Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Kursus Online Refocus Tutup Tetapi Masih Ditagih Danacita

Kursus Online Refocus Tutup Tetapi Masih Ditagih Danacita


184 dilihat

Perkenalkan saya Hibrah, salah satu siswa Refocus Indonesia Batch 71. Saya mulai belajar di Refocus pada kursus online Data Analis sejak Mei 2023, dengan skema pembiayaan Danacita sejumlah Rp 20 juta dengan cicilan Rp 1,1 juta per bulan selama 18 bulan.

Tanggal 12 September 2023, tiba-tiba Refocus Indonesia tutup dan saya tidak bisa melanjutkan kursus tersebut serta tidak bisa mendapatkan hak-hak saya seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya. Kantor Refocus ternyata hanya virtual office dan staff serta mentor telah di PHK secara sepihak oleh founder Refocus.

Ternyata founder Refocus merupakan warga berkebangsaan Rusia sehingga masalah ini lebih kompleks lagi karena saya tidak bisa menemui founder tersebut dan meminta pertanggungjawabannya. Saya dan banyak lainnya sudah memberikan surat terbuka kepada Refocus, Danacita, Edufund, OJK dan pihak lain yang terkait, namun saat ini belum ada titik temu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kami yang melakukan pembayaran melalui skema cicilan masih ditagih oleh institusi pembiayaan dan merasa ini tidak adil karena kursus online Refocus ini sudah tutup. Mohon kepada tim perwakilan Refocus Indonesia, founder Danacita, founder Edufund, dapat memberikan solusi terhadap masalah ini.

Mohon kepada Bapak Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim, atau Bapak/Ibu dibagian Kementerian Hukum dapat memberikan bantuan kepada kami terhadap masalah ini. Terima kasih.

Hibrah *****@****.***








Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps