Home Credit Indonesia
Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Home Credit Indonesia Sangat Mengecewakan

Home Credit Indonesia Sangat Mengecewakan


85194 dilihat

Saya adalah salah satu konsumen Home Credit Indonesia. Pada bulan Oktober 2014 yang lalu saya membeli handphone Samsung KZoom di Oke Shop Margo City dengan fasilitas kredit dari Home Credit Indonesia dengan nomor konsumen 3402358740. Berdasarkan kesepakatan Jadwal Pembayaran Angsuran Bulanan seperti tercantum dalam kontrak sebagai berikut:

Angsuran ke-1 tanggal pembayaran yang diminta 30 Nov 2014 (yang sudah dibayarkan di tanggal 29 Nov 2014), tidak ada masalah, tidak ada telepon penagihan setelah pembayaran dilakukan.

Angsuran ke-2 tanggal pembayaran yang diminta 31 Desember 2014 (sudah dibayarkan di tanggal 30 Desember 2014).

Untuk Angsuran ke-3 belum saya bayar karena berdasarkan kontrak, tanggal pembayaran yang diminta untuk angsuran ke-3 adalah 31 Januari 2015 dan seterusnya sampai dengan angsuran ke-9.

Pada tanggal 4 Januari 2015, setelah beberapa kali menerima telepon penagihan dari debt collector Home Credit, saya kirimkan bukti transfer pembayaran via atm dan foto buku tabungan yang menunjukkan saya sudah melakukan pembayaran angsuran ke-2 tsb pada tanggal 30 Desember 2014 ke email *****@****.*** (hal ini sesuai dengan saran dari Customer Service HC di 29539600).

Kemudian mendapatkan reply email dari pihak HC untuk mengirimkan cover buku tabungan yang mereka bilang untuk memudahkan pengecekan. C over buku tabungan saya kirim di tanggal 10 Januari 2015.

Akan tetapi sampai detik ini saya menuliskan Surat Pembaca ini, pihak debt collector dari HC masih terus meneror dengan telepon penagihan. Baik ke hp saya, ke hp kakak saya, dan ke rumah. Dalam satu hari puluhan kali menelepon dengan cara bicara yang kasar dan tidak beretika pula. Sebagai konsumen yang sudah melaksanakan kewajiban untuk membayar sebelum jatuh tempo tentu saja saya sangat kecewa dan marah.

Saya sudah beberapa kali menghubungi Customer Service HC untuk meng-clearkan masalah ini. Terakhir pada hari Minggu 11 Januari 2015, karena perilaku debt collector HC semakin tidak menyenangkan (telepon dari pagi hari sampai malam dan semakin kasar pula bicaranya), pihak CS HC hanya memberikan 2 saran berikut:

1. CS menyarankan saya mengangkat saja telepon dari debt collector HC sampai konfirmasi pembayaran dari pihak BCA mereka terima, dengan alasan pihak CS tidak bisa menghubungi pihak Debt Collector HC karena berbeda divisi dan memiliki peraturan masing-masing.

2. CS menyarankan saya untuk "mengulang" membayarkan kembali uang sebesar angsuran tiap bulan yaitu IDR615,000 dengan janji ketika konfirmasi pembayaran yang sudah saya lakukan di tanggal 30 Desember 2014 sudah HC terima, maka pembayaran "pengulangan" tersebut akan dianggap sebagai pembayaran angsuran ke-3 atau akan mereka kembalikan ke rekening saya (terserah saya nantinya).

Dua saran yang menurut saya sangat bodoh dan terkesan seenaknya sekali. Masalah HC belum menerima konfirmasi dari pihak BCA seharusnya adalah masalah internal antara HC dengan BCA. Saya sebagai konsumen HC sudah melaksanakan kewajiban saya untuk membayar dan melaporkan bukti pembayaran saya sesuai permintaan HC.

Saran untuk sementara ini terima saja telepon dari debt collector HC pun amat sangat saya tolak, apalagi untuk melakukan pengulangan pembayaran. Satu masalah ini saja belum selesai. Apa jaminannya mereka akan kembalikan uang saya kalau konfirmasi BCA sudah diterima atau uang tersebut akan dianggap sebagai pembayaran angsuran ke-3?

Bisa-bisa di bulan berikutnya lagi-lagi saya akan menerima teror penagihan dari debt collector HC. Harap pihak Home Credit Indonesia segera menyelesaikan permasalahan ini.



Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps