Home > Perdagangan > Toko Online > BukaLapak semena mena terhadap pelapak

BukaLapak semena mena terhadap pelapak


2393 dilihat

BukaLapak semena mena terhadap pelapakSaya pelapak di Bukalapak dengan id Yanna khusus berjualan sembako online. Mulai bergabung tidak lama sekitar akhir tahun 2017. Pada saat bergabung saya sama sekali tidak tahu apa2 soal voucher2 atau diskon2 apa yang sedang diadakan oleh BL. Yang saya tau saya buka lapak, orderan masuk sy proses. Cuman itu.
Pada awal januari saya tiba2 kebanjiran orderan. Orderan yg masuk mulai meningkat sedikit2. Saya pikir syukurlah dagangan saya laku biarpun untung tipis. Karena harga yg saya jual adalah harga REAL sesuai pasaran. Transaksi berjalan normal dan uang dibuka dompet BL setiap hari saya cairkan sesuai kebijakan BL hanya boleh mencairkan sehari 1x.
Hingga tiba pada tanggal 17 Januari 2018 pada saat saya menarik dana sejumlah Rp. 8.084.000 jam 8.48 malam. Saya tunggu 2x24 jam uang saya koq blm cair juga. Padahal sudah ada email dari bukalapak utk menunggu 2x24 jam. Berikut pic nyaBukaLapak semena mena terhadap pelapak
Dan kemudian buka dompet saya DIBEKUKAN tanpa ada pemberitahuan apapun. Saya email dan telp k CS nya dan di suruh untuk menunggu 7x24 jam.. Gila aja gan.. kita untung dapet dikit2 itu buat muter. Bayangin kalau uang kita ditahan, gimana kita mau beli barang coba?? Saya telp dan imel terus sampai 3 hari kemudian buka dompet saya dibuka kembali. Segera saya tarik tapi bisa agan lihat di pic dibawah.BukaLapak semena mena terhadap pelapak
Saya hanya bisa menarik sejumlah Rp. 25.650.000 dan masih tersisa Rp. 8.662.000.. Pada saat itu saya sudah bertanya2 kenapa tidak bisa diambil. Tapi karena kebodohan saya dan saya juga sdg sibuk pindahan rumah, paking barang dll saya coba untuk berfikir positif. Mungkin sdg ada masalah sama sistem BL makanya duit ketahan. Oke lah.. saya lanjut jualan sampai beberapa hari kemudian bukadompet saya kena beku lagi dan sekali lagi TANPA KEJELASAN APAPUN. Saya tidak tahu kesalahan Saya dimana dan apa. Saya telp dan imel lagi sampai akhirnya buka dompet saya dibuka lagi. Begitu on dan off terus. Hampir 2 hari sekali bukadompet saya dibekukan tanpa penjelasan.
Kemudian tanpa saya sadari dan seperti biasa TANPA PEMBERITAHUAN, di remit transaksi saya ada potongan sejumlah Rp. 27.000 dengan alasan "pengurangan nominal voucher karena menyalahi aturan penggunaan pada transaksi ..... "
BukaLapak semena mena terhadap pelapak
Hal ini tidak saya sadari hingga pada tgl 27 januari 2018 terjadi lagi pemotongan secara berturut2 sebanyak 4x sejumlah Rp. 30.000 dengan alasan yang sama. Hello Bukalapak... Kami hanya memproses orderan yang kalian kirim pada kami pelapak. Yang memakai voucher itu adalah buyer.. yang mendapatkan keuntungan itu juga buyer. Keuntungan kami per transaksi paling besar cuman 4rb dan kalian memotong keuntungan kami yang hanya secuil itu dengan potongan2 ga jelas.. yang bener aja loe... kalian nyediain voucher buat ngeramein website kalian tapi kami pelapak yang jadi korban. Kami hanya menerima uang sejumlah yang kami jual. Tidak ada keuntungan lain. Boro2 mau mainin voucher. Buat nyari barang dan paking aja kami uda kewalahan. Selain itu saya mulai melihat transaksi2 menyimpang yang sepertinya di sengaja oleh bukalapak.
Orderan yang di cancel oleh bukalapak dan uang dikirim kembali pada buyer padahal barang sudah dikirim ada 3 transaksi. Ni salah satunya..
BukaLapak semena mena terhadap pelapak
Sudah saya imel berikut dengan resi pengiriman dan barang sampai yg dikirimin oleh buyer tapi tidak ada tanggapan juga dari pihak bukalapak.

Status sudah completed padahal barang baru dikirim dan sesudah sampai buyer tidak bisa tekan konfirm sehingga uang tidak bisa masuk ke bukadompet saya.
BukaLapak semena mena terhadap pelapak
Sudah dibantu imel oleh buyer juga masi tidak ada tanggapan.

Status masih pending pickup padahal barang sudah dikirim. harus saya imel ketik satu persatu kirim ke cs nya.
BukaLapak semena mena terhadap pelapak

Karena terbentur pada weekend, senin siang t 29 januari 2018 kami ke kantor BL bagian anti fraud di Ampera Raya. Disana kami bertemu dengan Bapak Oka. Orangnya ramah dan waktu bertemu juga beliau mengatakan bahwa uang sejumlah 8jutaan yang ditahan adalah kesalahan mereka dan uang akan lgsg dicairkan hari itu juga. Pemotongan voucher yang tidak jelas sejumlah Rp. 147.000 akan dikembalikan dan status2 pengiriman yang masih menggantung akan diselesaikan. Dan Pak Oka juga mengatakan bahwa uang yang ditahan dan dipotong itu karena saya dicurigai menyalahgunakan voucher2 yang disediakan oleh BL. Dan karena saya terbukti tidak bersalah maka uang saya akan lgsg dicairkan. Saya langsung merasa lega. Hilang kekhawatiran saya dan saya berpikir orang BL ternyata baik2 semua. Pikiran2 jelek tentang BL itu salah semua.. oke kalau begitu. Saya pulang dengan hati tenang dan saya lanjut lagi membuka toko di BL yang sempat saya tutup 2 hari.
Saya tunggu 2x24 jam hal2 yang dijanjikan Pak Oka tidak juga terealisasi. Boro2 uang cair, bahkan tgl 31 january kemarin terdapat lagi potongan sejumlah 25.500 sebanyak 4x.
BukaLapak semena mena terhadap pelapak
Apalagi ini???!! Saya telp ke cs dan diangkat oleh cs Dian. Dan dijawab dengan "laporan ibu sudah kami kirimkan ke tim terkait. Mohon kesediaannya menunggu". Astagaaa... harus menunggu brp lama lagi saya? Saya bilang kalo tidak ada realisasinya segera akan saya laporkan ke YLKI.

Dan hari ini terpikir untuk saya menulis thread ini. Dengan harapan jangan ada lagi pelapak2 lain yang dibohongi, dikorbankan dan diinjak2 oleh BL. Saya yakin banyak pelapak yang jadi korban tapi tidak mau melapor dengan alasan yang bervariasi. Karena tidak mau memperpanjang masalah dan anggap buang sial saja tu duit atau buat beli peti mati nya BL. Atau mungkin ada yg sedang bersiap2 mengambil ancang2 menempuh jalur hukum.
Buat pihak Bukalapak, ingat ya.. kalian besar juga karena PELAPAK. Jangan kira kalian bisa semena2 terhadap kami. Itu duit yang kalian telan itu hasil jerit payah dan tetesan keringat kami. Apapun alasannya ANDA TIDAK BERHAK MENAHAN UANG KAMI DAN MELAKUKAN PEMOTONGAN SESUKA KALIAN TANPA ADA DASAR DAN BUKTI. Dan ini status terakhir remit transaksi saya saat saya menulis thread ini
BukaLapak semena mena terhadap pelapak
Bisa agan2 lihat, uang belum dibalikin sampai sekarang. Disini saya butuh kejelasan dari pihak Bukalapak soal kejelasan status uang dan transaksi2 saya.
Thanks kaskus sudah diberi kesempatan untuk sharing



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps