Panin Life
Home > Lain-Lain > Penipuan > Asuransi atau Praktek Penipuan?

Asuransi atau Praktek Penipuan?


1323 dilihat

Sekitar akhir Agustus 2011, saya dihubungi oleh telemarketing yang mengatasnamakan Panin Life menawarkan produk "20 Years in Safe". Dari penjelasan telemarketing, saya tertarik dan melakukan proses otorisasi untuk penawaran tersebut. Saya juga diberitahu jika dalam waktu 15 hari kerja jika saya keberatan, seluruh dana yang telah dibayarkan akan dikembalikan. Sekitar 20 hari kerja kemudian, saya menerima polis dari Panin Life dan membaca poin-poin yang terdapat di dalam polis tersebut. Ternyata ada beberapa poin yang tidak sesuai dengan apa yang telah dijelaskan oleh telemarketing sebelumnya. Saya mencoba menghubungi Panin Life dan karena sudah melewati masa waktu 15 hari kerja, polis tersebut bisa dibatalkan tetapi dana tidak akan dikembalikan. Dalam hal ini saya mengurungkan niat saya, walaupun saya telah dirugikan karena polis baru saya terima sesudah waktu pembatalan tidak valid.

Apakah ada unsur kesengajaan? Sesudah dengan "terpaksa" saya mengikuti permainan dari Panin Life, pada sekitar bulan Maret atau April saya menyadari di tagihan saya tidak terdebet tagihan 20 Years in Safe, hal ini coba konfirmasi dengan Panin Life kembali. Dari keterangan yang diberikan pihak Panin Life mengatakan memang tidak ada dana terdebet selama ini (lebih kurang 6 bulan) dan jika saya mau melanjutkan saya harus membayar keseluruhan pembayaran yang tertunggak. Karena saya telah membayar 2x dan jika saya tidak melanjutkan, dana saya tidak dapat dikembalikan, tentunya hal ini dengan "terpaksa" kembali saya melanjutkan permainan Panin Life tetapi saya meminta keringanan dengan proses cicil.

Dalam hal ini pun saya dirugikan karena pertama, penggunaan kartu kredit saya melebihi batas dan yang kedua saya harus mengeluarkan biaya ekstra. Sesudah berjalan 2 bulan, proses yang sama kembali terjadi, pembayaran saya tidak didebet dan saya harus kembali melakukan pembayaran berlipat-lipat jika saya mau polis saya aktif.

Apakah kembali hal ini disengaja? Melalui kejadian-kejadian di atas, saya akhirnya "menyerah" kepada Panin Life yang sangat lihai memainkan perannya dalam memeras saya. Dan saya telah berkali-kali berkeinginan menyelesaikan masalah ini dengan cara kekeluargaan tetapi saya didiamkan. Maka melalui media ini, saya mengharapkan pihak Panin Life bisa mendengarkan permintaan saya. Sangat sederhana, saya hanya ingin dana saya dikembalikan secara penuh, karena saya melihat adanya permainan yang sangat merugikan saya.

Kurnia Santoso
Jl. Gaperta Ujung, Komp. Gaperta Scott Blok E-27
Medan




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps