Home > Perdagangan > Toko Online > Media Online Pertanian Asli Indonesia

Media Online Pertanian Asli Indonesia


236 dilihat

Mediatani.co merupakan sebuah portal berita pertanian yang konsisten dalam menyajikan konten edukatif bagi petani, khususnya petani millennial. Artikel dan konten-kontennya sangat membantu petani dalam mengetahui informasi terbaru berupa inovasi maupun kebijakan pemerintah yang berkaitan dengannya. Petani membutuhkan informasi tersebut agar dapat beradaptasi dengan segala kemajuan yang terjadi di luar lahannya.

Petani yang adaptif pada perkembangan zaman pasti akan tidak tertinggal dan mudah meraih sukses. Adaptasi dilakukan dengan pemanfaatan inovasi tekhnologi yang dapat tepat guna dan tepat fungsi. Adaptasi tersebut tentunya untuk memberikan kemudahan bagi petani dalam memastikan produksi usaha tani miliknya.

Semakin pesatnya arus informasi di era digital seperti saat ini, petani membutuhkan sumber informasi yang akurat dan dapat terpercaya. Selain itu, informasi yang diterima seharusnya dapat diterapkan dalam praktik bertani yang dilakukan.


Media online pertanian tentunya juga harus mampu menjawab kebutuhan tersebut. Bahkan, seharusnya dapat melampaui dari sekedar berita yang dibutuhkan. Sebab, permasalahan yang dihadapi oleh petani bukan hanya sekedar pengetahuan teknis semata.

Banyak hal yang dibutuhkan oleh petani diantaranya adalah informasi komoditi yang tepat dengan kondisi lahan, cuaca, dan lokasi lahannya. Begitu juga dengan informasi harga terbaru terhadap komoditi yang sedang dikembangkannya. Sementara itu, informasi mengenai kebijakan pemerintah juga dapat menjadi bagian dari upaya adaptasi yang dapat dipilih.

Persoalan yang dihadapi oleh petani memang tidak sesederhana yang kita pikirkan. Seringkali petani harus mampu menyelesaikan masalah yang kompleks dan rumit. Perlu kita ketahui bahwa aktifitas petani tidak hanya sekedar menanam, merawat, kemudian panen.

Kita tahu bahwa teknologi digital berkembang pesat. Revolusi Industri 4.0 bukan sekadar slogan. Hampir seluruh sendi kehidupan sudah dirasuki teknologi digital. Jangankan bidang ekonomi dan kesehatan, bidang pertanian pun sudah dirambah.

Bagaimana cara memulai pertanian cerdas? Fondasi pertanian cerdas harus dibangun oleh Pemerintah. Ketersediaan infrastruktur, berupa jaringan internet, sangat dibutuhkan dalam pengembangan Internet of Things (IoT).

Ketika petani berminat mengembangkan suatu komoditi, petani dapat berkonsultasi dulu kepada pakar pertanian. Petani dapat menanyakan soal kondisi lahan, pengaruh cuaca, curah hujan dan ketersediaan air, serta prediksi hama dan penanganannya. Dengan sebuah media online, hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan.



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps