Home > Lain-Lain > Lainnya > Syarat dan Ketentuan Perbaikan AC PinHome Tak Sesuai Kenyataan

Syarat dan Ketentuan Perbaikan AC PinHome Tak Sesuai Kenyataan


282 dilihat

Kronologis kejadian adalah pada saat saya menggunakan jasa PinHome untuk melakukan perbaikan AC dengan nomor pesanan O-0142-1586. Sesuai perjanjian, teknisi datang pada tanggal 31 Mei 2023. Saat dilakukan pengecekan, teknisi meminta tambahan biaya untuk tes pressure menggunakan kompresor yang katanya tanpa pengecekan tersebut perbaikan AC tidak dapat dilanjutkan.

Tetapi pengecekan tersebut tidak ada di dalam daftar biaya dari aplikasi PinHome, dan teknisi meminta biaya tambahan tersebut sebagai biaya tambahan tidak resmi supaya pengecekan kebocoran freon dapat dilanjutkan. Saya menyampaikan kepada teknisi bahwa saya menolak biaya tambahan yang ada di luar aplikasi, karena kalau memang tidak ada di aplikasi seharusnya menjadi bagian dari biaya pengecekan menurut saya, selain itu biaya di luar aplikasi merupakan tindakan ilegal menurut aturan dari PinHome sendiri.

Saya menanyakan SOP pengecekan dari PinHome, tetapi teknisi tidak bisa menjawabnya. Kemudian saya tanyakan ke customer service terkait hal ini, dan customer service menjawab konsumen berhak menolak tawaran dari teknisi jika tidak bersedia untuk pengecekan tersebut, sehingga saya menangkap pengertian bahwa konsumen juga berhak menerima tawaran jika bersedia, yang itu artinya pihak PinHome membuka celah untuk aturan yang dibuatnya sendiri.

Saya sudah sampaikan juga bahwa saya tidak bersedia melakukan pembayaran yang ada di luar aplikasi, karena saya memerlukan jaminan garansi atas perbaikan yang dilakukan. Sehingga pada akhirnya saya meminta teknisi untuk memasang kembali cover AC yang sudah dibuka tanpa perbaikan apa-apa, karena perbaikan tidak dapat dilanjutkan tanpa pengecekan tambahan tersebut seperti kata teknisi. Sebenarnya saya tidak keberatan terhadap biaya tambahan selama hal itu resmi.

Hari berikutnya saya mencoba untuk klaim garansi ketidakpuasan sesuai dengan yang ada di aplikasi dengan meminta teknisi yang lain untuk mengulangi pengecekan dan perbaikan AC. Tetapi customer service mengatakan bahwa pengerjaan yang statusnya sudah selesai harus melakukan pesanan ulang, padahal saya melakukan klaim sesaat setelah statusnya berubah menjadi selesai, tidak lebih dari 24 jam seperti syarat klaim.

Customer service juga menjelaskan bahwa klaim hanya dapat dilakukan oleh teknisi yang sama, walaupun sudah saya kirimkan screenshot prosedur layanan garansi yang memuat aturan akan mendapatkan rekan jasa pinhome yang baru. Dengan adanya kejadian ini, saya mempertanyakan apakah PinHome konsisten terhadap syarat dan ketentuan maupun aturan yang dibuatnya sendiri?

Fajar *****@****.***








Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps