Home > Perdagangan > Toko Online > Kecewa dengan Layanan Shopee

Kecewa dengan Layanan Shopee


563 dilihat

Saya memiliki toko di Shopee dengan userid: padma_flora. Saya medapatkan order tanaman hidup dengan nomor pesanan 220207TPEP1EPP.

Pesanan dibuat pada 7 Februari 2022 dan telah saya kirimkan pada 9 Februari 2022 melalui ekspedisi SiCepat.

Pada 14 Februari 2022, barang sudah diterima pembeli. Namun pembeli menginformasikan bahwa produk diterima dalam kondisi rusak.

Pembeli mengajukan permintaan pengembalian dana per tanggal 14 Februari 2022, dengan nomor ID pengembalian 220214145660490.

Untuk proses pengajuan pengembalian dana saya ajukan ke Shopee, karena jika saya langsung terima pengajuannya maka Shopee akan memberikan poin penalti kepada toko saya.

Pada saat itu, pihak mediator Shopee meminta saya mengirimkan bukti bahwa produk dikirimkan dalam kondisi baik. 

Namun, saya sengaja tidak mengirimkan bukti yang diminta Shopee sebagai bentuk pertangung jawaban seller kepada pembeli, karena rasa kekecewaan tidak bisa diganti.

Jika sesuai peraturan, seharusnya pembeli memahami dan menyetujui segala risiko yang ada, karena barang berupa tanaman hidup dan tujuan pengiriman yang sangat jauh.

Kekecewaan saya terjadi karena pada 15 Februari 2022 pukul 12.15, saya mendapatkan notifikasi bahwa pengembalian dana disetujui dan ternyata pembeli menggunakan SPayLater, sehingga saldo penjualan saya dipotong oleh Shopee sejumlah Rp11.475 karena biaya admin.

Saya mempertanyakan, kenapa ini hal ini bisa terjadi?

Namun CS Shopee tidak bisa menjelaskan, hanya bisa memberikan harapan bahwa semoga hal ini tidak terjadi lagi, dan diulang-ulang kembali bahwa jika dana pengembalian disetujui maka akan dikembalikan.

Saya paham mengenai hal tersebut, namun pertanyaan saya adalah, kenapa saldo penjualan saya justru dipotong, padahal saldo dari pembeli dengan nomor pesanan 220207TPEP1EPP belum masuk ke saldo penjualan?

Saya rasa Shopee tidak transparan dalam hal biaya dan lain-lain.

Gencarkan biaya star hanya 4.5% tapi pada kenyataan tidak seperti itu, sudah kena biaya admin ada biaya layanan dan ada biaya administrasi juga.

Sungguh sangat mengecewakan, berbeda dengan marketplace lain yang lebih transparan untuk biaya adminnya. (IRA)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps