Home > Lain-Lain > Penipuan > Hati Hati Reparasi Handphone DI Tempat Gak Resmi

Hati Hati Reparasi Handphone DI Tempat Gak Resmi


34 dilihat
Halo semua agan agan dimari, ane mau share cerita ane dulu reparasi handphone di ITC Roxy Mas. Kejadianya sih udah lama, udah setahun lalu, tanggal 29 des 2019 ke awal 2020. Sebenernya ane pengen share ini dari dulu tapi kelupaan terus.

Jadi HP Asus MPM1 ane waktu itu rusak kena Bootloop gan, plus gak bisa connect ke PC juga (mantap banget kan combonya?). Karena garansi itu HP udah abis ane bawa lah tuh hp ke ITC Roxy Mas buat nyari tukang reparasi. Disitu ane keliling-keliling, trus nemu satu tempat reparasi namanya Star Service. Ane tanya disitu kenapa HP-nya, ane kasih HP ane itu ke satu orang teknisi disitu, terus si teknisi itu bilang rusak di eMMCnya. eMMC itu internal storagenya hape, kurang lebih kaya SSD kalo di komputer. Karena udah capek keliling keliling, terus frustrasi, trus ane udah pengen HP itu balik lagi seperti semula karena penting buat kerja juga, ane pilih lah buat reparasi disitu. Mereka bilang biayanya 550K, ane setuju dan ane tinggal lah tuh hp. Ini pertama kalinya sih ane servis barang elektronik di tempat gak resmi. Ane terpaksa pake HP lama ane Xperia E dari tahun 2013 yang udah lemot.

Perasaan ane udah gak enak gan pas pulang, trus ane searching di google banyak cerita horror tempat reparasi HP. Karena perasaan ane gak enak besoknya langsung ane kontak tuh tempat reparasi lewat WA, ane pengen tanya lagi ke teknisinya.
Ane telepon tuh tempat reparasi lewat WA, dan disitu dia bilang ternyata yang rusak bukan eMMCnya gan, tapi IC UFS. Jadi kata dia ternyata HP ane gak pake EMMC tapi UFS, dan UFS itu mahal, plus katanya dia mau pake alat buat programming. Dan dia minta naik biaya reparasinya dari 550K ke 1 juta lebih. Dia gak spesifik, cuma bilang biayanya bisa 1 jutaan.

Ane agak curiga sih, makanya ane searching deh tuh di internet, kebanyakan situs di internet bilangnya MPM1 itu pake eMMC, lebih tepatnya eMMC 5.1
Ane juga tanya tanya ke forum XDA Developer, dan ternyata itu hape emang pake eMMC, ane dikasih datanya segala macam, mereka bilang ane dikibulin.
Dan kebanyakan orang di situs ecommerce juga pada jualnya eMMC mpm1, gak ada yang jual UFS.

Ane chat lah lewat WA, ane tanya, apa ada kesalahan diagnosa? dia gak ngeles gan, dia suruh ane batalin aja:


Spoiler for reparasi:




Langsung ane kesana buat ambil tuh HP, waktu itu disana lagi banjir gan, tapi ane bela belain, daripada ada komponen yang dipretelin.
Pas disana si kampret itu gak ada, padahal mau gue semprot dia di depang orang orang. Trus ane ambil dan ane kasih tau kelakuan si kampret itu ke temenya, dan temenya tampangnya cuma lempeng aja.

itu aja sih gan, buat pelajaran buat yang lain. Kalo bisa dipelajari juga tentang spec barang elektronik biar gak kena kibul tukang reparasi.



Source : kaskus
Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan




SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
admin@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial