Home > Lain-Lain > Hadiah Promo Undian > Berkali-kali Transaksi dengan Promo yang Sama di Shopee Selalu Gagal

Berkali-kali Transaksi dengan Promo yang Sama di Shopee Selalu Gagal


221 dilihat

Beberapa hari yang lalu saya sempat mau berbelanja di Shopee karena tertarik promo gratis ongkirnya yang berlangsung antara jam 12:00-13:00 WIB.

Saya sudah memilih barang dari beberapa toko, dan siap melakukan transaksi saat promosi berlangsung.

Pada saat promosi berlaku, saya diberitahukan bahwa promosi itu tidak dapat dilakukan melalui web tetapi bisa melalui Shopee app, sehingga saya melakukan transaksinya melalui mobile app Shopee.

Setelah memilih pembayaran cicilan 0% dan melewati proses OTP dari bank bersangkutan, saya dibawa kembali ke app Shopee yang tidak responsive.

Sesudah menunggu beberapa lama saya periksa barang-barang  di shopping bag saya sudah tidak ada, sehingga saya berasumsi barang sudah diproses. Namun, sorenya ada notifikasi dari Shopee yang menyatakan transaksi saya dibatalkan.

Saya menghubungi Shopee untuk meminta keterangan ke customer service lewat telepon, dimana saya diminta untuk melampirkan transaksi yang bermasalah dari pihak bank. Setelah diusut, transaksi tidak pernah lewat dari bank dan ini saya sampaikan ke pihak Shopee.

Keesokan harinya, saya mendapat email yang isinya rangkuman apa yang saya jelaskan ke customer service. 

Saya membalas email ke Shopee meminta untuk melakukan pembayaran lagi agar belanjaan saya dan promonya tidak hangus karena problem-nya di Shopee, ada masalah pembayaran tetapi tanpa mengabari saya transaksi dihapus.

Namun, Shopee menolak karena menurut mereka cara kerja sistem mereka memang seperti itu. Padahal sebenarnya promonya berlaku beberapa hari.

Saya menerima email itu jam 11:30 WIB, jadi kalau customer service mengerti masalah saya, ia tinggal menyarankan saya untuk melakukan transaksi sekali lagi antara jam 12:00-13:00 WIB di hari itu dan seharusnya masalahnya selesai.

Jelasnya Customer Service Shopee lebih sibuk membela sistem Shopee daripada melayani pelanggan.

Pada hari ketiga, sambil bertukaran email dengan Customer Service Shopee, karena penasaran dan promonya masih berlaku, saya mencoba lagi melakukan transaksi. Tetapi kenyataannya transaksi bermasalah lagi.

Menurut informasi customer service, barang yang bermasalah masuk ke halaman pesanan dan saya menemukan pesanan saya di situ, pembayarannya bermasalah katanya. Ada tombol bayar tetapi setelah dipencet tidak bisa dipakai untuk bayar.

Katanya CVV kartu kredit tidak boleh kosong, tetapi tidak bisa diisi sama saya. Sehingga saya menghubungi customer service lewat telepon untuk bantuan.

Setelah berusaha membantu beberapa saat, customer service menyerah dan meminta tunggu balasan email dari team customer service.

Shopee memiliki sistem yang customer service-nya tidak bisa gunakan untuk bantu pelanggan, dan ini diakui sebagai fitur bukan masalah.

Sorenya, customer service menuliskan email kembali untuk menjelaskan cara kerja sistem mereka untuk membela sistem Shopee. Mereka menyarankan untuk mengecek pesanan setelah melakukan transaksi.

Padahal saran tersebut sudah dilakukan pada siang hari, dan customer service-nya sudah dihubungi untuk dimintai bantuan, dan mereka sendiri tidak bisa memecahkan masalah pembayaran.

Apakah Customer Service Shopee mengerti masalah saya? Dikasih tahu siang tidak bisa melakukan pembayaran, sore masih sarankan hal yang sama.

Pada hari keempat, saya coba lagi melakukan transaksi dengan promo yang sama yang masih berlaku. Kali ini saya perhatikan setiap langkah yang saya lakukan. Saya gunakan tombol tambah bank dan saya pastikan CVV kartu kredit terisi, dan nyatanya transaksi gagal lagi.

Untuk perusahaan sebesar Shopee sungguh aneh kalau masalah seperti ini terjadi tanpa terdeteksi.

Kemungkinan masalah hanya timbul untuk promo tertentu, jenis pembayaran, bank tertentu atau kombinasi beberapa faktor di atas dan lainnya. Kelihatannya sistem Shopee bermasalah diberbagai level.

Saya rasa pemerintah harus lebih memantau para pelaku e-commerce di Indonesia. Seharusnya diperhatikan kelayakan sistem pelaku business e-commerce.

Sangat sulit menditeksi problem yang timbul disana. Saya sendiri bisa menemukan masalah ini hanya karena kebetulan, karena transaksi saya selalu gagal dan dana saya tidak pernah berpindah tangan.

Jadi saya bisa mengulangi hal yang sama untuk menginvestigasi sistem Shopee. Untungnya saya tidak ada kerugian materi.

Tetapi kita tidak pernah tahu kalau ada sistem yang bermasalah di bagian lain. Oleh karena itu sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian lebih banyak ke sektor ini. (IRA)




Source : kompas


Baca Juga





SuratPembaca

Cari keluhan surat terbuka resmi dan curhat terbaru sebagai sarana komunikasi dari seluruh konsumen untuk produk terkenal di Indonesia.

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami jika ada pertanyaan dan menjadi partner
Jakarta, Indonesia

Jika ada yang merasa tidak sesuai / sebaiknya dihapus, tolong sertakan link yang anda maksud pada halaman ini dan memastikan sumber dari surat pembaca sudah ditutup / masalah terselesaikan / dihapus.
Akan diproses 1 s/d 7 hari.

Kirimkan Masukan

letstalk@suratpembaca.com
Senin - Jumat
09:00 - 17:00

Sosial

suratpembaca apps