Home > Transportasi & Fasilitas Umum > Pos, Freight & Jasa Kurir > Buruknya Pelayanan dan Berbelitnya Proses Klaim Kerusakan Barang Dakota Cargo

Buruknya Pelayanan dan Berbelitnya Proses Klaim Kerusakan Barang Dakota Cargo


78 dilihat

Pada 16 Oktober 2021, saya mengirimkan barang dari Tangerang dengan tujuan ke Luwuk Timur, saya menggunakan jasa pengiriman barang Dakota Cargo dengan nomor resi 313102021A001137.

Barang tersebut di packing peti sepenuhnya oleh pihak Dakota Cargo cabang Tangerang Selatan, dengan biaya tambahan packing peti.

Namun, barang sampai di alamat tujuan pengiriman pada 11 November 2021 dalam kondisi yang memeprihatinkan.

Saat itu disaksikan dan didokumentasikan bersama oleh pihak penerima dan pihak Dakota Cargo (driver pengantar barang), barang rusak, patah dan bahkan tali baja pun sampai putus.

Saya meminta pertanggungjawaban atas kelalaian pihak Dakota Cargo yang menyebabkan barang rusak parah.

Dapat saya informasikan bahwa barang tersebut bukan jenis barang yang mudah pecah belah, apalagi sudah menggunakan packing peti yang dilakukan langsung oleh pihak Dakota sendiri.

Selanjutnya, saya mengajukan klaim penggantian kerusakan sesuai syarat dan ketentuan yang merujuk pada website resmi Dakota 

Link : https://www.dakotacargo.co.id/syarat_dan_ketentuan.asp 

Saya mengajukan sesuai yang dipublikasikan, yaitu penggantian kerusakan 10 kali biaya kirim.

Meski penggantian tersebut sebenarnya tidak cukup untuk mengganti total kerugian yang dialami.

Akibat kelalaian dari Dakota Cargo mengharuskan saya keluar biaya tambahan, seperti biaya perjalanan tim saya ke Sulawesi Selatan untuk perbaikan kerusakan, penggantian sparepart, dan juga uji fungsi alat yang semestinya tidak perlu terjadi jika barang tidak rusak.

Saya sudah selesaikan perbaikan tersebut pada 26 November 2021, saya juga sudah menginformasikan total biayanya ke pihak Dakota Cargo cabang Tangerang Selatan.

Proses klaim terbilang sangat panjang dan berbelit, dari 11 November 2021 sampai dengan saat ini proses penggantian klaim belum juga selesai.

Pihak Dakota Cargo divisi klaim malah mencari kesalahan saya dan barang tersebut.

Terakhir kami terima surat pada 21 Desember 2021, yang menginformasikan bahwa itu bukan kesalahan penangan dari tim mereka, Dakota Cargo hanya bersedia mengganti penggantian 5 kali biaya kirim.

Lebih lucu lagi, penggantian 5 kali biaya kirim itu dibayarkan dalam bentuk voucher potongan untuk biaya pengiriman selanjutnya.

Sungguh saya sangat kecewa dengan pelayanan, tanggung jawab, dan solusi klaim dari Dakota Cargo.

Padahal visi misi perusahaannya bagus meskipun dalam hal ini tidak sesuai.

Terima kasih. (SUC)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps