Home > Finansial > Asuransi > Begitu Lambannya Bank Bumiputera Menangani Keluhan

Begitu Lambannya Bank Bumiputera Menangani Keluhan


691 dilihat
Jakarta - Saya adalah nasabah Bank Bumiputera Cabang Tangerang nomor rekening 0434042003. Pernah mengikuti program KPR BUM 125 (sekarang sudah saya lunasi) akan menyampaikan keluhan tentang beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, pada saat saya mengambil KPR, terdapat sejumlah biaya-biaya yang harus dibayar, sebesar Rp 14.513.989,3 (menurut catatan rincian yang diberikan bank). Sedangkan pemotongan yang dilakukan pada rekening saya adalah sebesar Rp 14.763.989,07 (selisih Rp. 249.999,77). Setelah saya tanyakan kepada Ibu Wiwin (petugas bank saat itu) beliau berjanji akan mengurus selisihnya dan menjamin uang saya akan kembali.

Setelah saya tunggu dan berkali-kali saya konfirmasi ulang jawabannya selalu sama. Sampai suatu saat saya akan konfirmasi lagi ternyata Ibu Wiwin digantikan oleh Bapak Andri.

Saat itu saya datang sambil membawa data-data. Kemudian oleh Bapak Andri dijanjikan akan melacak di mana letak selisihnya. Namun, tidak ada jaminan uang akan kembali karena sudah lewat tahun sehingga dana tersebut kemungkinan sudah masuk sebagai keuntungan manggantung bank.

Saya menerima jawaban Bapak Andri karena sebenarnya bukan nilai uang yang saya persoalkan. Tetapi, saya hanya ingin tahu di mana letak selisih tersebut. Hanya saya kecewa karena begitu lambannya bank menangani keluhan saya.

Kedua, saya telah melunasi KPR saya pada tanggal 2 November 2007, karena saya telah melunasinya pada bulan ke-17 (seharusnya 180 bulan) maka pihak bank (pada waktu itu Bapak Andri) berjanji akan menguruskan refund asuransi saya tetapi beliau tidak dapat menjanjikannya akan selesai dalam waktu yang singkat karena menurut beliau proses tersebut akan lama. ?

Karena penjelasan tersebut maka saya tidak pernah konfirmasi lagi sampai pertengahan bulan Januari 2008. Setelah itu saya kembali konfirmasi, dijawab masih belum selesai terus sampai akhirnya Bapak Andri dipindahkan ke cabang lain (atau unit lain saya kurang jelas). ?

Oleh karena pengalaman di atas, kali ini saya terus melakukan konfirmasi, hingga akhirnya oleh Bapak Andri masalah dialihkan ke Ibu Felia (Cabang BSD). Ternyata setiap saya konfirmasi lagi jawabannya tetap masih dalam proses.

Akhirnya kira-kira seminggu yang lalu kami diberi penjelasan oleh Ibu Felia bahwa dana asuransi kami tidak disetor ke asuransi yang seharusnya oleh Ibu Wiwin (yang mengurus KPR saya dulu). Tetapi, disetor ke asuransi cabang (terus terang saya kurang jelas bagaimana peraturannya) sehingga dana saya belum dapat diambil.

Tetapi, berkas sudah dibawa Ibu Felia dan beliau menawarkan dua opsi. Bila saya urus sendiri proses akan cepat. Mungkin seminggu dana keluar. Atau beliau urus tetapi proses akan lama.

Bisa dibayangkan betapa kecewanya saya setelah empat bulan proses baru pada tahap ambil berkas. Itu pun setelah saya komplain berkali-kali.

Sebagai nasabah saya tidak tahu bagaimana aturan main bank, yang jelas saya telah mempercayakan dana saya pada bank dan selama menjadi nasabah KPR sekali pun saya tidak pernah terlambat membayar kewajiban saya kepada bank. ?

Saya tidak tahu berapa lagi dana saya akan dipotong oleh pihak bank (atau malah tidak bisa kembali seperti kasus pertama?). Saya juga telah menulis komplain kepada pihak Bumiputera melalui email tetapi sampai sekarang belum ada jawaban.

Cahyadi Sapto Nugroho
Banjar Wijaya B36/22 Tangerang
nunks01@yahoo.com
0817247781
(msh/msh)




Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan




SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia
letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps