Home > Lain-Lain > Penipuan > HatiHati Penggunaan kartu Debit

HatiHati Penggunaan kartu Debit


434 dilihat

Halo penghuni Kaskus! saya mau cerita aja hal yang mau dialami sama teman saya terkait kartu debitnya yang baru hilang. Oh iya saya baru pertama banget nih nge buat thread, jadi maaf-maaf ya kalo ada salah Jadi ini cerita nya ttg teman aku, yang dompetnya baru aja baru kecopetan. Kronologis nya gini, teman aku itu naik angkot sekitar sebelum jam 7 karena doi ada kuliah kan jam 7 nya. Suatu ketika, ada seorang pria yang masuk angkot tersebut dan langsung mepet teman aku tersebut padahal ada tempat lain yang rada kosong meskipun kondisi angkot saat itu cukup ramai. Singkat cerita, teman aku itu baru sadar dompetnya tersebut hilang sekitar jam 10 pagi. Langsung lah dia mendatangi bank B** untuk memblokir kartu debit yang ada di dompetnya. Setelah itu teman aku tersebut diminta di print buku tabungan nya, karena untuk mengetahui saldo yang ada. Alangkah kagetnya pas tau, ternyata saldo tabungan nya ilang lebih dari 10 JUTA kurang dari 3 jam! Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata pencopet tersebut membelanjakannya dalam waktu kurang dari 2 jam, dan dibelanjakan +/- 5 juta di toko emas kurang lebih jam 10 pagi dan sisanya di beberapa minimarket In**maret di kawasan ciumbeleuit, cihampelas, dipatiukur dan gegerkalong. Bagaimana copet tersebut bisa dengan mudahnya memakai debit tersebut dan membelanjakan uang di dalamnya itu, karena sekarang debit itu hanya butuh tanda tangan untuk transaksi nya. Tidak perlu pin lagi untuk menjaga kerahasiaan kartu debit tersebut. Hanya dibutuhkan tanda tangan, tidak peduli tanda tangannya sesuai dengan pemilik kartu debit tersebut atau bukan (Ini terjadi apabila kartu digesekkan di mesin yang tidak dikeluarkan bank tersebut, misal debit B** digesek di mesin bank M) So Simple!. Jadi kalo agan-agan tipe orang yang sepikiran sama ane yang dulu, kalo kita gak mungkin bisa bertransaksi tanpa mengetahui pin kartu debit tersebut itu salah besar!. Kalo usul dari aku sih, mending simpen duit agan-agan di bank yang limit pengambilan/transaksi nya seminim mungkin, dan bawa aja kartu debit yang tabungan nya dikit. Memang sih ini terkesan 'jadul' banget, tapi beginilah kriminalitas di Indonesia jaman sekarang. Terima kasih kaskus! aku cuma mau share pengalaman teman aku dan mengingatkan agar kita selalu waspada. nb: eh ternyata pas teman aku yg kecopetan cerita sama temannya yang lain (misal si x), ternyata si x ini mengalami hal yang sama loh! hampir kecopetan juga! Angkot yang sama dan jam yang sama, sekitar jam 7. Hal ini terjadi pas satu hari sebelum kejadian teman aku yang kecopetan ini. Hati-hati selalu jaga barang anda.



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
admin@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps