Home > Informasi > Telekomunikasi > Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan

Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan


255 dilihat

Sebagai pengantar, saya ingin mengapresiasi dulu provider AXIS sebagai operator yang memiliki penawaran paket yang kompetitif di tengah harga kuota yang meroket.

Saya juga menjadi pihak yang menyarankan keluarga saya untuk menggunakan AXIS sejak 6 tahun yang lalu dan tidak pernah mengalami masalah dalam masa pemakaiannya.

Masalah baru muncul ketika saya ingin menggunakan operator AXIS, melalui kartu e-SIM yang merupakan bagian bundling pembelian Samsung Galaxy A55 5G.

Saya mendapat kode QR setelah proses registrasi via axis.co.id/samsung, pada tanggal 24 Maret 2024. Kemudian saya segera melalukan proses pemindaian melalui fitur manajer e-SIM di telepon saya.

Akan tetapi, proses tersebut berhenti di tengah jalan, tepatnya di 30% pemindaian.

Pertama, tentu saja saya memindai kembali kode QR tersebut.

Namun terdapat tulisan yang mengatakan bahwa "kartu tersebut telah digunakan di perangkat lain. Harap hubungi operator anda untuk informasi lebih lanjut".

Hal tersebut membuat saya  kecewa, karena hanya HP saya yang mendukung e-SIM tersebut juga keyakinan bahwa sayalah pemindai pertama dari kode QR itu. Yang mana seharusnya saya dapat kembali memindai kode QR e-SIM tersebut hingga berhasil registrasi di telepon genggam saya.

Saya segera mencoba menghubungi layanan konsumen via percakapan aktif dengan agen Maya yang aktif dalam situs web AXIS.

Akan tetapi, informasi yang diberikan bersifat normatif dan kurang koheren dengan masalah yang saya alami. Bahkan, tiket keluhan saya diberikan status "selesai" secara sepihak oleh AXIS, meskipun masalah belum selesai.

Tidak berhenti di situ, saya mencoba melakukan panggilan kepada layanan konsumen AXIS.

Ketika menelepon nomor yang tertera di web, nomor tersebut hanya menyampaikan kata "terima kasih", tanpa memberikan kesempatan kepada saya untuk berbicara secara langsung kepada agen.

Sebagai solusi terakhir, saya mendatangi XL Center di Kota Cimahi, Jawa Barat.

Disini saya mendapatkan fakta yang mengejutkan dari pihak petugas layanan konsumen. Petugas tersebut mengatakan bahwa "Sebenarnya, terjadi masalah nasional untuk proses penerbitan kode QR e-SIM. Masalah ini terjadi sejak awal Maret hingga 25 Maret 2024. Hal itu disebabkan oleh migrasi sistem yang dilakukan oleh pihak XL."

Selain itu, petugas tidak dapat memastikan kapan sistem akan kembali pulih dan dapat melayani pelanggan secara maksimal.

Lalu saya pulang dengan tetap membawa masalah e-Sim tersebut.

Dari pemaparan di atas, timbul pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

1. Mengapa tidak ada informasi yang disebarkan kepada publik tentang gangguan klaim e-SIM ini?

2. Dapatkah pihak AXIS (atau XL Axiata) berkenan untuk memberikan tanggal pasti penyelesaian proses migrasi sistem?

3. Serta dapatkah pihak AXIS memberikan informasi tanggal saya dapat memperoleh kode QR baru untuk klaim bonus bundling dari Samsung Galaxy A55 5G ?

Sekian permintaan klarifikasi berserta narasi masalah yang saya hadapi.

Kiranya pihak AXIS dan XL Axiata berkenan memberikan informasi lebih lanjut terkait dengan solusi bagi masalah saya. (AZR)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps