Home > Lain-Lain > Surat Terbuka > Surat Pembaca Untuk Lazada Proses refund sangat lama Kembalikan dana saya

Surat Pembaca Untuk Lazada Proses refund sangat lama Kembalikan dana saya


1330 dilihat

11 Juni 2019 saya membeli Gea - Freezer Box - AB 226 R- Putih, di toko bahagia elektronik yang merupakan salah satu seller di lazada, dengan order #276625871210885 sebelum nya saya sudah menanyakan ke pihak toko untuk pengiriman ke alamat saya, dan pihak toko memberikan informasi bahwa mereka bisa melakukan pengiriman ke alamat saya dengan jangka waktu 1-3 hari. Karena tidak ada metode COD ahirnya saya memutuskan untuk transfer melalui lazada. Setelah transfer pesanan pun langsung di proses dan tidak lama setelah di proses pihak seller melakukan konfirmasi alamat kemudian status pesanan saya sudah berubah menjadi pesanan telah di kirim, pesanan telah di pick up dengan menggunakan jasa kurir SOFP_ID. Saat itu saya agak curiga kok pesanan saya cepat sekali di pick up, tetapi saya masih berpikiran positif mungkin pas saya order pas dengan pick up kurir.

12 juni 2019 saya cek kembali pesanan saya, ternyata estimasi penerimaan produk adalah 2 - 9 juli 2019, saya konfirmasi lagi ke pihak toko dan mendapatkan jawaban bahwa itu hanya estimasi produk tetap akan sampai dalam waktu 1-3 hari. Besok nya 13 juni 2019 saya cek kembali status pesanan saya ternyata tidak ada perubahan status hanya sedang dalam pengiriman, ahirnya saya cari informasi mengenai toko tersebut dan ahirnya mendapatkan nomor telp toko nya. Saya langsung telp toko tersebut dan ternyata pesanan saya dibatalkan karena pihak toko tidak bisa mengirim ke alamat saya padahal saya sebelum nya sudah konfirmasi dulu. Kemudian saya minta pihak toko untuk membatalkan pesanan saya, mereka bilang bahwa mereka sudah membatalkan hanya tinggal menunggu dari pihak lazada nya saja.

Surat Pembaca Untuk Lazada : Proses refund sangat lama!! Kembalikan dana saya!!

Dari sini baru saya google masalah pembatalan sampai refund di lazada, dan ternyata banyak sekali kasus yang mirip dengan saya, dan dari yang saya baca saya harus sering-sering telp/chat dengan cs lazada supaya kasus saya segera di proses.

Ahirnya hampir setiap hari saya telp/chat dengan cs lazada untuk perubahan status pesanan saya, setiap saya chat hampir selalu diberikan jawaban yang sama yaitu sedang ditindak lanjuti, mohon menunggu, kami mohon maaf, dll. Ini benar-benar tidak membantu. Pihak lazada mengatakan bahwa mereka tidak bisa membatalkan pesanan saya karna status nya sudah dikirm, padahal saya sudah memberikan bukti chat saya dengan seller bahwa pihak seller sudah membatalkan. Saya rasa pihak seller pun melalukan kecurangan dalam hal ini, karena mereka melalukan perubahan status telah di pick up padahal barang sama sekali belum di pick up malah dibatalkan.

Tgl 21 juni, setelah 10 hari dari tgl pesanan saya status pesanan saya ahirnya sudah berbuah menjadi dibatalkan karna hilang dalam perjalanan, nah berarti kan seharusnya lazada dari awal bisa membatlkan pesanan saya, tetapi ini membutuhkan waktu yang sangat lama hanya untuk perubahan status pesanan.

Masalah tidak selesai sampai disini, pengembalian dana dari lazada tidak langsung ke rekening saya tetapi dalam bentuk voucher lazada. padahal sebelumnya saya sudah konfirmasi ke cs lazada bahwa saya menginginkan pengembalian dana langsung ke rekening saya, mereka beralasan saya belum melakukan pengisian form pengembalian dana, padahal saya sudah isi form tersebut dan saya juga sudah telp cs lazada untuk konfirmasi form tersebut.

21 juni 2019 setelah saya mendapatkan voucher tersebut saya langsung isi form pengembalian dana, tetapi tidak ada konfirmasi melalui pop up atau pun email tentang pengembalian dana ini, ahirnya saya chat dengan cs lazada dan mereka mengatakan bahwa form nya belum tersubmit, dan saya diminta untuk input manual di menu chat. Karena saya tidak yakin dengan cs tersebut saya email kembali cs lazada dan mereka meminta untuk mengisi kembali data-data rekening dengan di lengkapi foto ktp dan foto buku tabungan.

Seperti pengalaman orang-orang sebelum saya, setiap hari saya chat/telp cs lazada untuk mengetahui status pengembalian dana saya, seperti biasa jawaban nya hanya di tindaklanjuti, mohon menunggu,dll. Tetapi tetap saya telp/chat dari mulai nada rendah, nada tinggi m, mengancam dll.

26 juni 2019 saya mendapatkan email konfirmasi bahwa refund saya akan di proses pada tgl 27 juni 2019, dan akan membutuhkan waktu 3-7 hari untuk uang bisa saya terima di rekening. Saya sedikit lega pada tahap ini karena ahirnya refund saya di proses juga.

Dari tgl 27 juni saya tidak menghubungi cs lazada karena saya pikir sudah diproses dan akan segera masuk di rekening saya, tetapi setelah saya google lagi ternyata tidak semulus itu setelah diproses pun ternyata banyak yang dana nya belum masuk pada tgl estimasi yang dijanjikan. Mulai lah saya rajin kembali menghubungi cs lazada.

3 juli 2019 saya meminta bukti refund saya karena sampai tgl tersebut dana belum masuk di rekening saya, jawaban cs meminta saya untuk memunggu 2x24 jam, sampai tgl 5 juli tidak ada bukti refund atau pun uang masuk di rekening saya, saya telp kembali dan masih dengan jawaban yang sama yaitu menunggu 2x24 jam dan dijanjikan maksimal tgl 7 juli sudah mendapatkan bukti refund dan uang akan masuk di rekening saya.

Sampai saat saya menulis surat pembaca ini, 8 juli 2019 jam 11.15, belum ada bukti refund atau pun uang masuk di rekening saya. Sebelum nya saya telp kembali ca lazada dan mereka menjajikan akan memaksimalkan kasus saya dan dijanjikan hari ini paling lambat saya akan mendapatkan bukti refund dan uang akan masuk di rekening saya.

Well, saya akan tunggu bagaimana perkembangan hari ini, semoga uang saya bisa segera kembali dan semoga tulisan ini menjadi pembelajaran buat semua orang yang ingin berbelanja di lazada. Semoga tidak ada lagi yang mengalami hal serupa dengan saya.

Ini benar-benar pengalaman buruk saya belanja di lazada.

dan ini email terahir dari lazada

Surat Pembaca Untuk Lazada : Proses refund sangat lama!! Kembalikan dana saya!!


mohon maaf sebelumnya tidak bisa banyak menambah info dengan gambar karna saya lebih sering melakukan panggilan telp ke cs lazada

Update:
Tgl 10 Juni 2019, Alhamduliilah Akhirnya setalah 1 Bulan uang saya tertahan di Lazada, hari ini sudah masuk di rekening saya. Setelah kemarin saya di telp oleh cs lazada (kronologi ada di update komen) dan mereka bilang akan di proses ulang refund nya, dan tidak perlu menunggu 3-7 hari, buktinya 1 hari uang nya sudah masuk. jadi waktu tunggu 3-7 hari dari tgl 27 juni 2019 itu menurut saya hanya kebohongan saja, buktinya kalo beneran sudah di proses 1 hari pun langsung masuk.

Saya ucapkan terimakasih untuk kaskus, mimin juga momod. Karena saya rasa dengan memulis surat pembaca ini baru ada langkah yang nyata dari lazada untuk proses refund nya.

Bagi para pejuang refund lazada tetap semangat, jangan pernah menyerah untuk mendapatkan hak kita kembali, tips dari saya terus lakukan contact ke pihak lazada, baik di chat/email/telp juga mention di sosial media mereka, dan tulis surat pembaca seperti ini, menurut saya sangat berpengaruh.

Semoga kedepan nya tidak ada korban-korban lazada lagi seperti saya. dan sepertinya saya sudah kapok belanja di lazada lagi, semoga ini kasus saya menjadi pembelajaran bagi yang ingin berbelanja di lazada.

Terimakasih



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps