3 Tri
Home > Informasi > Telekomunikasi > Provider Tri Rekayasa

Provider Tri Rekayasa


1209 dilihat

Kemarin pada hari Lebaran, saya posisi di Jakarta mencoba untuk bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan calon istri (Tias) dan calon mertua saya di Cirebon. Bukan untuk sombong-sombongan tapi untuk menjalin silahturahmi. Ide saya adalah menggunakan internet untuk video call jadi kami semua bisa berkomunikasi tatap muka. Tias bilang saat ini adiknya terakhir menggunakan internet modem dengan provider dari Tri dan akan beli pulsa nanti sore.

Menjelang sore ternyata dapat kabar dr tias bahwa toko pulsa tutup, jadi saya meminjam kepada bapak untuk transfer pulsa dari Mobile Banking untuk no Tri di 089670353759 (hanya buat internet) Rp 50.000 pada jam 18.29 kemudian berhubung Tias lupa dan tidak ingat info untuk melakukan registrasi paket internet, terpaksa langsung menggunakan modem untuk periksa info paket ke situs tri di http://www.tri.co.id; baru terkoneksi ke internet langsung check situs nya, sewaktu masuk ke menu product tiba-tiba sinyal hilang, inisiatif sewaktu sinyal hilang check pulsa. Wah Pulsa tinggal Rp 39 ribu-an, Tias panik langsung pergi ke ATM untuk melakukan isi Pulsa lagi sebesar Rp 50.000 , sampai di rumahnya dia terpaksa me-reload situs Tri, untuk melihat cara untuk melakukan isi paket Tri. Namun baru terbuka full menu ke dua yaitu “Prabayar” langsung sinyal mati lagi dan tidak bisa koneksi ke internet. Setelah Check pulsa …. “loooh kok?” kata Tias “pulsa tinggal Rp 11 ribuan aja loh”. Sigap Tias menelpon ke call center mempertanyakan kenapa pulsa nya habis, Call center menjawab “karena ibu tidak menggunakan layanan paket internet” Kesal Tias berkata “Saya ini abis pulsa untuk melihat situs Tri untuk dapet info cara daftar internet!! Jadi begini cara nya Tri!?” langsung telepon di matikan.

Sesudah menceritakan itu, berkali – kali Tias minta maaf karena gagal mempertemukan kedua orang tuanya kepada bapak dan ibu saya, karena koneksi internet gagal. Tias merasa malu karena pulsa pertama yg di berikan oleh bapak saya pasti menunjukkan keseriusannya untuk melakukan video call. Oke Lanjut ke masalah Internet, saya mencoba menyelidiki kenapa pulsa bisa boros kan Cuma buka situs provider sendiri, masa gitu? Saya Tanya ke Tias apakah menggunakan Torrent atau Download Manager saat penggunaan modem, ternyata tidak sama sekali, hanya buka untuk liat situs Tri saja. Wah saya semakin curiga, saya check situs Tri di rumah cepet terbuka (ya iyalah internet kabel! Ngedip sebentar juga selesai), kemudian sembari cari2 info cara langganan paket internet bagaimana yah, kok info nya susah banget di cari ga user friendly, trus kalau pake google chrome scroll javanya tdk maksimal membuka info paket, Mozilla sih oke saja yah. Kemudian saya mencari pembanding, masa iya sih situs Tri yg lain begitu, trus ketemu nih http://www.three.com/ ada pilihan situs Tri tiap Negara.

Tiba – tiba baru inget ini ukuran file situsnya berapa?? Aku coba save as.. situs Tri.co.id kok lama yah… pas selesai liat properties foldernya, ini yg buat situs siapa yah? Baru halaman depan aja filenya hanya “6.24 Mega bite” saja loooh, buka menu product ada jeda pilih product kembali 6 Mega-an lagi, apalagi kalau saya tepaksa reload kalau internet terputus total hanya 24Mega saja untuk buka situs Tri menuju info cara untuk langganan internet waw harga yg sangat menakjubkan pintar sekali cara berbisnisnya, memang situsnya menggunakan system template jadi sekali buka yg 6 Mega-an pertama, yg lain tampak sama kecuali content/isi, tapi sayangnya untuk orang awam terbiasa kalau koneksi error/putus pasti di reload tidak menggunakan pilihan “back” pada browser jadi ya download 6 mega-an lagi, yg membuat saya terpukau buka situs provider Tri sendiri 6 Mega-an *geleng2 terselubung skali kesengajaannya. Saya hanya mau liat info saja tidak untuk download gambar2, trus buka situs Tri Negara lain paling gede Negara Osterreich 1,2 Mega-an sisanya di bawah 800Kb.

Perbandingan ini bukan SARA kan product yg di bahas sama yah. Saran dan kritik saya :

1. Apa saja 10 situs popular yg bebas diakses user Tri Nomer satu adalah situs sendiri. Mau di bawa kemana sih pelanggan kalau ga tau info produk? Oh iya google, oh iya tapi kan balik lagi ke situs provider.

2. Info itu jelas penyampaiannya, ga perlu deh di pake jpg, png, buat apa? Ga susah kok nyuruh ngetik buat content. Karena saya liat masih banyak pake gambar berat dari pada di ketik atau pake css buat menghias situs.

3. Produk buagus murah meriah nantangin… service tidak sesuai target… mau akses info aja berbelit2, klik gambar dulu baru klik info selanjutnya di gambar sebelah… Ribet! Masukin aja semua infonya, biar scroll ke bawah dan tiap judul paket di bikin huruf besar, yg di cari text layanannya bukan gambar pemanis buatan yg bikin susah.

4. User Friendly, mudah di akses oleh semua pengguna Tri (terutama) dengan min 3 browser besar seperti google chrome, internet explorer (masih ada peringatan untuk script nya!? Ya ampun sekelas Internasional Tri), mozilla, kalau Opera males testnya lebih berat, maaf yah harus di gurui dan di ulang2 lagi dengan arti yg sama, kemarin saya baru saja mendengar Tias menangis malu karena video call, dengan berusaha menggunakan internet Tri dengan paket2nya yg begitu menggiurkan tapi malah dirugikan.

5. Info harus lebih jelas, kalau mau langganan paket a daftar kemana langganannya paket b daftar ke mana baru jelasin manfaat, slogannya “pake internet a,b,c ga pernah basi…” saya Cuma bisa bilang “basi banget kalau tidak tahu cara langganannya” seharusnya nomer satu penjelasan adalah bagaimana cara berlangganan paket tersebut di situs resmi tri sendiri, jangan kasih komentar “Tanya aja sama toko penjualnya” . itu pembodohan namanya.

6. Kalau internetan ga pake paket itu brp yah Rp/kb nya di cari ga nemu di situs nya. “cari aja di google!?” yang jualan siapa yang jelasin siapa…

7. “Oh situs nya masih dalam perbaikan…” kalau dalam perbaikan jangan di launching dong masa musti di ajarin juga sama saya yg amatiran.

8. Panjang banget nih, bisa2 saya kuliahin cara bikin situs yg mudah dan gampang di akses, ga usah bagus amat tapi pelanggan jelas mau kemana tau musti kemana.

9. Minta maaf sama Calon saya Tias + Calon mertua di Cirebon.

10. Saya tidak meminta pulsa kembali tapi minta waktu dan kejadiannya di putar lagi sehingga Tias tidak di permalukan hanya karena tidak bisa berlangganan Paket internet Tri

Andy Aditya Sastrawikarta
Jl. Pinang Raya no 7
Jakarta Selatan




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps