Home > Perdagangan > Toko Online > Komplain ke Shopee Indonesia

Komplain ke Shopee Indonesia


65 dilihat

Saya adalah seller toko di Shopee, nama toko saya adalah burt14.murah, saya menjual barang salah satunya VGA, pada 28 Mei 2022 ada orderan pembelian VGA dengan nomor pesanan 220528CTA59xxx dan dikirim pada 30 Mei 2022, pada 4 Juni 2022, pembeli baru mengajukan komplain dan pengembalian dana ke Shopee. Dengan hanya mengirimkan foto produk yg sudah terpasang dengan nomor pengajuan 220604194690044.

Pada 6 Juni 2022, saya selaku seller baru menanggapi komplain sesuai waktu operasional toko. Saya selaku seller mengajukan banding ke Shopee dan meminta pembeli mengirimkan bukti berupa video dari awal terima barang, unboxing, mengeluarkan barang, dipasang, dan di tes.

Hal itu sebetulnya sudah ada di kolom deskripsi. Sebagai seller, video unboxing dari awal sekali sangat penting, untuk membuktikan bahwa barang tersebut memang barang yg dikeluarkan dari packing penjual dan belum mengalami tindakan apapun oleh pembeli.

Apalagi terdapat jeda waktu dari barang tiba pada 2 Juni 2022 ke waktu komplain pada 4 Juni 2022. Sampai batas waktu yang diberikan oleh Shopee, pembeli tidak dapat memberikan bukti sehingga komplain pembeli ditolak oleh Shopee.

Pada 7 Juni 2022, pembeli kembali mengajukan komplain dengan hanya mengirimkan foto packing dengan nomor pengajuan 220607174591003.

Pada 9 Juni 2022, pembeli memberikan video pengetesan produk. Padahal saya meminta video dari awal terima barang, unboxing, mengeluarkan barang, dipasang , dan di tes. Karna ada jeda waktu dari awal barang diterima pada 2 Juni 2022 ke komplain pertama 4 Juni 2022, ditambah lagi jeda waktu komplain kedua pada 7 Juni 2022. Saya mencurigai ada tindakan yg sudah dilakukan pembeli selama jeda waktu tersebut. Atau pembeli berusaha berbuat curang dengan melakukan komplain dengan memasang barang yg bukan barang saya.

Pada 10 Juni 2022, Shopee menyetujui komplain pembeli dan meminta pembeli mengirimkan barang dalam jangka waktu 5 hari. Jujur, saya merasa tidak adil dan permintaan saya agar pembeli mengirimkan video dari awal terima barang seperti tidak dihiraukan oleh Shopee.

Apakah tidak janggal jika pembeli yang membeli barang dengan harga jutaan tidak melakukan video unboxing? Lalu setelah beberapa hari baru komplain? Saya sebagai penjual juga harus diyakinkan bahwa sejak barang sampai pada 2 Juni 2022 barang itu masih utuh dan belum digunakan oleh pembeli. Keyakinan itu rasanya bisa didapat dengan video unboxing dari awal terima barang seperti yang saya minta.

Aneh sekali, untuk barang semahal ini, pembeli tidak melakukan langkah preventif dengan melakukan video unboxing. Zaman sekarang, orang membeli barang remeh dengan harga tidak seberapa saja pasti membuat video unboxing. Kenapa membeli barang jutaan tidak membuat video unboxing.

Pada 11 Juni 2022, saya menghubungi Customer Service Shopee dan meminta bantuan untuk banding. Namun keterangan dari Customer Service, penjual baru bisa banding setelah pembeli menginput resi pengembalian, setelah pembeli input resi pengembalian penjual diberi waktu 7 hari untuk banding. Dimana keadilan Shopee bagi saya selaku penjual, modal perputaran saya habis mengendap disini, sehingga sudah 2 minggu saya tidak bisa berjualan lagi, karena modalnya tertahan di kasus ini, saya mohon obyektifitas Shopee terhadap kasus ini.

Terima kasih (FAP)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps