PT Esta Sarana Lestari (Duta Putra Group)
Home > Pertanian, Pertambangan & Konstruksi > Konstruksi > Pengalaman Buruk Membeli Properti di Bawah Pengelolaan Duta Putra Group

Pengalaman Buruk Membeli Properti di Bawah Pengelolaan Duta Putra Group


4653 dilihat

Pada bulan Februari tahun 2012, dikarenakan ingin memiliki tempat tinggal sendiri saya memutuskan membeli satu unit apartemen di Bintaro Park View dengan pengembang Esta Sarana Lestari yang merupakan bagian dari Duta Putra Group. Proses pembelian saya lakukan dengan cara kas bertahap selama 28 kali pembayaran. Awalnya tidak ada masalah dan pembayaran saya pun lancar sampai saya mendapatkan surat pemberitahuan pada pertengahan 2013 bahwa saya telat melakukan pembayaran dan dikenakan denda selama beberapa bulan dihitung dari tanggal jatuh tempo.

Awalnya saya mengabaikan surat tersebut karena merasa surat tersebut salah, terlihat dari tanggal jatuh tempo yang tidak sesuai dengan perjanjian jual beli yang telah ditandatangani oleh saya dan pihak PT Esta Sarana Lestari. Saya mulai merasa terganggu saat PT Esta Sarana Lestari mengirimkan surat pemberitahuan keterlambatan dan denda untuk yang kedua kalinya.

Saat saya menyanggah surat tersebut ke bagian administrasi di proyek Bintaro Park View dikatakan bahwa pencatatan mereka sesuai dengan saya dimana saya tidak terlambat melakukan pembayaran dan yang mengirimkan surat tersebut adalah PT Esta Sarana Lestari di kantor pusat sehingga akhirnya saya mendatangi Kantor Pusat PT Esta Sarana Lestari di Menara Dea Kuningan dengan maksud rekonsiliasi data.

Setelah melihat bukti-bukti pembayaran yang saya pegang akhirnya pihak PT Esta Sarana Lestari (diwakili oleh Ibu Jenny) mengakui bahwa kesalahan tersebut terjadi karena mereka baru migrasi sistem pencatatan sehingga terdapat beberapa kasus seperti saya. Betapa kesalnya saya karena kesalahan internal mereka tetapi malah customer yang disalahkan.

Karena mereka berjanji akan memperbaharui data saya secepatnya, saya menerima itikad baik mereka dan pulang dengan tenang, sampai akhirnya beberapa bulan kemudian saya menerima surat pemberitahuan keterlambatan dan denda yang ketiga.

Setelah mengancam akan melaporkan hal tersebut ke forum pembaca di beberapa program berita apabila hal yang tidak menyenangkan ini terjadi lagi, akhirnya sampai dengan selesai pembayaran ke 28 (sampai lunas) surat pemberitahuan tersebut tidak pernah dikirimkan lagi kepada saya. Lantas apakah sampai situ saja kekecewaan saya dengan PT Esta Sarana lestari? Ternyata tidak.

Menurut perjanjian jual beli dikatakan pembangunan unit apartemen akan selesai pada bulan Oktober 2014, memang pada bulan tersebut secara fisik bangunan sudah jadi namun sampai dengan awal 2015 serah terima belum juga dilakukan padahal pada bulan Juli 2014 saya sudah melakukan tanda tangan PPJB di depan notaris dan melunasi biaya-biaya tambahan seperti biaya administrasi dan BPHTB.

Pada bulan Januari 2015 saya dan suami pergi ke proyek pembangunan untuk melihat kemajuan pembangunan dan menanyakan perkiraan kapan serah terima dilakukan karena kami sudah sangat ingin menempati tempat tinggal yang kami beli dengan hasil jerih payah sendiri. Pihak Bintaro Park View memberikan perkiraan bahwa paling lambat pertengahan Maret 2015 akan dilakukan serah terima atas unit saya.

Betapa senangnya saya karena pada akhir Februari 2015, Bintaro Park View menelpon saya mengatakan pada pertengahan Maret 2015 serah terima akan dilakukan dan kami pun menyepakati tanggal serah terima tersebut. Namun sayangnya setelah telepon tersebut kekecewaan kembali terjadi dan kali ini kesabaran saya sudah habis.

Seminggu sebelum tanggal serah terima, saya kembali ditelpon oleh Bintaro Park View mengatakan bahwa serah terima untuk unit saya ternyata belum dapat dilakukan karena ada verifikasi dokumen terkait keuangan yang belum lengkap. Pihak Bintaro Park View yang menelpon saya tidak bisa memberitahu verifikasi dokumen apa yang belum lengkap karena mereka hanya menjalankan instruksi dari pusat dan meminta saya yang menghubungi pusat untuk menanyakan hal tersebut.

Betapa kesalnya saya karena saya dilempar-lempar seperti itu, tapi akhirnya karena ingin masalah ini cepat selesai dan pihak Bintaro Park View pun tidak bisa membantu, pada hari itu juga saya menghubungi kantor pusat PT Esta Sarana Lestari. Betapa kagetnya saya setelah pihak pusat memeriksa dokumen saya selama 10 menit dikatakan bahwa dokumen saya sebenarnya sudah lengkap dan serah terima bisa dilakukan sesuai tanggal yang telah disepakati. Saat saya tanyakan kenapa pihak proyek Bintaro Park View mengatakan hal yang sebaliknya, pihak PT Esta Sarana Lestari tidak bisa menjawab.

Walaupun akhirnya masalah ini sudah jelas dan serah terima akan dilakukan sesuai tanggal yang disepakati di awal, saya sangat kecewa sekali terhadap buruknya manajemen internal antara Bintaro Park View dan PT Esta Sarana Lestari yang terus menyalahkan saya sebagai customer dan seakan ingin memperlambat proses serah terima unit apartemen saya.

Pada saat saya membuat surat keluhan ini serah terima belum terjadi namun saya harap setelah serah terima dilakukan tidak terjadi lagi masalah yang disebabkan buruknya manajemen PT Esta Sarana Lestari dan pengalaman ini akan menjadi pelajaran berharga bagi saya untuk tidak membeli properti dari Duta Putra Group lainnya.



Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps