Home > Pemerintah > Sistem > KTA CIMB KREDIT TIADA AKHIR DARI CIMB NIAGA

KTA CIMB KREDIT TIADA AKHIR DARI CIMB NIAGA


610 dilihat

Siapa disini yang belum pernah berhutang selama hidupnya?

Saya yakin hampir semua orang pasti pernah mempunyai hutang, entah itu untuk kebutuhan mendesak atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan saja. Dan bicara soal berhutang di zaman ini, siapa yang tidak kenal dengan kredit tanpa agunan?
Rasanya seperti mendapat uluran tangan 'malakat' ya ketika kita sedang dalam keadaan mendesak, kepepet, terjepit, butuh akan dana yang lumayan besar, teman atau saudara menghilang gak bisa dimintain tolong... ehhh datanglah si KTA ini, meminjamkan uang tanpa jaminan apa-apa. sounds help, huh?

tapi itu baru jebakan awalnya saja. mulut manis dari marketing bank memang bisa membuai siapapun yang sedang butuh dan tidak tahu harus mengadu kemana (lebay).
katakanlah pada suatu waktu itu saya sedang berada di posisi yg sama. bukannya saya tidak tahu akan 'menyeramkannnya' sebuah KTA, saya pun juga sudah sering mendengar dan membaca betapa beberapa orang sangat sulit lepas dari jeratan ini. tapi, sikon mendukung, apa mau dikata?

singkatnya saya ambil juga KTA dari CIMB Niaga ini. Dengan sistem debet otomatis, cicilan tiap bulan sebesar Rp. 715.148,36, tenor 5 tahun, pinjaman 20 juta dengan potongan biaya admin yang sangat gila di awal, hampir 700 ribu. entah itu buat apa? meskipun di lembar perjanjian keterangannya 'biaya admin = sekian', cuma saya masih gak habis pikir sampai sebesar itu buat apa sebenarnya? tapi yasudahlah, saya gak mau ambil pusing.

Yang namanya pinjaman, pasti ada tanggal jatuh tempo kan. saya jatuh tempo setiap tanggal 25. dan selama itu, kalaupun saya telat bayar paling telat sehari-dua hari, itupun langsung saya bayarkan beserta bunga nya. tapi yang lucu, justru terjadi akhir-akhir ini. 
sebenarnya, sudah dari bulan-bulan sebelumnya saya selalu mendapat email TELAT BAYAR meskipun saya bayar on time, dan selalu ADA SAJA denda saya meskipun cuma beberapa ratus rupiah. cuma selama ini gak pernah saya anggap serius email itu dan soal denda nya juga karena menurut saya "ah cuma berapa ratus rupiah aja". 
jadi karena tidak mempersoalkan berapa ratus rupiah itu, saya selalu memasukkan uang lebih ke rekening pendebetan KTA. tapi ternyata saya SALAH BESAR. 

karena bulan Oktober 2018 kemarin saya telat bayar sehari, dan ada denda sebesar Rp. 851,64 , saya masukkan saja sekalian ke dalam rekening Rp.10.000 . karena tidak mungkin transfer atau memasukkan uang kurang dari sepuluh ribu rupiah kan? 
dan pada bulan November, saya kembali membayar cicilan pada tanggal 23 November 2018. dan bulan Desember ini, saya bayar pada tanggal 21 Desember 2018. 
tanpa diduga, siang ini saya mendapat email dari CIMB NIAGA PERSONAL LOAN yg mengatakan bahwa saya TELAT BAYAR SATU HARI dan kena denda sebesar Rp 149.148 . what the hell??

segera saya tlp ke bagian PERSONAL LOAN dg no.tlp 021 28549000 EXT 7862376825 yg ternyata EXT nya selalu SALAH SAUDARA-SAUDARA, pilih 0 ke operator pun SANGAT LAMA DAN SANGAT SUSAH NYAMBUNG.
setelah berkali2 tlp, akhirnya diangkat dengan yang namanya FARA kalo gak salah, saya lupa. saya langsung tanya kenapa saya bisa dapet email TELAT BAYAR DAN KENA DENDA padahal saya gak telat, saya dioper ke cewek satu lagi entah siapa, terus abis ngomong sama cewek yang kedua, dia malah bilang mau panggil atasannya namanya ANDRI. 

Begitu saya bicara dg ANDRI, dia malah NGOTOT BILANG SAYA TELAT BAYAR BULAN NOVEMBER. TRUS DIA BILANG, KALO PER NOVEMBER 2018 ITU SEMUA NASABAH YANG TELAT BAYAR PER HARI AKAN KENA DENDA 150 RIBU. DAN ITU SUDAH DI SOSIALISASIKAN KE SEMUA NASABAH MELALUI EMAIL DAN TLP.

OKE ANDRI, YG PERTAMA YA SAYA GAK PERNAH TERIMA EMAIL DAN TLP SAMPAH SOAL SOSIALISASI MACAM ITU. DAN YG KEDUA, SAYA TIDAK TELAT BAYAR!. SAYA ADA BUKTI MUTASI REKENING TANGGAL BRP SAYA MASUKIN UANG KE REKENING, JADI SAYA GAK MAU BAYAR. saya tegaskan gitu ke ANDRI. 

Dan jawaban si ANDRI selanjutnya sangat lucu : "OH KITA GAK TAU BU, ITU KAN TUGASNYA CS DI 14041. SAYA MAH CUMA BAGIAN COLECTOR AJA, DI DATA SAYA IBU TELAT BAYAR YA TELAT LAH". 
hah? hah? HAH? HAHAHHAAA??? jadi kerjaan lo tuh cuma nagih nagih aja apa gimana ya? sebenarnya saya udah pernah denger sih soal bagian kolektor yang suka maen asal nagih nagih aja tanpa sinkronisasi data, cuma saya gak nyangka aja kalo hal kayak gini kejadian ke saya juga. 
saya jadi bingung, ini CIMB NIAGA SISTEMNYA GIMANA SEBENARNYA? katakanlah, JIKA MEMANG BENAR OMONGAN SI ANDRI INI ADA SOSIALISASI APA LAH SOAL DENDA, SAYA SEBAGAI NASABAH GAK ADA INFO. DANNN, SAYA GAK TELAT BAYAR, KENAPA SAYA DI DENDA?? KALO SAYA TELAT OKE SAYA TERIMA, LAH INI SAYA KAN GAK TELAT YA...

Daripada ngomong sama si andri ga jelas, saya tutup aja teleponnya dan saya tlp ke 14041 yang terima Dina atau siapa saya lupa (maklum emosi). Awalnya, si CS ini bilang saya gak ada transaksi November. ya saya marah2 jelas2 saya ada bukti mutasi rekening.  setelah saya suruh cek lagi bolak balik dia akhirnya menyetujui dan mengakui kalau SAYA TIDAK TELAT BAYAR,  dia akhirnya membenarkan kalau bulan November itu saya sudah ada dana tanggal 23 dan Desember saya sudah sedia tanggal 21, dan mereka mendebet nya tanggal 25. 

Cuma, dia bilang di sistem itu untuk bulan Desember tagihan saya bukan 715 sekian, tapi jadi 800sekian yg menyebabkan saya kurang 150ribu. saya bingung dong, di lembar perjanjian kan sudah ada nominal angsuran flat segitu sampe masa perjanjian selesai, bagaimana bisa jadi 800 sekian? selain itu, kalau memang jadi 800sekian, harusnya yang muncul di rekening saya adalah nominal 800 sekian, bukan 715 seperti biasanya. kan ANEH ??? 

kemudian dia bilang sepertinya ada kesalahn sistem, jadi akan dibuatkan laporan soal ini dan minta no.tlp saya yg bisa dihubungi. 
akhirnya saya tutup telepon dg setelah dia beri no.laporan 52821/R/47002A/KP/12/18.

UNTUK CIMB NIAGA, TOLONG SISTEM NYA DIPERBAIKI ATAU MAU BAGAIMANA? 
INTI NYA SY SEBAGAI NASABAH MERASA SANGAT DIRUGIKAN JIKA SISTEM KALIAN TERUS MENERUS SEPERTI INI. 
DAN SAYA JUGA TIDAK MAU BAYAR DENDA, KARENA SAYA TIDAK TELAT BAYAR. 

Update : saya lupa masukin bukti skrinsut rekening dan email nya, barusan dapet email tagihan lagi dan pas saya tlp lagi ke 14041 CS Hepi cuma jawab dia gak tau kenapa saya bisa dapet email penagihan, dan cuma jawab akan di follow up.

KTA CIMB : KREDIT TIADA AKHIR DARI CIMB NIAGA

KTA CIMB : KREDIT TIADA AKHIR DARI CIMB NIAGA

KTA CIMB : KREDIT TIADA AKHIR DARI CIMB NIAGA

KTA CIMB : KREDIT TIADA AKHIR DARI CIMB NIAGA



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps