Home > Pemerintah > Sistem > Sering Banjir yang Disebabkan oleh Gorong-gorong Tidak Mampu Menampung Debit Air

Sering Banjir yang Disebabkan oleh Gorong-gorong Tidak Mampu Menampung Debit Air


259 dilihat

Sejak beberapa bulan terakhir, jalanan di sekitar rumah saya di Ciomas River View yakni di blok A-B-C (tidak ditampilkan rinci karena privasi) selalu kebanjiran dengan ketinggian air di atas mata kaki.

Pada 2019, genangan hanya timbul saat hujan bercurah besar. Sekarang, genangan muncul bahkan ketika hujan dengan curah kecil.

Kondisi semakin parah jika ada kendaraan melintas. Sebab air akan terdorong masuk ke carport.

Kami sudah mengadukan persoalan ini ke Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bogor, Pak Subiantoro.

Pada November 2020, perwakilan Dinas PU datang ke perumahan kami dan mengecek sejumlah titik saluran air.

Berdasarkan penilaian Dinas PU, penyebab banjir di Komplek CRV adalah ukuran gorong-gorong saluran air blok A, B dan C tidak layak sehingga tidak mampu menampung debit air yang timbul saat hujan.

Selain itu, saluran air di Blok B juga tidak memenuhi standar kelayakan dan kemudahan perawatan karena dibangun di bawah halaman penghuni.

Menurut keterangan Dinas dan Ketua RT kami, fasos dan fasum belum diserahkan ke pemerintah daerah sehingga perbaikan sarana dan prasarana seharusnya menjadi tanggung jawab pengembang.

Kami sudah berkali-kali mengadukan persoalan ini secara tertulis kepada perwakilan pengembang. Namun, tidak ada itikad baik dari pengembang untuk menyelesaikan persoalan ini termasuk berdialog dengan warga.

Kami khawatir situasi banjir di perumahan kami akan semakin memburuk karena Hirotoland sedang membangun perumahan Ciomas River View 2 yang posisi di atas perumahan kami.

Otomatis daerah resapan akan berkurang dan membutuhkan perbaikan saluran air untuk mencegah terjadinya banjir.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mendesak kepada pengembang Hirotoland untuk memperbaiki fasilitas umum berupa gorong-gorong agar memenuhi standar kelayakan.

Kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengaudit pembangunan perumahan CRV 1 terutama pembangunan fasos dan fasum seperti saluran air dan kewajiban lain yang seharusnya dipenuhi oleh pengembang. (DND)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps