Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Transaksi Fraud Tetap Dibukukan Walau Kartu Kredit Terblokir

Transaksi Fraud Tetap Dibukukan Walau Kartu Kredit Terblokir


135 dilihat

Saya merupakan pengguna kartu kredit BNI tipe platinum sejak 2012, saya memiliki dua jenis kartu dengan tipe platinum yang berbeda payment gatewaynya.

Pada 25 November 2021, salah satu kartu BNI saya mengalami transaksi fraud pada Apple Store Korea, dengan total transaksi 1.230.000 Korean Won atau setelah dikonversi ke Rupiah menjadi IDR 15.044.939.

Saat transaksi fraud terjadi, saya mendapat notifikasi dari BNI SMS Banking dan Email.

Saya langsung memeriksa statement transaksi kartu via aplikasi BNI Credit Card, pada aplikasi tersebut dinyatakan telah diblokir, kemungkinan besar karena transaksi fraud ini.

Untuk konfirmasi, saya menghubungi BNI Call pada 1500046 dan mendapat konfirmasi dari CS bahwa kartu memang telah diblokir dan transaksi masih dalam keadaan menggantung atau tidak settle.

Saya tanyakan juga apakah saya perlu membuat surat sanggahan, jawaban CS saat itu adalah tidak perlu.

Namun, pada 29 November 2021 betapa terkejutnya saya saat memeriksa kembali status kartu melalui aplikasi BNI Credit Card, saya menemukan bahwa transaksi fraud tersebut telah dibukukan pada kartu yang terblokir.

Saya menghubungi kembali pihak BNI Call dan diminta untuk membuat surat sanggahan oleh CS.

Saya bersikeras bahwa seharusnya transaksi tidak dibukukan karena kartu telah diblokir, jawaban CS hanya seperti robot dan mengarahkan untuk membuat surat sanggahan.

Pada 29 November 2021 malam hari, saya telah mengirimkan surat tersebut via email ke bnicall@bni.co.id.

Sungguh mengherankan sistem BNI, mengapa transaksi tetap dibukukan walaupun kartu telah terblokir dan transaksi juga dinyatakan mencurigakan oleh CS.

Saya cukup percaya diri untuk menjaga kemanan transaksi keuangan saya, latar belakang saya adalah pekerja dan pengajar di dunia IT, serta pernah mengelola keamanan sebuah payment gateway.

Saya tahu bagaimana harus menjaga keamanan transaksi saya, lalu bagaimana dengan keamanan verifikasi transaksi dari BNI sendiri ?

Ini adalah fraud saya yang kedua selama menggunakan kartu kredit BNI, Fraud pertama di tahun 2015 dan baru diketahui ketika cetak billing, karena pada tahun itu belum ada notifikasi via email dan sms.

Namun, pada fraud pertama pelayanan BNI cukup memuaskan dan saya tidak menerima tagihan apapun dari transaksi fraud tersebut.

Baru tahun ini seakan pelayanannya menurun, mohon tanggung jawab dan bantuan pihak BNI.

Terima kasih. (SUC)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps