Bank CIMB Niaga
Home > Pemerintah > Sistem > Dobel Debet Rekening CIMB Niaga

Dobel Debet Rekening CIMB Niaga


1851 dilihat

Pada tanggal 1 Juni 2012, saya melakukan transaksi pembayaran kartu Kredit CIMB Niaga sebesar Rp.1.221.000 melalui ATM CIMB Niaga di SPBU Pertamina Jl Yos Sudarso 8-10 Medan. Namun Pagi harinya saat saya melakukan pengecekan transfer di internet banking CIMB clicks terjadi double debet di rekening saya, yang mengakibatkan saldo saya berkurang sebesar 2 X Rp 1.221.000, keduanya dengan keterangan sama yaitu untuk pembayaran ke Kartu Kredit CIMB Niaga saya, saat itu pula saya tlp ke 14041, dan juga via email ke CIMB. serta mrk juga mengakui bahwa terjadi double debit pada rekening CIMB Niaga saya, untuk transaksi pembayaran Kartu kredit CIMB Niaga Visa Platinum 4284 1600 005x xxxx sebesar 2 X Rp.1.221.000.

Untuk memastikan , selanjutnya saya melakukan cek kembali ke ATM CIMB Niaga di SPBU Jl. Yos Sudarso, Medan. dan saya masih melihat saldo saya memang terjadi doble debet. Yang mengakibatkan saldo saya berkurang tdk sebagaimana mestinya. Selanjutnya pada saat 6 Juni 2012 ketika saya cek ulang, memang sudah dilakukan koreksi. namun demikian koreksi tersebut hanya menghilangkan salah satu transaksi doble debet tersebut, sedangkan tidak ada pengembalian saldo doble debet sebesar Rp.1.221.000. setelah saya lakukan penelusuran, terlihat perbedaan pada transaksi pada tanggal 23 Mei 2012, antara pencatatan CIMB yang mengakibatkan doble debet rekening saya sebelumnya dengan catatan CIMB setelah dilakukan koreksi.

ternyata koreksi dilakukan dengan cara melakukan pengurangan atas saldo saya per tanggal 23 Mei 2012, sejumlah Rp 1.221.000. Hal ini yang mengakibatkan saldo akhir rekening saya tetap sama baik sebelum dan sesudah dilakukan koreksi, sehingga CIMB tidak harus mengembalikan kelebihan pembayaran karena terlebih dulu saldo dikurangkan sesuai nilai doble debet. Padahal apabila tidak dilakukan pengurangan atas saldo saya per tanggal 23 Mei 2012, seharusnya akan menambah atau ada pengembalian ke rekening saya sebesar Rp.1.221.000

Pada tanggal 7 Juni 2012, saya melakukan konfirmasi langsung ke Cabang CIMB Bukit Barisan Medan, namun tidak bisa menjelaskan juga, penjelasannya satu sama lain berbeda, serta sifatnya masih kemungkinan, kondisi ini justru menunjukan tidak adanya koordinasi yg berakibat merugikan nasabah, juga menunjukan data CIMB Clics tidak reliable dan valid, serta realtime, sehingga bisa berubah setiap saat yang merugikan nasabah seperti saya.

Sungguh saya sangat menyayangkan hal tersebut, karena bussines bank dan lembaga keuangan dibangun atas dasar kepercayaan nasabah, namun akibat adanya system yang mnrt saya tidak reliable , dan tanpa sepengetahuan pemilik rekening, pihak Bank melakukan koreksi yang merugikan nasabah. Saya tidak bisa membayangkan hal ini kalau terjadi pada ribuan atau jutaan nasabah lainnya yang nilai transaksi mungkin puluhan atau ratusan bahkan milyard pada sistem yang sama.

Saya harapkan apabila memang ada itikad baik dari CIMB terhadap nasabah, mohon untuk dapat dikembalikan kekurangan saldo saya akibat doble debet tsb sebesar Rp.1.221.000, sekaligus mengembalikan kepercayaan saya selama 7 tahun sebagai nasabah, yang mempunyai beberapa produk tabungan, deposito, kartu kredit di CIMB Niaga, sehingga saya merasa aman dalam bertransaksi kembali di CIMB, karena kepercayaan dan keamanan bertransaksi menjadi modal utama business bank dan lembaga keuangan.

Marhendro Prasetyo
Komplek Perum Pertamina UPms I
Medan




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps