Mohon Penjelasan Asuransi Prudential Syariah



Home > Finansial > Asuransi > Mohon Penjelasan Asuransi Prudential Syariah

576 dilihat


Jakarta - Saya peserta Asuransi Prudential Syariah dengan nomor polis 31343738. Pembayaran polis dilakukan dengan melakukan pendebitan langsung melalui kartu kredit.

Pada akhir 2009 kartu kredit saya habis masa berlaku sehingga pembayaran tidak berhasil didebit dan fihak Prudential Syariah sudah membuat surat pemberitahuan. Kartu kredit dengan masa aktif baru (dengan nomor sama) baru saya aktifkan di akhir Januari.

Saya sempat berbicara dengan agen asuransi saya dan dijelaskan bahwa sistem biasanya akan otomatis kembali mendebit. Saat itu saya sudah merasa tidak ada lagi masalah. Ternyata dugaan saya salah. Prudential Syariah kembali mengirim surat yang memberitahukan bahwa masa leluasa akan berakhir.

Segera saya telepon Prudential Customer Line. Tapi, tidak berhasil karena hari itu hari Sabtu. Hari itu juga, tanggal 13 Februari 2010, saya segera mengirim email ke Customer Service Prudential Syariah. Email itu kemudian dibalas pada tanggal 17 Februari 2010 yang menyatakan bahwa tanggal masa berlaku kartu kredit saya pada sistem sudah diperpanjang dan akan melakukan pendebitan dari kartu kredit untuk pembayaran polis selama 2 bulan yang
tertunggak.

Kembali saya merasa sudah tidak ada masalah lagi. Tiba-tiba pada akhir Maret 2010 agen saya menghubungi dan memberitahukan bahwa hingga saat itu pembayaran polis saya masih tertunggak. Saya kaget karena merasa persoalan sudah dibereskan sesuai dengan email balasan Customer Service.

Kemudian saya cek transaksi kartu kredit dan memang pihak Prudential Syariah belum pernah memotong pembayaran polis saya hingga saat itu. Sehingga, total sudah 4 bulan pembayaran polis saya tertunggak. Kemudian saya bertemu dengan agen Prudential Syariah dan menyerahkan fotokopi email, dan pada pertemuan berikutnya menyerahkan fotokopi kartu kredit.

Pada pertemuan itu juga saya menyampaikan bahwa saya keberatan apabila saya diharuskan untuk membayar 4 bulan langsung pembayaran polis yang tertunggak, karena sudah bukan kesalahan saya. Agen Prudential Syariah berjanji akan menyampaikan keberatan saya tersebut pada pihak Prudential Syariah dan meminta saya untuk menunggu kabar berikutnya.

Sambil menunggu kabar, tiba-tiba saya terkejut ketika mengecek saldo kartu kredit ternyata berkurang cukup banyak. Segera saya cek, ternyata ada potongan dari Prudential Syariah sebanyak polis saya yang tertunggak (4 bulan) dengan sekali potong dan tanpa ada konfirmasi dulu.

Segera saya telepon Customer Service pada tanggal 13 April 2010. Pada saat itu saya mempermasalahkan pemotongan langsung dan email customer service terdahulu yang akan memotong kartu kredit ketika pembayaran masih tertunggak 2 bulan.

Setelah menunggu cukup lama, ternyata yang terjadi lebih mengejutkan. Customer service menyatakan polis saya sudah ter-cancel (entah apa maksudnya) dan tidak mengetahui kenapa kartu kredit saya masih didebit.

Dia juga menyatakan bahwa proses pendebitan kartu kredit saya sesuai pemberitahuan email 17 Februari 2010 gagal dilakukan. Setelah itu customer service menyatakan akan mempelajari dulu masalah itu dan akan mengabarkan ke saya apabila sudah ada kabar.

Sampai saat ini saya masih belum memperoleh kabar apa-apa dari Prudential Syariah. Bersama ini juga saya ingin menanyakan kepada pihak Prudential Syariah beberapa hal:
1. Mengapa tidak ada pemberitahuan ketika gagal melakukan pendebitan kartu kredit di bulan Februari 2010, sehingga saya merasa sudah tidak ada masalah lagi.
2. Mengapa langsung mendebit 4 bulan sementara permintaan saya untuk tidak langsung memotong 4 bulan tidak digubris. Padahal ini bukan sepenuhnya kesalahan saya (lihat poin 1).
3. Kalau memang polis saya sudah ter-cancel, mengapa masih harus didebit?

Mohon kiranya pihak Prudential Syariah dapat memberikan penjelasan. Terima kasih.

Luthfie Akmal M
Griya Anggraini Blok D2 No 19 Citeureup Bogor
feidarum@gmail.com
08158129629



(msh/msh)




Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan





jasa foto produk
Sebelum request penghapusan artikel mohon request penghapusan kepada sumber terlebih dahulu, jika belum solved / terhapus kami akan abaikan

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini