Asuransi Zurich
Home > Finansial > Asuransi > Asuransi Zurich Ternyata Masih Amatiran

Asuransi Zurich Ternyata Masih Amatiran


3496 dilihat

Sebagai pemegang polis Asuransi Auto Z untuk kendaraan pribadi Mitsubishi, saya sebagai konsumen sangat dirugikan dari sisi waktu untuk proses pengklaiman kendaraan pribadi. Setelah lebih dari 3 minggu (per 19 Juni) sejak dilakukan survey fisik oleh pihak Zurich dan bengkel rekanan. Dan banyak proses ping-pong serta emosi tinggi, akhirnya dikabari bisa masukkan mobil untuk perbaikan ke bengkel Senin 16 Juli. Saya akan persilahkan pihak Zurich untuk membeberkan kronologis peristiwa, bagaimana sistim online yang menjadi kendala. Dan tentunya janji-janji perbaikan layanan dll di bagian tanggapan mereka nanti.

Mulai dari bagaimana Zurich salah kirim alamat kepada bengkel rekanan di online system mereka sehingga hilang waktu seminggu. Dan bagaimana pihak konsumen yang diping-pong dan harus menindaklanjuti ke sendiri hingga akhirnya ketahuan kesalahan salah kirim alamat. Juga adanya “kesulitan teknis” karena merek Mitsubishi dibawa ke bengkel rekanan Honda (Rupanya “kesulitan teknis” tersebut menjalar ke merk Honda juga, krn menurut info, ada Jazz yang sudah 5 hari belum bisa dikerjakan).

Ternyata masalahnya cukup sepele--karena ketidaklengkapan data SIM dan STNK dari bengkel untuk estimasi perbaikan, membuat statusnya seolah2x bengkel belum memasukkan laporan estimasi klaim. Tiga minggu lebih telah berlalu dan sungguh keterlaluan! Terlepas dari hal teknis diatas, yang lebih menjengkelkan, pihak Zurich sepertinya lebih mengandalkan dan membiarkan konsumennya untuk yang lebih proaktif untuk mengikuti dan memonitor proses klaim. Atau Zurich mungkin merasa kalau sudah berhasil membuat brosur bagus yang menggambarkan suasana klaim bagaikan di pitstop balapan mobil, beserta kata2 “You are now living in the fast lane” sudah lebih dari cukup kewajiban mereka terhadap konsumen?

Pada akhirnya, tentu yang lebih menarik buat konsumen adalah bagaimana keseriusan sikap dan tindakan nyata pihak Asuransi Zurich sebagai sebuah institusi yang dibangun atas basis kepercayaan, dalam menkompensasi kerugian dari waktu selama lebih dari 3 minggu ini. Kami telah meminta ke Zurich untuk memberikan kompensasi ekonomis dari jumlah premi yg telah kami bayar sebagai salah satu wujud kompensasi yang fair. Mari kita lihat apakah konsumen akan tetap menjadi pihak yang dirugikan atau tidak.

Ben Suadi
Jl Utama 3 No BJ 8 Kemang Pratama
Bekasi




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps