Pelayanan Asuransi CIGNA

Asuransi CIGNA

Home > Finansial > Asuransi > Pelayanan Asuransi CIGNA

3084 dilihat


Sebelumnya saya adalah pemegang beberapa polis asuransi CIGNA Internasional ( PT. Asuransi CIGNA ) yang mana berdasarkan Data Polis yang saya terima yaitu ;

1. HOSPITAL CARE PLUS Nomor polis ; IMKIN0000811913 Tanggal dimulai perlindungan ; 14 September 2007

2. LIFE CARE PLUS Nomor polis ; IMKIN0001008056 Tanggal dimulai perlindungan ; 15 May 2008

3. DREAD DISEASE PROTECTION Nomor polis ; CD0001046Z

Tanggal dimulai perlindungan ; 17 Maret 2009 Semua pembayaran premi dengan cara Auto Debet melalui Kartu Kredit Bank CIMB Niaga sejumlah premi yang telah disepakati (berdasarkan Data Polis / Buku Polis yang saya terima).

Sampai semua premi ini saya tutup,tidak pernah satu pun saya mengajukan klaim asuransi kepada CIGNA. Seiring berjalannya waktu timbul beberapa masalah antara lain ;

a. Menurut Perincian Tagihan dari Bank CIMB NIAGA yang saya terima, pada tanggal 30/03/2009 telah terjadi transaksi auto debet Dread Disease Protection dengan nomer polis yang berbeda, yang mana preminya lebih besar dari premi asuransi saya, karena keterlambatan saya mengetahui masalah ini, pada tanggal 20/04/2009 saya baru mengajukan komplain melalui telepon ke customer service CIGNA. Ternyata telah terjadi kesalahan data entry oleh pihak CIGNA.

Selajutnya saya harus meng-fax bukti perincian tagihan tersebut ke pihak CIGNA, pada perincian tagihan bulan berikutnya permasalahan ini sudah selesai. Bagaimana bisa terjadi kesalahan entry data? Bagaimana jika saya tidak menyadari kesalahan ini dalam waktu lama,dan jika saya harus mengklaim?

b. Sesuai Data Polis Asuransi HOSPITAL CARE PLUS yang saya terima, Pasal 2 ayat 3 Pengembalian Premi 25% (dua puluh lima persen) jika tidak ada klaim, perusahaan akan membayarkan sejumlah pengembalian sebesar 25 persen (dua puluh lima) dari premi yang telah dibayarkan setiap 24 (dua puluh empat)bulan tanpa bunga kepada pemegang polis

Secara hitungan saya,seharusnya pihak CIGNA mengembalikan premi saya sebesar 25 persen pada tanggal 15 september 2009 ( 24 bulan dari tanggal 14 September 2007 ). Saya baru menyadari kesalahan ini pada bulan oktober 2009, lagi lagi saya harus menelepon beberapa kali customer service CIGNA. Dan jawaban yang saya terima adalah “sedang dalam proses”.

Pada tanggal 4 November 2009 , sesuai dengan perincian tagihan Bank CIMB Niaga, saya baru menerima pengembalian premi sebesar 25 persen . Apakah perusahaan sebesar CIGNA tidak bisa melakukan masalah di atas secara otomatis? Apakah kalender yang di gunakan CIGNA sama seperti kalender yang ada di rumah saya,kalau memang sama, mengapa perhitungan 24 bulan nya berbeda?

c. Berdasarkan surat pemberitahuan penutupan polis Dread Disease Protection yang saya terima, bahwa efektif per tanggal 17 November 2009 polis tersebut diatas telah ditutup.Ternyata berdasarkan tagihan kartu kredit saya,pada tanggal 20 November 2009 masih terjadi pendebetan yang nilai nya memang tidak seberapa, hanya Rp 125.000 untuk polis tersebut oleh pihak CIGNA. Lagi lagi dan lagi saya harus menelpon customer service .

Jika saya mengajukan klaim pada tanggal 18 November 2009 kepada CIGNA, apakah pihak CIGNA akan memberikan santunan kepada saya? Kenapa masih terjadi pendebetan setelah tanggal 17 November 2009? Saya harap pihak Asuransi CIGNA dapat memberikan jawaban yang memuaskan dan uang pendebetan pada tanggal 20 November 2009 dapat segera dikembalikan.

nova faizan d
pondok kopi
jakarta timur




Source : kompas
Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan





jasa foto produk
Sebelum request penghapusan artikel mohon request penghapusan kepada sumber terlebih dahulu, jika belum solved / terhapus kami akan abaikan

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini