Jaya Proteksi dan Hyundai Para Pemuja Kelambatan



Home > Finansial > Asuransi > Jaya Proteksi dan Hyundai Para Pemuja Kelambatan

352 dilihat


Jakarta - Saya membeli 1 (satu) unit Hyundai Avega pada tahun 2009 dan langsung diproteksi dengan asuransi all risk dari Jaya Proteksi. Secara umum saya puas dengan kinerja kendaraan tersebut maupun dengan pelayanan pasca penjualan saat servis rutin yang sebagian besar saya lakukan di Hyundai Margonda Depok.

Tanggal 26 Agustus 2010 mobil tersebut mengalami musibah saat saya kendarai. Sebuah truk yang lepas kendali menabrak kami dari belakang. Beruntung kami tidak cidera dan kami pun merasa beruntung mobil tersebut dilindungi Asuransi Jaya Proteksi yang baru saja mendapat penghargaan sebagai asuransi yang memuaskan.

Hari itu juga saya membawa mobil yang masih bisa dikendarai ke Kantor Jaya Proteksi Kelapa Gading untuk pengajuan klaim. Mobil disurvei saat itu juga oleh Bapak Ari. Dan, dengan sejumlah pertimbangan, terutama pertimbangan kepraktisan dekat dengan kantor, keesokan harinya saya membawa mobil tersebut ke Top Motor. Salah satu bengkel rekanan Jaya Proteksi.

Saat itu sudah dijelaskan bahwa mobil tidak mungkin selesai sebelum Lebaran. Saya bisa memaklumi mengingat saat itu sudah menjelang libur Idul Fitri. Semua orang sedang bersiap pulang kampung.

Namun, permakluman saya ternyata membuat Jaya Proteksi terkesan berlambat-lambat menangani klaim. Pihak bengkel sudah mengerjakan bagian pekerjaan mereka sejak awal November namun finishing belum bisa dikerjakan karena spare part belum disediakan oleh pihak Jaya Proteksi.

Bahkan, beberapa spare parts yang sudah ditulis sendiri oleh Jaya Proteksi dalam hasil surveinya ternyata tidak disediakan dan dicoret oleh pihak Jaya Proteksi, sehingga pihak bengkel harus mengajukan lagi (itu pun setelah saya tanya baru pihak Jaya Proteksi mengatakan bengkel harus mengajukan lagi. Jika tidak maka Jaya Proteksi hanya diam saja. Tidak berkoordinasi dengan bengkel).

Mulailah saya harus membuang energi dan waktu serta menghabiskan pulsa untuk membuat Jaya Proteksi menyediakan spare part. Bahkan, saya pun harus ikut mencari sendiri karena vendor Jaya Proteksi kesulitan memperoleh spare part.
???????
Kesabaran saya sudah habis saat pihak bengkel (Top Motor) mengajukan sekali lagi list bagasi (sudah pernah diajukan pada survei pertama) kepada pihak Jaya Proteksi tanggal 15 November 2010. Ternyata pengajuan itu baru diorder pihak rekanan Jaya Proteksi (PT Surya Kencana indah) kepada Hyundai Motor Indonesia Pondok Ungu (HMI Pusat) tanggal 26 November 2010.

Dengan janji barang tersedia dalam 14 hari sampai saat ini atau 20 hari kerja (jika Sabtu dihitung kerja) atau 16 hari kerja (jika Sabtu dihitung libur) atau 25 hari kalender? spare part yang dibutuhkan tidak juga datang. Jaya Proteksi mengusulkan supaya mobil diambil saja sambil menunggu list bagasi. Tetapi, saya menolak karena bagasi masih 'menganga' tanpa list-nya, dan saya tidak mau keluar uang untuk ke dokter gara-gara saluran napas terganggu saat mengendarai mobil yang 'bolong' tersebut. Asap dan air hujan dipastikan masuk dengan kondisi seperti itu.

Jaya Proteksi yang berlambat-lambat membuat barang terlambat diorder, ditambah dengan kelambatan Hyundai menyediakan spare part di tengah gembar-gembor jaminan spare part membuat mobil saya sudah merayakan Lebaran dan Lebaran Haji di bengkel saja.

Mungkin sebentar lagi mobil tersebut akan merayakan Natalnya juga di bengkel. Atau bahkan sekalian merayakan pergantian tahun baru karena banyak pemuja kelambatan yang seharusnya mengurus dia ternyata lebih suka menikmati indahnya berlambat-lambat.

Sayangnya, saya bukan golongan pemuja kelambatan, dan saya menghendaki mobil segera diselesaikan. Empat bulan bukanlah waktu yang sebentar untuk memperbaiki bagasi penyok. Setelah menjadi korban sundulan truk saya pun harus menjadi korban kelambatan pihak asuransi yang sudah saya bayar untuk (seharusnya) memproteksi properti saya.

Krist Haksa WAA
Permata Arcadia B3/21
Sukatani Cimanggis Depok
kristhaksa@yahoo.com
08128282806


(msh/msh)




Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan





jasa foto produk
Sebelum request penghapusan artikel mohon request penghapusan kepada sumber terlebih dahulu, jika belum solved / terhapus kami akan abaikan

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini