Bank Permata Tbk
Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Bunga KPR Bank Permata yang Tidak Turun

Bunga KPR Bank Permata yang Tidak Turun


1020 dilihat

Saya adalah nasabah Bank Permata untuk fasilitas KPR atas rumah keluarga kami sejak 2008. Suku bunga yang relatif kecil dan flat untuk waktu tertentu (9,65% selama 3 tahun) adalah salah satu alasan kami saat menetapkan Permata sebagai penyedia KPR bagi kami. Proses yang tidak bertele-tele dan relatif cepat serta kesigapan customer service dalam melayani kami selama ini membuat kami tidak segan untuk memperkenalkan Bank Permata kepada kolega kami. Setelah masa 3 tahun flat rate selesai, kami mendapatkan "kado" yang cukup besar yaitu kenaikan bunga menjadi 12,50%. Melalui negosiasi akhirnya kami mendapatkan suku bunga yang selalu diperbarui setiap waktu tertentu (per 3 bulan) sebesar 11,50% mengikuti perkembangan pasar, demikian menurut perwakilan Bank Permata yang kami temui di Bank Permata Merdeka Bandung.

Nyatanya sejak tahun 2012 ini, saya membaca berita bahwa Bank Indonesia telah menurunkan besaran bunga (BI Rate) sampai 5,75% (per 12 Juli 2012). Beberapa bank telah menyesuaikan besaran bunga yang dibebankan kepada pelanggannya dengan menurunkan mengikuti trend dari Bank Indonesia ini. Tetapi Bank Permata tidak demikian. Sampai Juni 2012 menurut situs Bank Indonesia, Bank Permata menerapkan suku bunga sebesar 11,50% untuk sektor KPR. Padahal seperti informasi yang saya sebutkan di atas, Bank Indonesia menetapkan untuk mempertahankan suku bunga sebesar 5,75%.

Sebagai konsumen yang tidak pernah bermasalah dalam memenuhi kewajiban terhadap KPR di Bank Permata, harapan saya dan keluarga adalah kiranya dewan direksi Bank Permata lebih bijaksana dalam menjangkau konsumen. Alih-alih dengan program yang bersifat seremonial (semacam Family Gathering) atau apapun yang bertujuan mendekatkan konsumen dengan Bank Permata, menurunkan suku bunga terutama bunga KPR sejalan dengan kebijakan Bank Indonesia adalah hal yang lebih konkret dan membumi demi menarik konsumen.

Konsumen lama yang terpuaskan dengan kebijakan ini pastilah akan dapat melakukan "gethuk tular" kepada calon konsumen lain. Ini adalah bentuk iklan yang paling berhasil guna dibanding segala bentuk seremonial dan iklan di media massa. Demikian masukan dan harapan saya sebagai konsumen fasilitas KPR dari Bank Permata. Penurunan sebesar 1-1,5% cukup signifikan dalam besarannya terhadap keluarga kecil semacam keluarga kami dan keluarga lainnya.

Salam,

Alexander Pratomo
Jingga Nagara 23
Kotabaru Parahyangan Bandung




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps