Home > Transportasi & Fasilitas Umum > Pos, Freight & Jasa Kurir > Pergantian Klaim Ganti Rugi JNE Tidak Jelas

Pergantian Klaim Ganti Rugi JNE Tidak Jelas


192 dilihat

Saya melakukan pengiriman dengan nomor resi 090010023403023 berupa sampel larutan dalam dua buah tangki jerigen sebanyak 40 liter milik perusahaan pada tanggal 01 Maret 2023 bertempat di kantor pusat JNE Palembang dan saya disuruh untuk mengambil jasa packing kayu untuk menjaga pengiriman yang mana saya setujui sebesar Rp 460.000.

Adapun sampel yang saya kirimkan untuk kerja sama dengan Instansi BRIN. Beberapa hari sesudahnya saya melakukan pengecekan pengiriman karena barang tidak kunjung datang dan ternyata barang dinyatakan bocor, setelah melaporkan kepada pihak customer care JNE saya dijanjikan untuk diberitahu perihal pengiriman yang mana saya dihubungi oleh ibu Dwi selaku pihak JNE pusat Palembang.

Diinformasikan bahwa paket bocor dan banyak larutan yang tumpah namun ibu Dwi mengatakan bahwa karena kondisi jerigen masih memiliki larutan akan dilakukan pengiriman, dimana sayapun protes dan saya diberikan form klaim pergantian barang.

Setelah melengkapi dokumen-dokumen yang diminta seperti nominal barang dan ID, proses penggantian barang diberitahukan ibu Dwi bahwa akan sebesar 10 kali dari biaya pengiriman. Selanjutnya pada pertengahan Maret saya diberitahukan bahwa biaya pergantian barang bukan sebesar Rp. 4.600.000 melainkan Rp. 3.100.000 dikarenakan biaya packing kayu tidak tercakup dalam pergantian, sayapun menyetujui dengan harapan masalah segera selesai dan proses pergantian dapat dilakukan.

Saya kemudian kembali dihubungi oleh ibu Dwi kembali dan beliau memberitahu bahwa pergantian barang tidak bisa sebesar Rp. 3.100.000 melainkan Rp. 400.000, sayapun disini kembali protes karena pihak JNE saya rasa plin plan dan tidak konsisten mengenai masalah pergantian.

Ibu Dwi mengatakan bahwa karyawan yang melakukan pencatatan harga barang menulis harga barang sebesar Rp. 400.000 dan saya protes dimana saya sudah memberikan harga acuan barang serupa (yang nilainya sebesar ± Rp. 6.000.000). Sayangnya, menurut ibu Dwi dikarenakan biaya harga diatas biaya pengiriman saya disalahkan dikarenakan tidak mengambil jasa asuransi.

Saya kemudian disuruh untuk menemui pihak JNE pusat di Palembang untuk berdiskusi dimana saya tidak menyanggupi karena sedang posisi bekerja, adapun saya menawarkan alternatif untuk melakukan pertemuan di tempat kerja saya ataupun pihak JNE yang keberatan untuk menghubungi saya melalui telepon yang mana kedua opsi tersebu t ditolak oleh ibu Dwi dari perwakilan JNE Palembang.

Adapun saya disuruh untuk melakukan jalan tengah untuk negosiasi harga dimana saya harus menegosiasi harga berapa yang harus diganti oleh pihak JNE Palembang asalkan tidak sebanyak 10 kali lipat biaya pengiriman dikarenakan menurut pihak JNE Palembang pergantian maksimalnya adalah 10 kali lipat dan mereka tidak menolak untuk mengganti barang sebanyak nominal tersebut.

Beberapa hari sesudahnya saya dihubungi oleh pihak JNE Palembang dan saya diminta untuk memberikan bukti mana yang menyatakan bahwa pihak JNE akan menggantikan sebesar 10 kali lipat dikarenakan JNE hanya melakukan pergantian maksimal sebesar 10 kali lipat biaya pengiriman. Sayapun mengirimkan bukti screenshot dari DM twitter JNE customer care perihal pergantian biaya dan mencoba menghubungi JNE customer care via telepon.

Adapun jawaban dari telepon mengambang (ada yang mengatakan 10 kali lipat namun meminta konfirmasi dan ada yang bilang maksimal sebesar 10 kali lipat). Sayapun dihubungi oleh pihak JNE Palembang dan dikembalikan pada posisi negosiasi pergantian harga oleh pihak JNE Palembang dimana saya merasa lelah mengapa tidak diganti sebesar 10 kali lipat biaya pengiriman saja sesuai informasi awal.

Melalui surat yang saya tulis, saya harapkan selain mengirimkan surat komplain dari perusahaan ke JNE, pihak JNE mau memberikan penjelasan mengenai pergantian barang yang nilainya berubah-ubah akibat nilai pergantian sebesar maksimal 10 kali lipat biaya kirim.

Danang *****@****.***








Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps