Suzuki
Home > Perdagangan > Dealer & showroom > Janji Palsu Dealer Suzuki Kalimalang

Janji Palsu Dealer Suzuki Kalimalang


1591 dilihat

Pada tanggal 5 Juli 2012 kami membeli 2 unit kendaraan yaitu Suzuki Splash dan Suzuki Karimun Estilo di Dealer Suzuki Kalimalang (PT. Sumberbaru Sentral Motor) yang berlokasi di Jl. Raya Kalimalang Blok M1 No.3A, Pondok Kelapa Duren Sawit Jakarta Timur. Saat itu kami dilayani oleh sales yg bernama Ibu Mega Indah (Ega), setelah deal dengan harga dan ketentuan yang dijelaskan kami membayar tanda jadi 1 juta rupiah per kendaraan. Dua hari kemudian tanggal 7 Juli 2012, Ibu Ega (pihak Suzuki) dan Bpk. Adi (pihak leasing KITA Finance) datang kerumah kami di Duren sawit dan kami membayarkan uang DP sejumlah Rp. 67,500,000 jadi total yg sudah diterima oleh Suzuki Rp. 69,500,000,-.

Saat itu kami hanya diberikan kwitansi biasa sebagai tanda terima uang DP. Kami dijanjikan kendaraan akan siap maksimal 1 minggu karena kendaraan ready stok dan dokumen penunjang STNK, Polis asuransi, kontrak leasing akan selesai maksimal 2 minggu. Karena kami menambah uang DP maka kami meminta invoice resmi dari Suzuki kepada Ibu Ega, dimana diinvoice tersebut seharusnya tertera total DP, jumlah yg sudah kami bayar dan sisa DP (penambahan) yg masih harus dibayar termasuk detail bank account untuk melakukan pembayaran. 1 minggu sesudahnya kami masih belum menerima invoice untuk penambahan DP, padahal menurut Ibu Ega DP harus lunas baru kendaraan bisa diantar.

Saat saya menghubungi Ibu Ega beliau mengatakan akan mengirimkan jumlah tagihan dan bank account melalui ‘SMS’ ke saya. Saya pun kaget bukan kepalang karena ini adalah jual beli resmi dan seharusnya pihak Suzuki mengeluarkan invoice atau kwitansi secara resmi perihal jumlah uang yang sudah diterima oleh Suzuki serta informasi jumlah balance untuk proses pembayaran selanjutnya. Setelah berdebat ditelepon ahirnya invoice dikirimkan kerumah saya tanggal 16 Juli 2012 (9 hari sesudah transaksi DP).

Saat malam saya terima invoice tersebut tidak tertera detail bank account untuk pembayaran jadi saya pun harus menelepon kembali menanyakan bank account ke Ibu Ega dan beliau menyuruh saya melihat di tanda terima konfirmasi pemesanan kendaraan, sangat tidak efisien cara kerjanya. Besoknya tanggal 17 Juli 2012 pagi penambahan DP saya lunasi via transfer dan sorenya Mobil Suzuki Splash saya terima. Namun Mobil Karimun baru diantar tanggal 19 Juli 2012. Pada saat kami tanda tangan kontrak kami diinformasikan bahwa pengurusan STNK adalah 30 hari bukan 2 minggu seperti janji Ibu Ega di kesepakatan awal. Kami pun kecewa karena yang kami dapatkan tidak sesuai dengan janji.

Saat kami tanya kapan persisnya STNK akan jadi Ibu Ega tidak bisa menjawab dan hanya mengatakan akan dikabari, hingga hari ini sudah 1 bulan lebih sejak kami membeli 2 unit kendaraan Suzuki tidak ada kabar apapun mengenai STNK mobil kami. Sampai kapan kami harus menunggu STNK & Plat mobil resmi? Kami menunggu tanpa kabar dan pihak Suzuki tidak memberikan informasi apapun ke kami. Kami sudah lelah menelepon yg lebih sering tidak dijawab dan kalaupun dijawab maka hanya diberi janji “nanti akan dikabari”. Seperti inikah standard service kepada customer Suzuki?

Masalah berikutnya, saat kami membeli 2 mobil Suzuki tersebut diatas, sedang berlangsung event PRJ dan kami mendapatkan cabutan hadiah Voucher belanja senilai Rp. 500,000 per unit mobil jadi kami berhak atas 2 Voucher total Rp. 1,000,000,- . Di spanduk/flyer yg terpampang di stand Suzuki dan tercantum dalam iklan selebaran, jelas tertera bahwa hadiah tersebut adalah “Hadiah Langsung”. Namun saat kami tanyakan ke sales harus menunggu PRJ selesai baru bisa di klaim, kami sudah memberikan bukti bahwa kami mendapatkan hadiah Voucher ke Ibu Ega sejak tanggal 7 Juli 2012 saat beliau datang ke rumah kami.

Sampai hari ini sudah 1 bulan lebih “Hadiah Langsung” tersebut tidak ada kabar beritanya, apakah ini yg disebut sebagai “Hadiah Langsung” oleh Suzuki? Kemudian, kami sudah membayar uang premi untuk asuransi TLO 2 unit mobil yang kami beli, tapi seperti halnya masalah diatas sampai hari ini kami belum menerima dokumen polis asuransi. Kami hanya dikirimkan Copy Kontrak dari KITA Finance sebagai leasing dan 1 lembar Copy Sertifikat Polis yang kami terima tanggal 2 Agustus 2012.

Dimanakah dokumen polis asuransi kendaraan kami? Kami sudah menanyakan berulang kali ke Ibu Ega dan Bpk. Deni (Coordinator sales) tapi hingga hari ini tidak ada tanggapan apapun dari mereka, hanya janji “nanti dikabari kembali” Dengan nama besar Suzuki. Apakah hanya seperti ini standard service yang diberikan kepada customernya? Sungguh jauh dari standar kelayakan pelayanan pelanggan. Terima kasih.

Mirna Mardliah Aziz
Jl. Rawa Domba No. 62, Duren Sawit
Jakarta Timur




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps