Citibank
Home > Finansial > Perbankan & Kredit > Citibank Merugikan Nasabah

Citibank Merugikan Nasabah


1267 dilihat

Saya pemilik CC Citibak Visa 4140-0920-7054-8***. Awal April 2012 lalu saya menghubungi bagian collection citibank dinomor 52909214-15 karena bermaksud mengajukan keringanan untuk pembayaran kartu kredit saya, karena sudah tidak mampu membayar minimum payment tagihan saya karena saya sedang tidak bekerja. Saat itu saya ditangani oleh Bp. Eki setelah diproses dan dibuatkan pengajuan ke management Citibank pada tanggal 19 April saya diminta melakukan transfer uang sejumlah Rp.1.630.000 sebagai DP (Down Payment) untuk mengikuti program cicilan tersebut serta mengirimkan beberapa document yang diperlukan.

Menurut informasi dari Bp. Eki saya akan dihubungi dalam waktu 2-3 hari oleh pihak program untuk menandatangai surat perjanjian mengikuti program cicilan tersebut. Namun setelah 1 minggu lebih saya tidak dihubungi oleh pihak Citibank dan akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi kembali Bp. Eki, namun dari pak Eki mengatakan kepada saya untuk sabar menunggu dihubungi oleh bagian program, karena hal tersebut sudah diserahkan ke bagian program cicilan, namun pak Eki bersedia membantu untuk membuatkan laporan agar saya segera dihubungi.

Awal Mei saya menerima Billing statement CC Citibank tersebut dimana didalamnya memang tercantum pembayaran saya sejumlah Rp.1.630.000 dengan keterangan Payment Via BCA Online bukan Down Payment program Cicilan, selain itu juga muncul Interest 325.357 serta late charge 100.000 dan biaya materai. Dikarenakan sampai dengan awal Mei saya belum juga dihubungi oleh pihak citibank serta saya khawatir sekali dengan bunga dan denda yang muncul yaitu sejumlah Rp 425.357 maka saya kembali menghubungi Citibank.Ternyata menghubungi collection Citibank ini susah sekali, hampir setiap hari saya mencoba menghubungi namun selalu saja diinformasikan akan dihubungi kembali. Hingga satu hari saya tersambung dengan Pak Eki, dan pertanyaan saya tetap sama yaitu : "Kapan saya dapat kejelasan untuk menandatangani keikutsertaan program cicilan Citibank". Dan jawaban yang saya terima adalah "Menunggu dihubungi oleh bagian Program".

Akhirnya saya memutuskan untuk tetap menunggu hingga diawal June saya lagi-lagi mendapatkan billing statement dengan jumlah tagihan yang bertambah dikarenakan bunga dan late charge dengan total Rp 404.662. Saya kaget luar biasa karena saya sudah mengikuti semua prosedur dan melengkapi persyaratan document yang diminta namun jika harus menunggu proses internal Citibank selama 2 bulan dengan notabene tagihan saya terus bertambah karena bunga dan late charge yang terus muncul setiap bulan. khawatir akan nominal tagihan tersebut saya menghubungi Bp. Eki, dan saya kecewa karena tidak mendapakan jawaban karenanya saya minta langsung disambungkan ke bagian program, setelah menunggu akhirnya saya tersambung dengan bagian program.

Setelah terhubung dengan officer bagian program saya mendapat informasi bahwa dana yang saya transfer di bulan April sejumlah Rp.1.630.000 yang saat itu diminta sebagai Down Payment Program dibilang "batal" dikarenakan ada peraturan baru dari BI (saya tidak mengerti peraturan baru dari BI seperti apa) dan diminta mentransfer sejumlah dana untuk Down Payment kembali dan mereka juga menginformasikan jumlah cicilan yang harus saya bayar tiap bulannya.

Dimana saat saya hitung sendiri ternyata nominalnya jauh lebih besar dari jumlah tagihan saya seharusnya. Dan saat itu juga saya minta penjelasan dari mana asal angka / dasar perhitungannya. Namun dari Citibank mengatakan untuk perinciannya akan coba dicarikan info dan akan menghubungi saya secepatnya. Pastinya saya sebagai Nasabah merasa sangat kecewa, karena saat nasabah beritikad dan memiliki niat untuk bertanggung jawab atas tagihan yang ada dan berharap mendapatkan keringan dengan mengikuti program cicilan namun hal ini yang saya dapatkan. Sampai Mid june saya tidak dihubungi oleh Citibank untuk penjelasan perician tersebut.

Saya sudah amat bosan dan cape untuk menghubungi Citibank. Tanggal 25 Juni 2012 saya kembali mendapatkan billing statement dari Citibank, dan seperti bulan-bulan sebelumnya tagihan saya bertambah interest Rp 340.698, late charge Rp 100.000 dan annual fee Rp 300.000. hari ini saya kembali mencoba menghubungi Bp. Eki, dan kembali pak Eki mengatakan bahwa beliau akan meminta bagian program untuk menghubungi saya. Saya tau nasabah citibank yang ingin mengikuti program bukan hanya saya saja dan saya juga mengerti ada prosedur internal citibank yang harus diikuti nasabah.

Namun apakah Citibank juga mengerti keadaan nasabah? Jika prosedur Citibank membutuhkan waktu sampai 2-3 bulan untuk nasabah agar mengikuti program cicilan. Saya sebagai nasabah tidak keberatan. Namun jika selama proses prosedural tersebut bunga dan denda keterlambatan tetap dibebankan kepada nasabah, saya sangat keberatan. Karena sebagai Nasabah saya tidak tahu sampai kapan prosedur tersebut selesai, jika sampai membutuhkan waktu sampai 5 bulan apakah hal tersebut tidak "Mencekik Nasabah?". Jika dalam tempo 3 bulan ini saya dibebankan Interest dan Denda keterlambatan sebesar kurang lebih Rp 400.000/bln berarti total selama 3 bulan ini saya harus membayar sebesar Rp 1.200.000 hanya untuk denda dan late charge.

Saya sebagai nasabah merasa sangat dirugikan. Apakah tidak lebih bijaksana jika selama mengikuti prosedural tersebut bunga dan denda nasabah dihentikan? Mohon kejelasan dari pihak Citibank untuk masalah saya ini.

Merry Christy Nataly
Jl. Rawamangun Tegalan Rt/Rw.002/02
Jakarta Timur




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps