CIMB Niaga
Home > Pemerintah > Sistem > CIMB Niaga Tidak Membantu Penipuan Kartu Kredit

CIMB Niaga Tidak Membantu Penipuan Kartu Kredit


8955 dilihat

Saya adalah salah satu nasabah baru Kartu Kredit CIMB Niaga. Pada hari Sabtu, 8 September 2012 pada pukul 15:07 WIB saya telah mengalami penipuan/penyalahgunaan kartu kredit yang saya miliki dengan kronologi sebagai berikut : Pihak penipu menelpon saya mengatasnamakan dari pihak CIMB Niaga bermaksud menyerahkan PIN dari kartu kredit saya dan menemui saya di rumah. Sekitar pukul 15:00 penipu datang ke rumah saya kemudian si penipu meminta saya menunjukan kartu kredit yang saya miliki yang katanya sebagai bukti penyerahan PIN, setelah itu penipu tersebut meminta saya menyerahkan foto kopi KTP sebagai bukti saya adalah pihak yang berhak menerima PIN, tapi ternyata ketika saya sedang mengambil foto kopi KTI penipu tersebut menggesek kartu (dengan menggunakan mesin portable) tanpa seizin saya, ketika saya tanya alasannya untuk verifikasi mengecek sisa saldo dan juga mengecek kartu saya aktif atau tidak.

Sebagai bukti penipu meninggalkan bukti pengecekan saldo (transaksi) dan sebuah registration form dan kartu keanggotaan Hotel Reservation yang katanya bonus dari pihak CIMB Niaga mendapatkan diskon untuk menginap di beberapa hotel, sedangkan PIN yang seharusnya saya terima tidak ada di dalam paket yang diberikan oleh si penipu. Karena sadar ada yang tidak beres akhirnya saya kembali menelpon nomor yang digunakan penipu untuk menghubungi saya dan tidak berhasil tersambung. Setelah kejadian (kira-kira 5 menit) saya langsung melapor ke 14041 untuk melakukan pembatalan atau pemblokiran, akan tetapi saya diminta menunggu 30 menit dengan alasan adanya gangguan jaringan.

Beberapa menit kemudian saya kembali melapor ke pihak CIMB Niaga lewat 14041 dan ternyata masih disuruh menunggu 30 menit kembali. Dan ternyata setelah saya menghubungi 14041 untuk ke-3 kalinya, transaksi sudah masuk dan saya tidak dapat membatalkan transaksi, bahkan saya diminta untuk menghubungi pihak penipu untuk membatalkan transaksi. Setelah saya menelpon Call Center yang ke-7 kalinya saya diminta untuk mengirimkan email yang berisikan Surat Pernyataan beserta bukti-bukti yang ditinggalkan penipu. Dan yang membuat saya kecewa adalah ternyata alamat email *****@****.*** yang diberikan oleh Call Center tidak benar, dan saya mendapatkan laporan gagal pengiriman ke alamat email tersebut oleh server email CIMB Niaga.

Akhirnya untuk kesekian kalinya saya menelpon Call Center dan jawabannya tetap sama, transaksi tidak dapat dibatalkan dan saya diminta untuk menghubungi toko tempat saya melakukan transaksi. Saya benar-benar putus asa dengan CIMB Niaga, yang merekrut orang-orang yang tidak berkompeten untuk Call Centernya. Sudah jelas-jelas penipuan dilakukan di rumah saya, tetapi saya masih juga diminta untuk menghubungi toko/penipu untuk membatalkan transaksi. Yang anehnya lagi pihak Call Center tahu bahwa penipu tersebut sebelum berhasil melakukan transaksi mencoba menggesek sebesar Rp 4.900.000 dan ternyata gaga karena saldo tidak cukup di kartu, dan tidak ada kontak dari pihak CIMB Niaga untuk verifikasi. Sehingga saya berasumsi bahwa pihak CIMB Niaga memang sengaja membiarkan atau membantu penipuan ini hingga berjalan mulus, mulai dari sengaja menunda pembatalan transaksi, memberikan alamat email palsu, hingga tidak ada kontak/peringatan dari pihak CIMB Niaga terhadap transaksi yang mencurigakan. Dan yang paling membuat saya curiga, bagaimana pihak penipu tersebut tahu kalau saya belum mendapatkan PIN untuk kartu kredit saya yang baru.

Untuk itu, melalui surat ini saya meminta kepada pihak CIMB Niaga untuk membatalkan transaksi sebesar Rp 2.850.000 , karena saya tidak merasa melakukan transaksi tersebut. Sebagai bentuk kekecewaan saya atas pelayanan CIMB Niaga maka saya meminta untuk menutup akun kartu kredit saya, dan saya akan membayar/melunasi segala tagihan transaksi sebelumnya. Saya juga tidak akan membayar transaksi yang dilakukan oleh penipu karena saya merasa tidak melakukan transaksi. Surat ini saya sampaikan melalui surat pembaca, karena saya sudah mencoba mengirimkan surat komplain dan gagal karena alamat email yang diberkan tidak benar. Saran saya untuk calon nasabah kartu CIMB Niaga agar berhati-hati terhadap pihak yang memanfaatkan situasi (misalnya mengirimkan PIN ke rumah) dan memiliki maksud tidak baik.

Hormat saya,

Kurnia Sari
Jl. Babakan Raya No.64 Rt.04 Rw.01 Desa Babakan Kec. Dramaga
Bogor




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps