Indosat
Home > Informasi > Telekomunikasi > GPRS Indosat Matrix Mengecewakan dan Merugikan Pelanggan

GPRS Indosat Matrix Mengecewakan dan Merugikan Pelanggan


1304 dilihat

Saya pengguna indosat matrix bernomor 0816197****. Saya sangat kecewa dan tidak puas dengan cara kerja indosat matrix. Saya pelanggan IB Gaul Bulanan,dengan membayar Rp. 50.000 dapat menggunakan paket GPRS sepuasnya,dengan ketentuan akan diturunkan kecepatan akses nya ketika sudah melebih batas tertentu, tanpa penambahan biaya. Pada dua bulan pertama pemakaian bulan Desember 2011 dan Januari 2012 ,tagihan di tagihkan dengan jumlah yang benar,biaya GPRS yang saya pakai tidak ditagihkan karena saya sudah ikut IB Gaul Bulanan. Tetapi bulan Februari 2012 tagihan saya yang ditagihkan sebesar Rp 952.360. Pada rincian tagihan tertera pemakaian GPRS sebesar Rp 836.810 yang seharusnya di creditkan karena saya menggunakan layanan IB Gaul Bulanan.

Saya meminta konfirmasi ke CS Indosat di 111, dan CS yang melayani saya saat itu berkata untuk membayar dahulu tagihan sebesar Rp 952.360, dan dibulan depan akan diadjustment dengan tagihan bulan berikutnya. Saya menolak,karena itu merupakan kesalahan Indosat mengeluarkan tagihan yang seharusnya tidak sebesar itu saya bayarkan dan saya khawatir bagaiamana seandainya tetap ada kesalahan pada tagihan bulan depannya. Lalu CS Indosat mengatakan bahwa pembayaran dapat ditunda sampai dengan keluar tagihan bulan berikutnya yakni bulan Maret 2012.

Pada bulan Maret 2012 keluar tagihan yang terbaru yaitu sebesar Rp 254.556,setelah saya cek pada rincian tagihan tertera adjustment sebesar Rp 920.491 yang di creditkan, tetapi terdapat juga pemakaian GPRS sebesar Rp 156.312 yang kembali tidak di credit kan,padahal seharusnya tagihan tersebut dicreditkan karena saya menggunakan IB Gaul Bulanan. Saya kembali melakukan konfirmasi ke CS Indosat ke 111,meminta penjelasan tentang rincian tagihan yang sangat membingungkan orang awam.

Lalu CS Indosat menjelaskan kalau saya telah melakukan pembayaran pada bulan sebelumnya,sehingga dikurangi dengan biaya pemakaian sekarang. Tentu saja ini yang membuat saya tidak percaya dengan CS Indosat,mengapa CS tersebut salah membaca rincian tagihan saya,kalau CS Indosat saja bisa salah menjelaskan karena tidak mengerti,apalagi saya yang sebagai orang awam. Saya menelepon lagi CS Indosat,lalu CS kedua menjelaskan bahwa memang ada kesalahan pada rincian tagihan yang seharusnya pemakaian GPRS di creditkan. Lalu CS Indosat mengatakan akan merevisi tagihan tersebut hingga tagihan bulan depan keluar.

Kemudian pada bulan April 2012,kembali keluar tagihan pemakaian telepon, yang ternyata sebesar Rp 315.260 dengan penjumlahan Rp 60.704 + Rp 254.556 dimana sebesar 60.704 adalah pemakaian bulan April 2012 dan 254.556 adalah tagihan saya pada bulan sebelumnya. Mengapa tagihan yang masih salah (tagihan bulan Maret 2012) dijumlahkan ke tagihan saya yang bulan April 2012, jelas tagihan itu salah dan belum direvisi. Ini berarti Indosat telah 3 kali salah melakukan penagihan ini. Saya benar-benar sudah habis kesabaran,karena permasalahan ini, saya sudah berkali-kali dilakukan pemblokiran kartu matrix saya,sampai-sampai saya tidak bisa menghubungi CS indosat ke 111 menggunakan matrix saya.

Lalu pada 28 April 2012 saya datang ke Galeri Indosat di Pondok Indah untuk langsung melakukan konfirmasi berharap mendapatkan kejelasan,saya dilayani oleh CS Rini. Saat itu setelah dilakukan pengecekan yang lumayan lama yang katanya dikonfirmasi dahulu ke pihak billing,lalu CS Rini berkata bahwa akan dilakukan adjustment kembali, karena memang ada kesalahan,tetapi dengan tidak menggunakan paket data terlebih dahulu selama seminggu. Ini katanya supaya mempermudah melakukan adjustment.

Saya sempat bingung,mengapa sampai saat ini saya yang sangat dirugikan,sudah menghabiskan tenaga dan pulsa telepon untuk menghubungi CS indosat. Lalu disuruh untuk tidak menggunakan paket internet,padahal langganan IB Gaul bulanan saya tetap berjalan. Tetapi saya turuti karena saya juga ingin masalah cepat selesai. Setelah saya tanya ke CS Rini,mengapa masalah tidak teratasi padahal saya sudah menghubungi ke CS Indosat ke 111. Tetapi kata CS Rini karena saya baru datang ke Galeri Indosat, infonya adalah penanganan di Galeri Indosat berbeda dengan yang di 111,kalau di Galeri Indosat dapat langsung di investigasi (apakah saya telp ke CS di 111 tidak langsung di tangani?)

Setelah hampir seminggu tgl 3 Mei 2012 saya di hubungi oleh CS Indosat dari Pondok Indah,infonya saya sudah dapat menggunakan paket data,karena investigasi sudah selesai,dan saya diberikan rincian tagihan bulan Februari, Maret dan April 2012 melalui telepon,tetapi karena saya bilang,saya sedang dijalan,jadi minta untuk dikirimkan via email saya saja, CS Indosat menyanggupi dan akan mengirimkan email. Tetapi email yang saya tunggu tidak juga ada. Sampai pada akhirnya tgl 9 Mei 2012,kartu matrix saya diblokir,saya sedang ke luar kota Bali saat itu karena tugas kantor.

Dan saat itu sudah memuncak kekesalan saya terhadap Indosat, saya sedang di luar kota dan ponsel saya tidak dapat dipakai,bahkan telp ke 111 CS Indosat tidak bisa,sehingga saya harus meminjam ponsel teman kerja saya untuk telp ke CS 54388888. Saya belum mendapatkan konfirmasi pembayaran yang harus saya bayar,tetapi sudah dilakukan pemblokiran,yang mana bukan karena kesalahan saya, tetapi lagi-lagi saya yang dirugikan Baru pada tgl 10 Mei 2012 saya dikirimkan email rincinan pembayaran tertulis bulan Februari,Maret dan April 2012.

Yang dapat langsung dibayarkan di Galeri Indosat atau melalui atm tetapi yang tetera di mesin atm adalah tagihan sebesar Rp 315.260 dimana tagihan tersebut masih salah. Saya tidak mau membayar via atm karena tagihan bulan depan dikhawatirkan akan salah juga. Hari sabtu tgl 12 Mei 2012 saya datang ke Galeri Indosat kembali dilayani oleh CS Rini untuk melakukan pembayaran bulan Februari,Maret dan April 2012 masing-masing sebesar Februari 2012 Rp.31.869 Maret 2012 Rp.66.366 April 2012 Rp.60.704 Plus biaya admin Rp 5000 Dengan total Rp 164.000 Ini berarti Indosat sudah 3 kali salah membuat billing tagihan.

Pada bulan Juni 2012 saya menerima tagihan yang benar, karena GPRS tidak ditagihkan kembali, karena saya sudah di charge untuk IB Gaul Bulanan. Tetapi pada bulan Juli 2012, saya menerima tagihan sebesar Rp. 72.389, dengan perincian yang saya terima sudah ditagihkan Rp. 45.455 untuk IB Gaul Bulanan, dan Rp. 13.328 untuk biaya GPRS.

Kembali terjadi kesalahan penagihan karena seharusnya GPRS tidak ditagihkan kembali, tetapi karena hanya Rp. 13.328 sedangkan waktu dan tenaga yang saya gunakan untuk mendatangi galeri Indosat jauh lebih besar, maka saya bayarkan semuanya tanpa saya protes, berharap bulan Agustus penagihan tidak salah. Tetapi yang saya dapatkan, pada bulan Agustus 2012 saya mendapatkan rincian tagihan sebesar Rp. 449.242, dengan sudah ditagihkan Rp. 45.455 untuk IB Gaul Bulanan dan Rp. 347.707 untuk biaya GPRS yang seharusnya tidak ditagihkan kembali. Saya langsung mematikan layanan IB Gaul Bulanan saya, karena saya malas berurusan kembali dengan tagihan Indosat yang salah.

13 Agustus 2012 saya harus kembali datang ke Galeri Indosat untuk mengurusi masalah tersebut, dan dengan CS yang bersangkutan (Vita) , saya akan dibuatkan laporan dan nanti akan diperiksa kembali mengenai tagihan yang salah, saya ingin langsung membayarkan jumlah tagihan yang seharusnya saya pakai (IB Gaul Bulanan + pemakaian sms,telp) CS Vita memberikan jumlah yang seharusnya saya bayar yaitu Rp. 66.765 + biaya admin Rp. 5000 Sudah langsung saya bayarkan dikasir Galeri Indosat Sarinah.

Pada tanggal 5 September 2012 saya mendapat SMS yang isinya saya harus membayarkan tagihan bulan Agustus 2012 sebesar Rp. 382.477, yang berarti dianggap saya masih mempunyai tunggakan di bulan Agustus padahal sudah saya bayarkan yang sudah saya pakai di galeri Indosat. Pada tanggal 9 September 2012 kartu Matrix saya di blokir sehingga saya tidak bisa memakai telp dan sms, tgl 11 September 2012, CS Indosat telp dan berkata bahwa untuk kasus saya belum selesai diinvestigasi, sudah hampir 1 bulan tetapi kasus saya belum diselesaikan oleh pihak Indosat.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah :

1. Apakah ketika saya telp ke CS di 111 dan 5438888 tidak diinvestigasi dan dibuatkan catatan dan pembenaran terhadap kesalahan billing?

2. Mengapa kesalahan terjadi sampai berkali-kali dimana yang dirugikan adalah saya, bukan Indosat ?

3. Sampai kapan Indosat akan menagihkan billing yang salah ke saya?

4. Sampai kapan saya harus bolak balik ke Galeri Indosat untuk dibuatkan laporan sehingga permasalahannya dapat selesai (pada kenyataannya tetap tidak selesai)?

5. Dari awal saya berlangganan IB Gaul Bulanan, Desember 2011 s.d Agustus 2012 hanya 3 bulan tagihan yang dikeluarkan Indosat benar. Lalu selama 6 bulan billing Indosat terus bermasalah? Saya benar-benar sudah kehabisan sabar dengan Indosat.

Saya harap pengguna Indosat lain berhati-hati memakai Indosat,khususnya matrix yaitu postpaid,karena sudah 6x Indosat salah melakukan penagihan, dan sudah merugikan saya secara waktu,tenaga dan biaya.

Siapapun pihak Indosat yang berwenang, mohon nomor saya di-non-aktifkan, karena saya ingin pindah ke provider lain, dan sangat kapok memakai Indosat. Saya tidak akan kembali mengurus ini ke Galeri Indosat. Terima kasih.

Theresia Widjaja
Jl. RS Fatmawati No 222 B
Jakarta Selatan




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps