Telkomsel
Home > Informasi > Telekomunikasi > Telkomsel Flash Unlimited Menjebak

Telkomsel Flash Unlimited Menjebak


1213 dilihat

Beberapa bulan lalu, saya membeli paket Telkomsel Flash bundle dengan modem (0821-9076 2***). Paketnya adalah unlimited dengan gratis pemakaian selama 3 bulan. Kartu dan modemnya di-set oleh penjualnya, sehingga saya bisa langsung menggunakannya. Setelah lewat 3 bulan (dan internet tidak bisa dipakai), tanggal 9 Juli 2012, saya mengisi pulsa sebesar Rp 200 ribu, dan kemudian Rp 300 ribu pada tanggal 12 Juli 2012, dengan harapan saya tidak perlu mengisi pulsa lagi untuk beberapa waktu ke depan. Akan tetapi, sudah hampir 2 minggu ini, saya tidak bisa menggunakan internet lagi. Kemudian saya menghubungi pihak Telkomsel untuk menanyakan hal ini, dan jawaban dari Telkomsel mengejutkan sekali, yaitu bahwa tidak ada pulsa di nomor saya. Pihak telkomsel mengatakan bahwa setelah 3 bulan, saya harus melakukan re-aktivasi telkomsel flash, kalau tidak, maka otomatis akan dikenakan biaya layanan data regular, dan semua ini ada tertulis di stater-pack. Kalau saya tidak membaca, maka yang saya alami adalah kesalahan saya 100% dan saya harus menanggung itu.

Saya benar-benar terkejut dan merasa dibodohi oleh Telkomsel.

1. Stater Pack. Adalah kesalahan saya tidak membaca stater pack dengan detail, tetapi kalaupun saya membaca-nya, apakah saya akan tetap mengingatnya setelah 3 bulan kemudian? Bagaimana jika ada paket 6 bulan gratis atau 1 tahun gratis dan orang membeli? apakah mereka akan ingat apa yang tertulis di-stater pack 6 bulan atau 1 tahun kemudian. Menurut saya kok tidak. Apalagi jika mereka seperti saya yang pemakai biasa dan mesti dibantu oleh penjualnya untuk memasang simcard dan setting modem.

2. Starter Pack mengatakan, tanpa re-aktivasi telkomsel flash, maka pulsa yang akan dikenakan adalah pulsa data regular. Menurut saya ini, hal ini yang benar-benar menjebak pemakai. a. Paket yang saya beli adalah telkomsel flash unlimited. Sesuai namanya (UNLIMITED), saya berasumsi ini adalah product telkomsel khusus untuk koneksi internet (dan memang kita tidak perlu aktivasi kartu ke 4444). Ketika saya mengisi pulsa (200rb dan 300rb), saya juga berasumsi charge yang dikenakan adalah charge paket UNLIMITED, yang kalau kita lihat diwebsite-nya Telkomsel, ada 3 paket Rp 50.000, Rp 100.000 dan Rp 200.000. Tetapi tidak, charge yang dikenakan adalah charge data regular (Rp 5/kb). Hal ini karena saya belum re-aktivasi paket FLASH UNLIMITED. Kalau begitu, kartunya jangan dinamakan UNLIMITED FLASH, karena perilakunya seperti simcard SIMPATI/HALO biasa, yaitu charge internetnya sama dengan data regular. b. Jika setelah masa 3 bulan berakhir, dan paket flash unlimited mesti di-reaktivasi, maka akan lebih FAIR bagi pengguna, jika koneksi internet tidak dibuka sebelum re-aktivasi meskipun pulsa sudah diisi. Atau kalau ingin memudahkan pengguna (koneksi internet otomatis terbuka setelah isi ulang), maka telkomsel bisa mengenakan biaya dari salah satu paket telkomsel FLASH UNLIMITED, sesuai dengan nama kartunya, FLASH UNLIMITED, bukan dikenakan biaya data regular. Pengguna akan lebih sadar dan maklum karena memang paket yang dipunya dan yang diisi ulang adalah FLASH UNLIMITED.

3. Biaya dengan rate data regular yang dikenakan ke paket FLASH UNLIMITED itu mungkin hanya tercantum di stater pack yang kecil, dengan tulisan/huruf yang kecil dan mungkin tidak disimpan. Saya tidak menemukannya di tempat yang lebih permanent seperti http://www.telkomsel.com/flash-unlimited. Hal ini mestinya tertulis di website bagian petunjuk pemakaian. Jangan hanya tertulis: "Berlangganan (diperpanjang otomatis ketika masa aktif paket habis)". Ini bisa menyesatkan.

4. Saat ini, saya yang mengalami hal ini, tetapi saya yakin sebelumnya pasti banyak yang mengalami dan kemungkinan besar hal ini akan terulang lagi untuk pemakai yang lain lagi dimasa datang. Semoga telkomsel bisa memperbaiki sistemnya dan tidak menyebabkan hal ini terulang.

Salam,

Sujud Sunawan
Jl Cucur Timur 13 Blok C7 No 12, Bintaro Sektor 4
Tangerang Selatan




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps