Home > Lain-Lain > Surat Terbuka > Surat Terbuka Untuk BukalapakBukaDana

Surat Terbuka Untuk BukalapakBukaDana


750 dilihat

Pihak Bukalapak menghubungi saya dan memberikan solusi yang melegakan bagi saya. emoticon-I Love Indonesia
Akhirnya sore tadi pihak Bukalapak hubungi ane via telepon dan menawarkan solusi yang juga tidak memberatkan ane.
solusi yang ditawarkan oleh Bukalapak :
- akun DANA yang terhubung dengan akun Bukalapak saya (BukaDana) diputus dan saldonya dialihkan ke saldo BukaDompet.
- dan secara otomatis jika ingin menggunakan fitur BukaDana, saya bisa mengaktifkan fitur BukaDana dengan nomor telepon yang baru dan masih aktif yang sudah terdaftar di Bukalapak.

Solusi tersebut dilakukan oleh pihak Bukalapak dengan persetujuan dari ane, dan saya sangat berterimakasih kepada Bukalapak yang mau memberikan solusi dan tidak memberatkan ane.

Saya juga ingin meminta maaf bila terdapat tutur kata yang kurang baik.
Spoiler for Solusi dari Bukalapak:


Surat terbuka untuk Bukalapak/BukaDana

Sebelumnya mohon maaf jika salah kamar. bila memang mohon diingatkan dan dituntun..

Pagi gan, saya dapat pengalaman yang kurang baik dengan Bukalapak terkait fitur BukaDana yang menurut saya menerapkan sistem yang "lancang".

Begini kronologi nya,
Kemaren, Jumat 18 Januari 2019. Saya melakukan topup saldo BukaDana yang seingat saya belum pernah melakukan aktivasi, karena sebelumnya untuk melakukan aktivasi fitur BukaDana harus melalui OTP yang dikirim ke nomor handphone terdaftar melalui SMS, Nomor tersebut kan udah gak aktif ya jelas gak bisa kan? Alhasil saya biarin tuh fitur BukaDana.

Namun beberapa hari sebelum saya isi saldo BukaDana setelah aplikasi Bukalapak terupdate otomatis, tiba-tiba fitur BukaDana sudah "aktif(bisa diakses)". saya heran karena merasa belum pernah "berhasil" melakukan aktivasi tapi kok bisa diakses? Saya coba untuk percaya jika mungkin pihak Bukalapak melakukan update pada sistem BukaDana sehingga dapat digunakan dan tidak membebani saya sebagai customer. Walaupun begitu, saya tetap melakukan cross check tentang fitur BukaDana dan cara penggunaannya di aplikasi Bukalapak, tapi saya hanya menemukan tentang "apa itu BukaDana" tanpa ada informasi detil mengenai BukaDana (yang saya tau cuma Bukalapak kerjasama dengan DANA). Lagi-lagi saya percaya aja sama Bukalapak!

Dan saya pun mengisi saldo BukaDana sebesar 102.500 pada Jumat 18 Januari 2019 dengan nomor tagihan BL19121VYOIPINV dan berhasil masuk. Niatnya mau beli pulsa listrik yang udah bunyi dengan memanfaatkan promo cashback dari Bukalapak, sebelum saya gunakan untuk membeli listrik prabayar saya coba dulu fitur BukaDana untuk ikut serbu seru (dengan slogan kalo gak dapet barang serbuan uang kembali 100%) saya pilih barang serbuan dan pilih opsi pembayaran menggunakan BukaDana, saat mau check out ternyata si BukaDana minta OTP yang dikirim bke nomor yang udah gak aktif. Dari sini saya udah mulai merasa ada yang gak beres, saya coba BukaBantuan melalui aplikasi Bukalapak tapi gak bisa akhirnya saya coba buka dibrowser hp dan bisa tapi gak bisa live chat akhirnya saya pilih opsi pergantian nomor telepon dengan mengisi form yang disediakan, tapi karena hp saya hp jadul dan gak kuat untuk upload dokumen, akhirnya saya nyalain PC dengan kekhawatiran listrik tiba-tiba mati namun dengan harapan bisa ceper beli pulsa untuk listrik prabayar.

Singkat cerita, saya berhasil mengirimkan dokumen yang diminta dan menemukan cs Bukalapak di Facebook, dan saya berhasil mengganti nomor telepon terdaftar melalui desktop PC tanpa bantuan dari cs Bukalapak. Nomor telepon terdaftar di Bukalapak versi desktop udah berhasil ganti tapi diaplikasi masih belum, saya mulai bertanya ke cs Bukalapak di FB dan dijawab nomor telepon terdaftar untuk akun saya sudah berhasil dirubah, dan saya inisiatif untuk clear cache dan restart hp dan nomor telepon terdaftar pun berubah, saya coba lagi di serbu seru tapiiii, BukaDana masih kirim kode OTP ke nomor lama yang udah gak aktif, saya tanya lagi ke cs Bukalapak di FB dan dijawabnya suruh nunggu selain itu mereka juga mereka mengira akun yang saya buka di hp dan desktop adalah berbeda dengan menekankan bahwa akun dengan alamat email bagus.*****@gmail.com sudah berganti nomor, tapi perkiraan mereka saya bantah dengan bukti histori transaksi, chat, dan notifikasi dikedua device sama persis dan lalu mereka nyuruh saya untuk menunggu dan block chat FB tanpa saya ketahui karena listrik udah koid dan diisi sama Tante, sayapun beralih ke cs Bukalapak di email mengulang pertanyaan yang sama dan dijawab dengan pertanyaan yang sama pula "silakan tunggu", "nomor telepon terdaftar untuk akun ini sudah berubah" dan saya jelaskan yang belum berubah itu nomor BukaDana, dan jawabannya pun kembali ke "silahkan tunggu" muter muter sampai malam dengan esmosi saya minta tolong baik-baik untuk menggantikan nomor BukaDana dan dijawabnya bikin tambah esmosi, saya disuruh hubungi *****@****.***?! Kan kan itu Bukalapak udh Nemu celah buat lepas tangan.

Saya tetep ngeyel klo itu masih tanggung jawab Bukalapak, kenapa? Ya boro-boro daftar akun dana.id, konfirmasi untuk aktifasi BukaDana di akun Bukalapak aja gak pernah!

Sampai jam 10 malam pihak Bukalapak bersikeras agar saya hubungi dana.id, walaupun saya juga ngeyel klo itu masih tanggung jawab Bukalapak karena saya niatnya isi saldo Bukalapak (BukaDana) dan bukannya ngisi DANA. Sampai-sampai saya kasih motivasi kalo itu akun gak beres sampai pagi, saya bakal buat surat terbuka. Eh tetap aja suruh hubungi dana.id. saya pun hubungi *****@****.*** dengan harapan masalah teratasi, tapi disana saya makin dibikin emosi, email singkat saya untuk meminta pergantian nomor dari 085********* ke 083******** dibalas dengan judul CASH OUT MANUAL(apa gak bisa itu diganti manual sama tim terkait? Atau seenggaknya bypass OTP)

Ini isinya,
Spoiler for Isi:


Dan saya jawab dengan hanya melampirkan struk bukti pembayaran dari Alfamart, saya gak mau ngasih data lain karena di Bukalapak pun baru upload identitas diri dan belum diverifikasi.

Sampai sekarang saya merasa gak ada urusan secara langsung dengan dana.id, karena dari awal saya taunya itu fitur BukaDana bertempat jadi satu sama fitur BukaDompet dkk dan saya anggap status nya berbeda sama "pelapak" di Bukalapak,. Selain itu, saya ngisi saldo melalui aplikasi Bukalapak dengan nomor tagihan yang dibuat Bukalapak.

Jadi tolong untuk pihak Bukalapak untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang kalian buat dengan mengaktifkan BukaDana yang belum dikonfirmasi untuk aktifasi.
Terimakasih.



Source : kaskus


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps