Bank BTN
Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Angsuran KPR BTN tidak Bisa Turun?

Angsuran KPR BTN tidak Bisa Turun?


5592 dilihat

Saya membeli rumah di Villa Mutiara Gading 3, L.09 No.20, Bekasi pada November 2007 dengan fasilitas KPR Bank Tabungan Negara dengan suku bunga kredit pada waktu itu sebesar 13,25 persen per tahun. Suku bunga bersifat mengambang ( floating ), yang artinya cicilan akan naik jika suku bunga naik dan asumsi saya juga berlaku sebaliknya, cicilan akan turun jika suku bunga turun.

Pada bulan April 2009, angsuran KPR saya naik karena ada kenaikan suku bunga kredit di Bank BTN menjadi 13,75 persen per tahun tetapi tahun - tahun berikutnya suku bunga kredit pada Bank BTN berangsur turun hingga saat ini pada level 10,45 persen per tahun ( sesuai dengan yang tertulis di website Bank BTN http://www.btn.co.id ). Tetapi kenyataannya, walaupun suku bunga kredit terus turun, angsuran KPR saya tidak pernah turun.

Saya pernah menghubungi BTN cabang Bekasi via telpon pada tanggal 11 Juni 2012, dijelaskan oleh petugas bagian KPR bahwa suku bunga memang sudah turun tetapi itu hanya berlaku untuk nasabah baru / aplikasi kredit baru saja. Apakah ini berarti sistem bunga mengambang ( floating ) hanya mengenal penyesuaian angsuran bila suku bunga naik dan tidak sebaliknya ? Mohon penjelasan dari pihak Bank BTN. Terima Kasih.

Herman
Perum Bulevar Hijau Blok G1/2
Bekasi




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps