Tokopedia Online E-Commerce Online Shop Keluhan Marketplace
Home > Perdagangan > Toko Online > Pelayanan Penjual di Tokopedia tidak Profesional

Pelayanan Penjual di Tokopedia tidak Profesional


1207 dilihat

Hati-hati berbelanja di tokopedia, terutama untuk penjual dengan nama Toko Diskon Termurah.

Tanggal 26 September saya melakukan transaksi dengan nomor transaksi INV/20170925/XVII/IX/106010665. Spesifikasi produk yang tertulis adalah sticker berbahan oracal.

Lalu pada tanggal 27 September 2017, pesanan tersebut sampai ke tempat saya dan dikirimkan via GoSend. Karena kesibukan yang ada, jadi saya belum sempat untuk memasang langsung sticker tersebut. Baru pada tangal 10 Oktober, ketika saya akan memasang sticker tersebut di mobil saya, saya mendapati bahwa kualitas sticker yang dikirimkan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan di website, dimana bahan yang tertera di website adalah jenis bahan oracal, tetapi yang dikirimkan adalah jenis bahan asahi (kualitas di bawah oracal).

Sebagai pembeli yang mendapati barang pesanannya tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh penjual, wajar dong komplain.. dan penjual juga sudah mengakui bahwa spesifikasi barang yang dikirimkan adalah memang benar sticker berjenis asahi, bukan oracal. Alasan penjual adalah stock bahan oracal saat itu kosong, dan langsung dicarikan sticker dengan bahan di bawahnya TANPA ADA KONFIRMASI terlebih dahulu ke pembeli.

Melalui pesan pribadi via aplikasi toped, penjual pada saat itu menawarkan opsi untuk tukar barang dengan spesifikasi bahan oracal, tapi ada tambahan ongkos karena beralasan harga bahan naik. Bahkan penjual baru melakukan perubahan harga setelah saya melakukan komplain (dari sebelumnya 150rb, sekarang menjadi 210rb). Sebagai pembeli saya tidak mau ada tambahan ongkos di belakang, karena hak konsumen adalah membayar sebelum membeli. Lalu kejadian ini juga timbul karena kesalahan penjual yang tidak mengirimkan barang sesuai apa yang dia jual, jadi kesalahan murni ada di penjual.

Karena saya tidak mau ada tambahan biaya untuk produk tersebut, penjual lalu menawarkan opsi untuk mengembalikan mengembalikan produk dan refund dana, dengan catatan rating buruk yang sudah saya berikan beserta diskusi produk dirubah menjadi baik terlebih dahulu. Awalnya saya tidak setuju, karena hal tersebut bukan merupakan syarat resmi dari tokopedia. Lalu saya melakukan follow up juga ke CS Toped, dan pada tanggal 13 Oktober 2017 jam 23:33 WIB CS Toped bernama Felix menginformasikan melalui email bahwa laporan saya dengan nomor ticket “Kendala Pesanan INV/20170925/XVII/IX/1060106665/01360286” disebutkan bahwa penjual sudah bersedia mengembalikan dana via Toped dengan syarat diskusi produk dihapus dan rating penjual diubah (saya juga sudah memberikan konfirmasi by e-mail ke CS untuk pengembalian produk dan refund dana). Agen CS Toped bernama Diva juga menginformasikan pada e-mail berikutnya yang dikirim pada 14 Oktober 2017 jam 09:41 WIB bahwa dana penjual sudah diamankan sejumlah Rp 150.000, dan menginstruksikan kepada saya untuk melakukan pengembalian barang dan penghapusan ulasan pada penjual. Lalu saya melakukan pengiriman barang yang saya beli ke penjual pada tanggal 14 Oktober 2017, dan membalas e-mail (jam 10:33) untuk konfirmasi nomor resi pengiriman produk ke penjual.

Tapi pada tanggal 14 Oktober 2017, penjual memberitahukan kepada saya via pesan pribadi dan menyatakan bahwa dia menolak pengembalian barang yang saya kirimkan, dengan alasan saya tidak melakukan konfirmasi langsung kepada penjual. Lalu apa gunanya saya melakukan konfirmasi pengembalian via CS Tokopedia? Sampai saat ini penjual masih tidak mau menerima pengembalian barang dan melakukan refund, dan dari jawaban dari tim CS selalu memberikan jawaban template yang menggantung tanpa solusi.




Source : suratpembaca


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps