Home > Transportasi & Fasilitas Umum > Transportasi Udara > Proses Refund Tiket Sepihak Oleh AirAsia Merugikan Konsumen

Proses Refund Tiket Sepihak Oleh AirAsia Merugikan Konsumen


328 dilihat

Saya memiliki dua tiket AirAsia pulang pergi CGK-DMK dengan kode booking CRTG5Y dan R5764Q, yang issued di tanggal 11 Maret 2020. Untuk penerbangan pada tanggal 28-31 Maret 2020. Karena adanya pandemi Covid-19 dan pembatalan semua penerbangan rute internasional oleh AirAsia, maka saya sudah 4 kali melakukan perubahan jadwal dengan jadwal terbang terakhir adalah 26-28 Maret 2021.

Karena hingga akhir Maret 2021 untuk AirAsia rute CGK-DMK belum juga beroperasi, maka di tanggal 26 Maret 2021 saya berinisiatif untuk mengajukan perubahan jadwal kembali melalui Customer Support AirAsia (AirAsia Virtual Allstar/AVA Live Chat). Saat itu saya tersambung dengan petugas bernama Irwan F yang mengatakan bahwa kedua tiket saya sudah ada pengajuan refund dari pihak travel agent.

Karena tujuan menghuungi Customer Support AirAsia adalah untuk mengajukan perubahan jadwal dan tidak pernah mengajukan refund, maka saya meminta untuk membatalkan proses refund tersebut. Namun petugas mengatakan tidak bisa membatalkan proses refund dan hanya dapat meneruskan kepada tim terkait agar dicek lebih lanjut.

Pada tanggal 28 Maret 2021 saya mendapat email jawaban dari AirAsia bahwa kasus pengaduan saya telah ditutup dan dipersilakan menghubungi travel agent untuk memfasilitasi proses refund lebih lanjut.

Setelah itu saya beberapa kali mengirimkan email kepada AirAsia untuk meminta penjelasan dari lebih lanjut, namun hingga surat ini saya tulis tidak pernah ada jawaban dari AirAsia. Seolah AirAsia lepas tangan dan pihak konsumen menjadi pihak yang lemah dan dirugikan.

Untuk itu mohon solusi terbaik dan adil serta tanggung jawab dari AirAsia, dimana saya dirugikan karena pembatalan penerbangan oleh AirAsia dan tiket direfund sepihak tanpa sepengetahuan/persetujuan saya. Dimana dana refund juga tidak bisa saya terima karena pihak ketiga (travel agent) tempat saya membeli tiket sudah tidak bisa dihubungi.

Victor 08128308353

Keluhan diatas belum ditanggapi oleh pihak terkait






Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps