Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Dinyatakan Kedaluwarsa, Saldo Kredit Air Asia Rp 16 Juta Hilang

Dinyatakan Kedaluwarsa, Saldo Kredit Air Asia Rp 16 Juta Hilang


199 dilihat

Karena pembatalan penerbangan akibat pandemi Covid-19, tiket yang sudah saya beli diubah menjadi saldo kredit (credit account) di aplikasi Air Asia pada 20 Mei 2020 sebesar sekitar Rp 28 juta. Saya pernah menggunakan saldo tersebut pada 23 Maret 2022 sebesar sekitar Rp 1a1 juta sehingga masih ada sisa sekitar Rp 16 juta.

Ketika saya periksa pada hari Sabtu, 10 Juni 2023, ternyata saldo tersebut secara sepihak dinyatakan kedaluwarsa pada 20 Mei 2023 dan tidak bisa saya gunakan. Artinya, Air Asia telah merampas uang konsumen yang dititipkan dalam bentuk saldo kredit tanpa pemberitahuan. Saldo kredit berbeda dengan poin hadiah (reward point).

Saldo kredit adalah uang milik konsumen, sementara poin hadiah adalah bonus atau insentif dari perusahaan kepada konsumen karena telah berbelanja atau melakukan sesuatu. Perusahaan berhak menetapkan kedaluwarsa pada poin hadiah, tapi tidak untuk saldo kredit.

Tindakan Air Asia tersebut tidak etis dan berpotensi melanggar hukum. Saya telah mencoba saluran layanan konsumen Air Asia di Twitter dan WhatsApp namun hanya bertemu robot yang menjawab sesuai template tanpa memahami masalah. Saya menunggu itikad baik Air Asia untuk menyelesaikan masalah ini.

Dadi *****@****.***








Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps