TELKOMSEL
Home > Informasi > Telekomunikasi > Jebakan Roaming Internasional Telkomsel

Jebakan Roaming Internasional Telkomsel


1250 dilihat

Pada tanggal 30 Mei 2012, saya dan suami mengaktifkan Unlimited BB Roaming Paket Data ASIA untuk wilayah Singapore dengan biaya Rp 120 ribu untuk 3 hari. Setting telah kami lakukan sesuai dengan petunjuk dari Call Center yang saya hubungi pada tanggal 29 Mei 2012, dimana setting untuk NETWORK SELECTION MODE adalah “MANUAL” dan MOBILE NETWORK adalah “SINGTEL”. Namun ketika menerima Billing Statement pada tanggal 23 Juni 2012, terdapat Biaya International Roaming total senilai Rp 575 ribu yang terjadi pada tanggal 31 Mei 2012 mulai pukul 13:32 WIB.

Komplain langsung saya lakukan ke Call Center pada tanggal 23 Juni 2012 (#5034268 dengan Arul) dilanjutkan pengecekan detail billing statement ke Grapari pada tanggal 24 Juni 2012 (#5037457 dengan Rio), dimana saya meminta dilakukan investigasi dan perbandingan dengan tagihan suami saya yang juga menggunakan operator Telkomsel untuk HPnya namun tidak terkena International Roaming, padahal pada 31 May 2012 pukul 13:32 WIB atau 14:32 Waktu Singapore, kami sama-sama berada di tempat yang sama (Snow City) dimana HP disimpan dalam locker karena tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk (Tiket Snow City masih kami simpan).

Pada tanggal 1 September 2012, kami menerima Surat ‘Hasil Pemeriksaan Billing’ dari Telkomsel tertanggal 1 Agustus 2012 Nomor: 234239/SV.05/SJ.11/II/2012 yang ditandatangani oleh Deni Wahyuni, Head of Service Management yang menyatakan bahwa biaya GPRS International Roaming dinyatakan valid dikarenakan “walaupun Pelanggan telah memilih mode manual pada pilihan jaringan, tidak menutup kemungkinan akan berubah menjadi mode otomatis kembali, bila tidak memilih ‘NO’ pada informasi di select automatic mode when manual selected network is not available”. Sehingga sinyal di BB dapat berpindah ke Operator Starhub yang tidak bekerja sama dengan Telkomsel. Hal tersebut di atas tidak pernah diinformasikan ketika kami menanyakan petunjuk setting sebelum berangkat ke Singapore.

Untuk memastikan, pada tanggal 2 September 2012 pukul 08:20, kami mengecek ulang dengan menelpon Call Center Telkomsel menanyakan setting Unlimited BB Roaming Paket Data ASIA (Singapore), dimana Call Center Vira tidak menyebutkan perihal “select automatic mode when manual selected network is not available”. Telkomsel, janganlah mengambil keuntungan dari Pelanggan dengan cara seperti ini, mengenakan biaya extra, padahal Pelanggan telah menjalankan semua settingan yang dijelaskan oleh Call Center Telkomsel. Surat ini terpaksa saya kirim melalui Suara Pembaca, karena upaya keberatan atas Surat Jawaban Telkomsel, ditolak oleh Call Center bernama Reyhan pada tanggal 1 September 2012 pukul 19:15.

Menurut keterangannya kalaupun complain diajukan lagi, maka hasilnya akan ‘mentah’ dengan jawaban yang sama, karena hasil penyelidikan sudah final dan valid. Saya menunggu itikad baik telkomsel untuk mengecek ulang semua rekaman pembicaraan call center yang telah saya sebutkan di atas, dan menghubungi saya, karena saya sangat keberatan untuk membayar tagihan ini. Dan lelah bolak-balik menghubungi Call Center, Customer Service Grapari, dan Kasir Grapari dengan antrian yang panjang.

Mahmudah
Jl. Kramat II No.54-A
Kwitang - Jakarta Pusat




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps