Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Tokopedia Menarik Cashback OVO Points dan Memblokir Hak Pembeli

Tokopedia Menarik Cashback OVO Points dan Memblokir Hak Pembeli


370 dilihat

Pada bulan Agustus 2020, Tokopedia membatalkan cashback dari 3 transaksi yang seharusnya saya terima, dengan tuduhan transaksi melanggar syarat & ketentuan. Setelah itu, hak saya sebagai pembeli seperti dikebiri oleh Tokopedia karena sudah tidak bisa menggunakan kupon promo lagi selamanya.

Kronologinya, pada tanggal 17 Agustus 2020 saya melakukan transaksi pembelian di Tokopedia (INV/20200817/XX/VIII/608426158). Setelah konfirmasi penerimaan, saya dapat email otomatis dari Tokopedia tentang pembatalan cashback yang mestinya saya terima. Di email ditulis jika transaksi tersebut tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan (S&K) yang berlaku yaitu adanya penggunaan promo yang melebihi limit promo per orang atau adanya indikasi manipulasi transaksi.

Begitu juga dengan transaksi saya sebelumnya, yakni INV/20200821/XX/VIII/611465861 dan INV/20200821/XX/VIII/611671837. Saya dapat email yang sama dari Tokopedia yaitu transaksi melanggar S&K dan cashback dibatalkan dengan alasan yang sama.

Beberapa hari kemudian, saya coba bertransaksi lagi di Tokopedia. Alangkah kagetnya saya karena akun saya sudah tidak bisa menggunakan kupon promo yang disediakan lagi. Bahkan menggunakan promo bank atau dari pihak ke 3 juga tidak bisa dikarenakan akun dianggap melanggar S&K.

Merasa tidak melanggar dan diperlakukan tidak adil, saya email ke CS Tokopedia. Berikut jawaban Tokopedia :
Spoiler for toped cb:

Sebagai member Diamond (level tertinggi buyer Tokopedia) dan hanya menggunakan 1 akun Tokopedia (jual-beli) selama lebih dari 5 tahun, respon CS Tokopedia sangat mengecewakan. Dikarenakan saya sudah email beberapa kali, mempertanyakan detail pelanggarannya, bahkan mempersilahkan pihak Tokopedia melakukan investigasi yang menyeluruh. Namun responnya selalu sama seperti di atas, seakan seperti SOP mereka.

Sebagai seller Power Merchant, dimana komisi 1% diambil Tokopedia dari hasil penjualan, dan juga potongan 2,5% jika penjual menggunakan fitur bebas ongkir, sungguh bukan keadilan bagi saya jika akun saya sebagai pembeli di-lock tidak bisa menggunakan kupon promo dari seller Power Merchant lain. Sedangkan pembeli di toko saya tetap bisa menikmati promo cashback & free ongkir yang otomatis saya sediakan karena status Power Merchant di toko saya.

Kepada pihak Tokopedia selaku Marketpace besar di tanah air, saya tidak akan berhenti menuntut karena ini seperti mem-blacklist pembeli setia, sekaligus bisa disebut penjual setianya. Silahkan review ulang secara manual transaksi pembelian saya yang dianggap melanggar S&K tersebut. Dan jika saya salah, tolong minimal diberitahu detail pelanggarannya karena ini termasuk hak saya sebagai pengguna juga.





Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps