saja di bawah bantal. Apa bedanya prudential dengan beberapa perusahaan investasi fiktif yang melarikan uang customernya atau 'Arisan Lebaran'? Saya menuntut Prudential untuk mengembalikan uang saya.

Suryanto
Citra Jakarta
surya_ok@yahoo.com
02132239900

(msh/msh)




Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan





jasa foto produk
Sebelum request penghapusan artikel mohon request penghapusan kepada sumber terlebih dahulu, jika belum solved / terhapus kami akan abaikan

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini