Toshiba
Home > Profesional & Layanan Bisnis > Servis > Service Center Toshiba Tidak Profesional

Service Center Toshiba Tidak Profesional


1508 dilihat

Pada bulan Agustus 2009 orang tua saya membeli kulkas Toshiba GR-H240 dengan nomor seri: H40-0509050888. Sebulan kemudian (September) 2009 kulkas tersebut mengalami masalah yaitu tidak dingin. Kami pun berinisiatif membawa unit ke toko tempat membeli. Pihak toko membantu perbaikan dengan cara menghubungi teknisi Toshiba karena masih dalam masa garansi. Setelah bagus, unit saya bawa kembali. Akan tetapi sekitar 2 bulan kemudian kulkas tersebut mengalami masalah yang sama. Kami berinisiatif menghubungi servis centre toshiba, dan teknisi datang ke rumah untuk memperbaiki unit, lebih kurang biaya yang di keluarkan Rp 150 ribu untuk sparepart dan upah kerja.

Dan beberapa bulan kemudian kulkas tersebut mengalami masalah yang sama. Jika tidak salah ingat lebih kurang 10 kali teknisi memperbaikinya dengan rentang waktu yang berbeda diikuti dengan berbagai macam penggantian spareparts. Mulai dari sensor bimetal sampai timer secara berulang sampai pengisian ulang freon. Dan cost yang kami keluarkan mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribu. Sampai dengan minggu pertama bulan Agustus 2012 kulkas tersebut tidak pernah luput dari permasalahan. Alhasil saya pun penasaran untuk mengetahui kerusakan apa sebenarnya. Sebagai orang yang awam di bidang pendingin saya mencari informasi dari internet tentang prinsip kerja kulkas.

Saya mencoba menganalisa dan kemungkinan kerusakan pada compresor karena terkadang macet. Jika compresor macet maka unit tidak dingin dan hasil pengukuran arus dengan menggunakan tang ampere pada compresor pada saat unit tidak dingin meningkat 3 kali lipat disertai dengan bunyi mendengung seperti suara motor yang macet dari dalam compresor. Saya menghubungi service centre toshiba dinomor 061 7385396 & 061 7385326 dan dijawab serta dijanjikan besok akan dikirim teknisi ke rumah untuk perbaikan. Akan tetapi teknisi tidak datang sampai dari yang di janjikan (awal Agustus).

Pada tanggal 24 September 2012 saya kembali menghubungi service centre toshiba dan di jawab serta dijanjikan besok akan dikirim teknisi ke rumah. Tanggal 25 September 2012 kembali kami menghubungi service center toshiba dan dijawab dengan perincian yang mungkin akan ditagihkan ke saya jika kulkas diperbaiki sekitar 1 juta-an. Saya pun konfirmasi ulang tentang masa garansi dan pihak servis centre kembali menjanjikan teknisi akan datang mungkin besok. Tanggal 26 september 2012 kembali saya menghubungi service center toshiba untuk menyanyakan perihal teknisi yang akan datang dan di janjikan akan datang sekitar pukul 17.30 WIB Dan sampai saat ini tidak ada teknisi yang datang.

Dengan kejadian ini saya merasa sangat kecewa karena selama lebih kurang 3 tahun menggunakan produk Toshiba selalu bermasalah dan perbaikan yang dilakukan oleh teknisi Toshiba tidak tuntas. Saya juga merasa kecewa dengan teknisi Toshiba yang tidak professional dengan memberi janji yang tidak di tepati. Saya merasa kecewa dengan teknisi toshiba yang selalu mengganti spareparts tanpa bisa mempertanggungjawabkan hasilnya yang mengakibatkan terlalu banyak cost biaya perbaikan selama 3 tahun.

Apakah begini standar yang ditetapkan Toshiba untuk melayani konsumennya? Dengan kejadian ini juga saya mengurungkan niat membeli produk toshiba lainnya mengingat jika seandainya perangkat tersebut rusak maka saya sebagai konsumen akan repot, serta merekomendasikan ke keluarga saya agar tidak membeli produk Toshiba.

Philipus
Marpaung
Medan




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps