Telkomsel
Home > Informasi > Telekomunikasi > Simpati Sangat Mengecewakan

Simpati Sangat Mengecewakan


879 dilihat

Saya adalah pengguna jaringan Simpati (Telkomsel) 6 tahun belakangan ini dan menggunakan handphone Nokia. Tidak pernah sekalipun ada masalah melintas terhadap servis yang diberikan dari Simpati. Sampai akhirnya di akhir tahun 2011 lalu, saya memindahkan nomer Simpati tersebut dari handphone Nokia ke smartphone Blackberry. Kebetulan saya hanya memerlukan fitur Blackberry Messenger, maka saya hanya mengambil paket Lifestyle yang dimana hanya diberikan fitur Blackberry Messanger dan Jejaring Sosial. 6 bulan berjalan, saya kembali tidak menemui masalah apapun terhadap jaringan maupun fitur dari Simpati. Namun, beberapa bulan terakhir ini, banyak masalah saya dapatkan dari jaringan dan fitur Simpati. Di awal bulan Juli 2012 bermula ketika saya tidak bisa menngoperasikan fitur jejaring Facebook.

Setelah Facebook kemudian Twitter saya yang juga tidak bisa digunakan. Setiap kali saya masuk ke aplikasi tersebut, muncul tulisan “Your dataplan does not support”. Tulisan tersebut mengindikasikan bahwa adanya gangguan jaringan Simpati terhadap saya. Saya diamkan saja karena saya memiliki iPhone untuk bisa log-in di Facebook dan Twitter. Di awal bulan Agustus, YM saya masih berfungsi. Namun seringkali “log-out” sendiri tanpa perintah dari saya. Namun apabila kembali di log in, bisa dan tidak masalah. Puncaknya di pertengahan bulan Agustus, Facebook, Twitter dan YM saya tidak bisa dioperasikan semuanya. Lagi-lagi muncul tulisan ““Your dataplan does not support”. Tapi Blackberry Messanger tetap aktif dan tidak ada masalah. Akhirnya saya putuskan untuk ke GraPari Telkomsel di Jogjakarta. Kunjungan pertama, saya hanya dilayani di quick help counter. Tidak tau apa yang di utak-atik namun beberapa menit kemudian, semua jejaring social tersebut bisa digunakan.

Sempat saya tanyakan mengapa bisa begitu? Petugas hanya menyatakan bahwa gangguan seperti itu biasa terjadi. Baru tiga hari, saya mengalami problem yang sama, jejaring social tidak bisa dioperasikan. Saya bawa lagi ke GraPari dan karena mungkin mereka hapal wajah saya, saya tidak lagi dilayani di quick help counter melainkan di help desk counter. Saya utarakan masalah yang sama dan pegawai tersebut memberikan solusi untuk melakukan registrasi “Host Routing Table”. Kalau saya mendapati masalah yang sama, saya hanya disuruh melakukan registrasi tersebut. Beberapa hari saya memang menemui masalah yang sama namun, semua itu teratasi dengan melakukan registrasi tersebut. Setelah seminggu, pertama Twitter saya tidak berfungsi meskipun sudah saya lakukan registrasi. Beberapa hari kemudian Facebook dan lalu YM saya ikut tidak berfungsi. Saya gerah, akhirnya saya kembali pergi ke GraPari untuk ke-3 kalinya pada tangal 2 Oktober 2012.

Di kunjungan ke tiga ini, smartphone saya dibawa ke ruangan khusus dimana pegawai tersebut mengatakan kalau akan dilakukan pemeriksaan serius. Kalau memang ada “pemeriksaan secara serius”, mengapa tidak dilakukan dari kali pertama saya datang? Sangat mengecewakan. Pegawai tersebut akhirnya kembali dan memberitahukan bahwa jejaring social tidak bisa dioperasikan karena aplikasinya tidak pernah di upgrade (secara saya hanya mengambil paket Lifestyle yang tidak memungkinkan saya untuk masuk ke BB Aplication World dimana saya bisa meng-upgrade beberapa aplikasi di smartphone saya). Akhirnya untuk bisa masuk ke BB App World, saya menggunakan Wifi di GraPari tersebut. Pertama jaringan facebook saya yang di upgrade tetapi hasilnya NOL. Tetap tidak bisa. Saya disuruh ke Mobilife (Gerai Blackberry) yang mereka bilang memiliki kerjasama dengan Telkomsel. Sampai di sana, mereka membantu meng-uprade jejaring social saya.

Kembali mereka menggunakan Wifi setempat untuk melakukan upgrade. Akhirnya bisa. FB, Twitter dan YM saya berfungsi dengan baik dan saya meninggalkan gerai tersebut. Di mobil, saya mencoba masuk ke facebook dan mengejutkan. Facebook saya kembali tidak bisa dioperasikan, begitupun Twitter dan YM. Saya berasumsi, jelas ini kesalahan jaringan Simpati karena kalau dengan Wifi, jejaring social tersebut bisa dibuka. Kebetulan paket Lifestyle yang saya ambil berakhir pada tanggal 8 Oktober 2012. Sengaja saya hentikan paket tersebut agar bisa mengambil paket Full Service yang dimana saya bisa menggunakan fitur Blackberry Messenger, Browsing, Emailing dan jejaring social. Sengaja saya ambil paket Full Service supaya saya bisa meng-upgrade semua aplikasi yang memang perlu di upgrade tanpa harus menggunakan Wifi. Simpati kembali mengejutkan saya. Sudah terbuang uang 90.000 untuk paket tersebut, semua fitur yang seharusnya bisa saya gunakan tidak berfungsi. Hanya Blackberry Messenger saja yang berfungsi.

Saya benar-benar kesal, saya pergi lagi ke GraPari untuk yang ke-4 kalinya. Mungkin bosan karena saya sering datang, saya hanya dibantu di quick help counter. Lagi-lagi solusi yang diberikan yaitu untuk registrasi “Host Routing Table”. Di GraPari tersebut memang akhirnya bisa setelah salah satu pegawainya mengutak-atik bb saya. Tapi kenyataannya berbeda setelah beberapa hari. Saya katakan bahwa masalah ini kerap sekali saya alami. Pegawai tersebut hanya sekedar mendengar keluhan saya dan mengejutkan lagi, pegawai tersebut menyusuh saya untuk mengganti ke operator lain. Luar biasa fikir saya solusi tersebut. Inikah pelayanan dari Telkomsel terhadap pelanggannya? Saya sangat kecewa dengan pelayanan jaringan Simpati.

Anthony I.
Jogjakarta
Jogjakarta




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps